5 Pola Hidup Sehat yang Penting Dilakukan untuk Pengidap Kanker

pola hidup sehat

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit kanker bisa menyebabkan kematian. Namun, kabar baiknya ada banyak pengobatan kanker yang dapat dijalani pasien, seperti kemoterapi maupun perawatan paliatif, seperti terapi hewan peliharaan.

Selain mengikuti pengobatan, pengidap kanker juga harus menerapkan pola hidup sehat. Namun, seperti apa penerapan pola hidup sehat untuk penderita kanker? Berikut ini ulasan selengkapnya.


Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Penderita Kanker

pola hidup sehat

Sumber foto: Google


Menerapkan gaya hidup sehat akan mendukung efektivitas pengobatan kanker yang dijalani pasien. Artinya, gejala penyakit kanker seperti kelelahan jadi lebih ringan, bahkan berkurang intensitasnya.


Di samping itu, penyebaran sel kanker ke jaringan atau organ disekitarnya dapat dicegah. Sederhananya, hal ini bisa membuat harapan hidup pasien kanker jadi lebih baik. Apa sajakah pola hidup sehat untuk pengidap kanker? Berikut di antaranya.


  1. Terapkan Pola Tidur yang Baik

Pasien kanker dapat menjaga kesehatan tubuhnya dengan tidur cukup. Karena tidur sangat berhubungan erat dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh. Jika kamu tidur cukup dengan jam tidur yang baik, sel-sel tubuh juga akan bekerja dengan normal.


Bila kesulitan tidur akibat efek samping pengobatan, nyeri akibat tumor, dan masalah kesehatan lainnya yang menyertai, cobalah untuk tidur cepat dan bangun lebih awal. Lakukan pola tidur yang baik secara rutin sekalipun di hari libur. Hindari minum kopi di malam hari dan sesuaikan suhu ruangan serta cahaya lampu, agar kamu dapat tidur dengan nyaman.


  1. Penuhi Kebutuhan Air putih

Dalam pola hidup sehat, asupan cairan tubuh untuk penderita kanker juga perlu diatur. Hal ini untuk membantu mengatur suhu tubuh, menghantarkan nutrisi makanan ke seluruh tubuh, menjaga sel tetap berfungsi normal, dan mencegah dehidrasi akibat diare dan muntah yang merupakan efek samping kemoterapi. Menurut American Cancer Society, perempuan dewasa membutuhkan 9 gelas air dan pria dewasa sekitar 13 gelas air per hari. Air putih menjadi pilihan cairan terbaik, diikuti dengan sup, jus, dan susu.


  1. Biasakan Olahraga Rutin dan Sesuaikan Aktivitas

Pola hidup sehat untuk penderita kanker selanjutnya adalah bergerak aktif. Salah satunya melalui kegiatan olahraga untuk membantu kualitas tidur lebih baik dan meningkatkan sistem imun, mengurangi stres serta kelelahan. Yang terpenting adalah pilihan olahraga dan intensitasnya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh pasien. Mulailah dengan perlahan, yakni beberapa menit di permulaan kemudian ditingkatkan seiring waktu.


Hindari olahraga renang, jika kamu baru saja menjalani radioterapi atau operasi kanker. Penting bagi pasien kanker menunggu dan merawat luka hingga kering dan pulih sepenuhnya. Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum olahraga selama 2-3 menit dengan menggerakan pundak, leher, bagian tangan, pinggang, dan kaki. Jangan paksakan diri untuk olahraga jika memang tubuh sedang tidak sehat.


  1. Pastikan Jaga Kesehatan Kuku, Kulit, dan Rambut

Agar tubuh tidak terluka dan infeksi, pastikan pengidap kanker selalu merawatnya. Hindari penggunaan pewarna rambut atau produk yang bisa merusak kulit kepala dan membuat kondisi rambut semakin buruk. Berhati-hati melakukan sesuatu dengan tangan, bila perlu pakai sarung tangan. Pakai pelembab kulit lebih sering untuk mencegah kulit kering dan gatal. Jika pengidap kanker harus keluar rumah, sebaiknya oleskan tabir surya setiap 2 jam sekali.


  1. Ketahui Cara Mengelola Stres

Stres rentan menyerang pasien kanker. Kondisi tersebut bisa meningkatkan berbagai masalah mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, dan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). National Cancer Institute menyebutkan bahwa stres kronis bisa memperbesar ukuran tumor ganas, mempercepat proses penyebaran sel kanker, dan menurunkan efektivitas pengobatan. Hal ini mengakibatkan kualitas hidup pasien jadi memburuk. Itulah sebabnya stres harus dicegah atau dikurangi dalam menerapkan pola hidup sehat untuk penderita kanker.


Nah, itulah beberapa tips pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh pengidap kanker. Selain itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat alami yang bebas pengawet dan pewarna seperti beras merah, sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Jika kamu ingin mendapatkan beragam makanan sehat yang instan dan terjangkau, kamu bisa kunjungi Healthy Choice. Selain terjamin kualitasnya, kamu bisa memilih beragam makanan organik lainnya untuk kebutuhan diet, maupun pendukung pola hidup sehat kamu setiap hari.

 

Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga

Baca juga: Cegah Gagal Jantung Sedini Mungkin, Ini Pola Hidup Sehat yang Tepat


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan