5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Jika Kurang Tidur

5 Makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Jika Kurang Tidur

Kekurangan waktu tidur merupakan kondisi yang tidak menguntungan bagi tubuh, pasalnya otak kekurangan waktu untuk beristirahat. Akibatnya, kita cenderung merasa lelah saat kurang tidur. Selain penurunan performa aktivitas pada siang hari, kondisi mengantuk biasanya menyebabkan rasa lapar yang berlebihan akibat peningkatan hormon ghrelin. 


Namun, memenuhi keinginan makan yang banyak saat mengantuk tidak akan membuat otak kita “fresh” kembali, malah terkadang dapat membuat mengantuk lebih parah.


Rekomendasi Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi saat Kurang Tidur

Sumber foto: Google

Sering kali ketika sedang mengantuk, kita mengonsumsi makanan lebih banyak namun tidak mencukupi kebutuhan energi.  Mengingat efek dari kekurangan tidur adalah kehilangan energi dan berdampak kurang semangat, maka kamu perlu mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan energi tentunya sesuai dengan jumlah dan frekuensi konsumsi.  

Berikut ini beberapa contoh makanan sehat yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi secara optimal ketika kamu kekurangan waktu tidur:


1.Ikan dengan Kandungan Minyak Tinggi

Umumnya, berbagai jenis ikan laut memiliki kandungan minyak yang tinggi, misalnya ikan salmon, sarden, dan tuna. Lemak tak jenuh dan protein yang bersumber dari berbagai ikan jenis ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan lebih bertenaga, sehingga dapat meminimalisir rasa lapar lebih baik dan mencegah kamu ngemil. 


Selain itu, lemak tak jenuh juga membantu efisien kerja otak sehingga kamu tetap dapat berkonsentrasi dan menjaga kestabilan mood meskipun sedang merasa lelah.


2.Kacang-kacangan

Kandungan lemak tak jenuh juga terdapat pada kacang-kacangan. Dimana kandungan tersebut baik untuk menjaga rasa lapar berlebih dan dapat menjaga peningkatan hormon stress berlebih. Pemilihan konsumsi kacang tinggi lemak seperti kacang mede lebih baik, dibandingkan mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan pemanis yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.


3.Makanan Bersumber Gandum Utuh

Gandum utuh atau whole grain seperti pada oatmeal  dan roti gandum dapat membantu menahan kita memakan makanan lebih banyak saat merasa lapar. Jenis makanan sehat ini tak hanya mengandung banyak serat, tetapi juga karbohidrat kompleks yang dapat menghasilkan energi lebih banyak, dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh, serta dapat mencegah peningkatan kadar glukosa berlebih.


4.Telur

Perlu diketahui, salah satu dampak dari kondisi mengantuk adalah tekanan pada sel otot, namun hal ini dapat dikurangi dengan asupan asam lemak seperti EPA dan DHA yang terdapat di dalam putih telur. Senyawa asam lemak ini juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dengan mencegah peningkatan tekanan darah.


5.Buah Mangga

Biasanya efek mengantuk adalah keinginan untuk memakan makanan manis. Konsumsi buah mangga dapat mengatasi kondisi ini karena mangga mengandung banyak gula alami yang lebih baik untuk mengatur kadar energi tubuh dibandingkan gula tambahan pada makanan.


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk kamu yang kekurangan waktu tidur. Beragam makanan sehat di atas memiliki kandungan gizi yang baik untuk meningkatkan energi tatkala kamu lesu dan kurang bersemangat.


Selain menjaga pola istirahat yang baik, pastikan kamu selalu menyediakan makanan sehat di rumah agar senantiasa berenergi. Kunjungi Health Choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai makanan sehat kebutuhan sehari-hari, mulai dari gandum, kacang hijau organik, madu alami, quinoa, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan

Baca juga: Pastikan Ada di Menu Sehat Harian, Ini Jenis Kacang-kacangan Terbaik untuk Bumil


Older Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published