Bebas Kutu dan Tetap Enak, Begini Cara Menyimpan Beras yang Benar

beras organik

Kamu mungkin pernah menemukan serangga yang muncul di sela-sela beras. Serangga atau kutu inilah yang membuat beras jadi berbau tidak sedap. Kalau sudah begitu, bisa jadi cara menyimpan beras organik kamu selama ini salah.

Tapi, dari mana kutu dalam beras tersebut berasal?

Saat menyimpan bahan makanan seperti beras, kamu mungkin sudah memastikannya dalam kondisi bersih dan aman dari serangga. Tapi, beberapa hari kemudian, muncul bintik-bintik kecil berwarna hitam yang ternyata kutu. Mengapa bisa begitu?

Menurut laman University of Minnesota, ada dua hal yang bisa menyebabkan kemunculan kutu beras. Pertama, kamu mungkin tidak sadar bahwa beras yang sudah dibeli tercampur dengan telur kutu. Telur kutu ini bisa berasal dari tanaman padi. Saat padi dipanen, telur kutu tersebut ikut terbawa ke dalam beras yang kamu beli. 

Kemudian menetap, tapi kutu masih berukuran sangat kecil atau tersembunyi di dalam butiran beras sehingga tak terlihat. Kedua, beras yang kamu beli memang dalam kondisi bersih, tapi kutu atau serangga tersebut menyelinap masuk ke dalam tempat penyimpanan. Inilah alasannya mengapa cara penyimpanan juga ikut menentukan kualitas dan ketahanan beras.

Tips Menyimpan Beras Organik Agar Terhindar dari Kutu

beras organik

Sumber foto: Google

  1. Pastikan Wadah Penyimpanan Bersih

Pastikan wadah penyimpanan beras dalam kondisi bersih. Perhatikan dengan teliti hingga ke sela-selanya, apakah ada kutu yang bersembunyi atau tidak. Sebelum menggunakannya, bersihkan seluruh permukaan wadah lalu keringkan dengan lap bersih.

  1. Simpan Beras ke Wadah Tertutup

Cara menyimpan beras yang benar yaitu dengan menggunakan wadah tertutup. Wadah yang tidak kedap udara dan lembab bisa menarik serangga untuk masuk ke dalamnya.

  1. Simpan di Dalam Kulkas

Beras adalah makanan yang tahan lama dalam suhu ruangan, tapi tidak ada salahnya untuk menyimpannya ke dalam kulkas paling tidak selama seminggu. Ini bertujuan untuk membunuh larva atau telur yang ada di dalam beras.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Baik beras organik hingga beras merah pun bisa ditinggali kutu. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan kutu beras yang bisa kamu lakukan.

  1. Simpan di Dalam Kulkas

Kamu tidak harus segera membuang beras meski terkena kutu. Kamu bisa membasminya dengan menyimpan beras ke dalam kulkas bersuhu 0 derajat Celcius sekitar 3-4 hari.

  1. Panaskan Beras

Selain menyimpannya di kulkas, kamu juga bisa membunuh kutu dengan memanaskan beras dengan suhu sekitar 60 derajat Celcius sekitar 1-2 jam. Cara ini bisa kamu gunakan untuk membasmi kutu dari biji-bijian, kacang, atau bahan makanan kering lainnya.

  1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Panas sinar matahari bisa membantu mengusir kutu beras. Jemur beras di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Sebelum menyimpannya kembali, periksalah dulu apakah masih ada kutu yang tersisa.

  1. Jauhkan dari Bahan Makanan Lain

Kutu bisa berasal dari bahan makanan lain yang tersimpan di sekitar beras. Jika kutu belum pindah ke beras, segera jauhkan dari makanan yang jadi sumbernya. Pastikan produk tersebut bebas dari kutu sebelum beras dipindahkan kembali.

  1. Gunakan Daun Salam

Cara lainnya untuk membasmi kutu yaitu dengan memasukkan daun salam ke dalam wadah penyimpanan beras. Aroma daun salam yang kuat tidak disukai kutu beras. Cukup masukkan beberapa lembar daun salam kering saja, sudah bisa membantu mengusir serangga kecil ini.

  1. Taburkan Cengkeh

Aroma khas dari cengkeh juga tidak disukai oleh kutu beras. Coba taburkan satu sendok cengkeh bubuk di sekitar tempat penyimpanan beras atau bahan makanan kering lainnya yang rawan terserang kutu.

  1. Gunakan Bawang Putih atau Jahe

Aroma bawang putih dan jahe yang kuat juga menjadi musuh besar kutu beras. Tapi, rasa beras mungkin bisa .berubah karena aroma bawang putih. Oleh karenanya, cukup gunakan bawang putih secukupnya hingga kutunya hilang.

Itu dia cara menyimpan beras yang benar agar bebas dari kutu maupun serangga lainnya. Nah, untuk mendapatkan beras organik maupun beras merah lainnya yang berkualitas dan pasti bebas kutu, cek di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Cara Memasak Beras Merah yang Tepat Agar Kandungan Sehat Tidak Hilang

Baca juga: Intip Fakta Kandungan Beras Merah yang Dipercaya Bisa Cegah Alzheimer


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published