5 Tips Hidup Sehat untuk Kamu yang Suka Ngemil Di Malam Hari

5 Tips Hidup Sehat untuk Kamu yang Suka Ngemil Di Malam Hari

Makan camilan saat malam hari merupakan salah satu kebiasaan yang bisa menggagalkan diet. Kebiasaan ini juga menjadi masalah terbesar bagi mereka yang sedang berusaha mengurangi berat badan.

Banyak alasan mengapa orang-orang suka ngemil di malam hari. Salah satunya yaitu rasa lapar yang membuat mereka sulit terlelap. Sekali mencoba ngemil di malam hari agar mudah tidur, bisa menjadi kebiasaan yang merusak diet atau membuat badan lebih cepat gemuk.

Kalau kamu termasuk orang yang mempunyai kebiasaan ngemil di malam hari, jangan khawatir! Ada beberapa tips hidup sehat untuk menghentikannya. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

5 Tips Menghentikan Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Kalau ingin ngemil di malam hari, sebaiknya pilih camilan yang lebih sehat, seperti buah segar. Selain itu, hindari konsumsi kopi saat larut malam meskipun kamu ingin tetap terjaga ketika malam hari. 

Bukan hanya membuat sulit tidur, kebiasaan minum kopi pada malam hari juga dapat memicu gangguan kesehatan pada lambung. Sebagai gantinya, dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih.

Jadi, kalau kamu salah satu orang yang suka ngemil di malam hari tapi ingin segera menghentikan kebiasaan buruk ini, langsung saja simak lima tips di bawah ini!

  • Tunda Makan Malam
  • Kebiasaan ngemil pada malam hari biasanya disebabkan oleh jarak antara waktu makan malam dan tidur yang terlalu lebar. Ini membuat kamu merasa lapar saat akan tidur. Jika berencana tidur larut, sebaiknya tunda dulu jam makan malam kamu. Namun setidaknya santaplah makan malam satu jam sebelum tidur supaya makanan bisa tercerna dengan baik.

  • Sikat Gigi
  • Bukan hanya melindungi kesehatan gigi, menyikat gigi sebelum tidur juga dapat mencegah keinginan ngemil di malam hari. Setelah mulut dan gigi sudah bersih, besar kemungkinan untuk ngemil akan hilang.

  • Makan Camilan Rendah Kalori
  • Jika tetap tidak bisa menghentikan kebiasaan ini, setidaknya sediakan camilan sehat. Hindari keripik atau junk food. Sebagai gantinya, kamu bisa makan buah-buahan segar atau sayuran seperti potongan wortel. Selain itu, kamu juga bisa makan kacang-kacangan, salah satu pilihannya adalah almond.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Tambah Asupan Serat
  • Untuk mencegah keinginan ngemil pada malam hari, coba konsumsi lebih banyak serat saat makan malam. Serat dan protein membantu perut merasa kenyang lebih lama. Makanan tinggi serat di antaranya yaitu gandum, biji-bijian atau daging.

  • Tambah Asupan Protein
  • Mengonsumsi lebih banyak asupan protein dapat menekan rasa lapar dan keinginan ngemil di malam hari. Pastikan untuk mengkombinasikan asupan karbohidrat dan lemak sehat sesuai dengan porsinya. Contohnya, empat ons salmon panggang dengan sayuran yang ditumis dengan minyak zaitun untuk makan malam. Sedangkan sebagai camilan, kamu bisa makan buah pisang dengan selai kacang.

    Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghentikan kebiasaan ngemil pada malam hari. Makan camilan pada malam hari memang menyenangkan, tapi perhatikan efeknya terhadap kesehatan dan berat badan kamu, ya.

    Nah sebagai alternatif camilan sehat, sekarang kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice. Selain praktis dan enak, bahan-bahan yang digunakan juga kaya serat dan bebas pengawet serta perasa tambahan. Jadi, bisa dikonsumsi kapanpun dan aman untuk program diet kamu.

     

    Baca juga: 5 Kegiatan Pola Hidup Sehat yang Wajib Dilakukan Di Usia Kepala Tiga

    Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat Pasca Melahirkan


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published