6 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

6 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mata Anak

Apakah anda sudah tahu cara sederhana dan terbukti efektif menjaga kesehatan mata anak? Pastinya mudah sekali, anda cukup penuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan si kecil, terutama nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan matanya.


Lantas, makanan sehat seperti apa yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak? Tenang saja, anda tak perlu bingung, sebab banyak makanan sehat yang mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dapat membantu menjaga kesehatan mata anak.


Nah, berikut ini beberapa makanan yang bisa anda masukan ke dalam menu makan sehat harian si kecil, agar kesehatan mata tetap terjaga.


1.Ikan Laut

Ikan-ikan seperti salmon, tuna, dan mackerel memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Nah, omega-3 ini bisa membantu menjaga lubrikasi mata anak dan mencegah sindrom mata kering. Mengonsumsinya secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak dan degenerasi makula di kemudian hari.


2.Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau salah satu makanan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Ada beragam sayuran hijau yang bisa anda pilih sebagai menu sehat, contohnya kale, bayam, atau collard greens yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin tingkat tinggi. Kedua zat ini mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu menangkal radikal bebas pada mata. Antioksidan ini juga dapat mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak sering bertambahnya usia anak.


3.Berry dan Jeruk

Alih-alih ingin memberikan camilan untuk anak yang tinggi kalori, dan lemak, anda bisa menggantinya dengan camilan sehat seperti buah berry dan jeruk. Kedua buah ini kaya vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, ketika imun semakin prima, maka daya tahan tubuh terhadap infeksi penyakit akan semakin kuat.


4.Telur dan Wortel

Selain makanan-makanan di atas, telur juga termasuk makanan sehat yang bisa diberikan pada anak untuk menjaga kesehatan matanya. Telur kaya vitamin A yang bisa membantu mencegah rabun senja dan mata kering.


Selain telur, ada pula wortel yang kaya beta karoten (senyawa alami tumbuhan yang menjadi bentuk awal dari vitamin A). Beta karoten ini dapat menjaga integritas struktur mata, dan meningkatkan fungsi komponen mata si kecil.


5.Kacang

Kacang-kacangan juga termasuk ke dalam makanan sehat yang bisa meningkatkan kesehatan mata anak. Anda bisa memilih kacang almond, pistachio, dan kacang hijau organik untuk dimasukan ke dalam menu makan sehat si kecil. Ketiga kacang ini kaya akan vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan, dan membantu menjaga penglihatan anak. 

Kacang hijau organik sendiri mengandung antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia.

kacang hijau organik

Sumber foto: Google


6.Daging Sapi dan Ayam Tanpa Lemak

Selain kelima makanan di atas, ada juga lauk-pauk yang bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan mata anak. Misalnya, daging ayam atau sapi tanpa lemak yang banyak mengandung zinc atau seng. Zat ini bisa membawa vitamin A dari hati ke retina, untuk membuat pigmen pelindung melanin.


Cegah Sebelum Masalah Muncul

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kesehatan mata pada anak? Tentu saja sedini dan segera mungkin. Menurut ahli di American Academy of Ophthalmology, orang perlu memeriksakan mata anaknya sejak dilahirkan. Tujuannya untuk menelisik ada tidaknya kemungkinan tanda-tanda kelainan penglihatan.


Ketika anak menginjak usia 6 bulan sampai 1 tahun, cobalah periksa kembali perkembangan matanya. Pada tahapan selanjutnya, ketika anak berusia 12 - 36 bulan, lakukan pemeriksaan untuk melihat perkembangan mata yang sehat.


Selanjutnya, ketika si kecil memasuki usia 3-5 tahun, ketajaman penglihatannya perlu diuji. Biasanya pemeriksaan dokter akan mendeteksi ada-tidaknya masalah mata seperti mata malas, astigmatisme, atau miopia yang dapat mempengaruhi ketajaman penglihatannya. Ketika anak berusia 5 tahun ke atas, pemeriksaan ketajaman visual perlu dilakukan kembali. 


Miopi atau rabun jauh merupakan masalah yang terbilang umum pada anak-anak di usia ini. Andaikan anak mengidap kondisi ini, tidak menutup kemungkinan dokter akan merekomendasikan penggunaan kacamata untuk si kecil.


Jadi, pastikan anak anda selalu mengonsumsi makanan sehat setiap hari yah. Mulai dari sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian dan daging untuk menjaga kesehatan mata dan sekaligus mengajarkan anak untuk senantiasa menjaga kesehatannya.


Saat ini banyak sekali produk makanan sehat yang bisa kita peroleh dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan gizi. Salah satunya melalui Healthy Choice. Klik di sini untuk membeli makanan sehat hingga camilan sehat untuk kebutuhan sehari-hari. Yuk, jaga kesehatan mata anak dimulai dari sekarang.

 

Baca juga: Camilan Sehat untuk Anak-Anak: Menumbuhkan Kebiasaan Makan Sehat dari Usia Dini

Baca juga: Benarkah Kacang Hijau Bisa Jadi Menu Makan Sehat untuk Penderita Maag


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published