6 Obat Sakit Gusi Alami yang ada di Rumah, Bisa Kamu Andalkan saat Darurat

6 Obat Sakit Gusi Alami yang ada di Rumah, Bisa Kamu Andalkan saat Darurat

Siapa yang pernah mengalami radang gusi? Sakit pada bagian gusi gigi memang sangat mengganggu, bahkan untuk beraktivitas pun menjadi kurang bersemangat, alhasil untuk pergi berobat pun menjadi mager. Meski demikian, lantas bukan berarti kamu biarkan saja karena tanpa harus ke dokter ada beberapa alternatif obat sakit gusi yang bisa kamu andalkan.


Obat sakit gusi alami dapat kamu andalkan sebagai langkah pertama atau penanganan darurat guna meredakan radang gusi. Setelah meredakan keluhan dengan obat sakit gusi alami, kamu tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.


Apa Penyebab Radang Gusi?

Radang gusi bisa disebabkan oleh kurang terjaganya kesehatan dan kebersihan gigi. Umumnya kondisi ini bermula dari timbulnya plak gigi kemudian menjadi karang gigi. Plak dan karang gigi yang menumpuk dapat meningkatkan risiko iritasi pada gusi, yakni gusi mudah berdarah, sakit, dan bengkak. Oleh karena itu sangat disarankan untuk senantiasa menjaga kebersihan gigi dengan rajin gosok gigi pasca makan atau menjelang tidur untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat.


Jika kamu mengalami radang gusi, namun masih malas untuk pergi ke dokter, berikut ini beberapa obat alami guna meredakan radang gusi yang sering kali tersedia di rumah.


  1. Larutan Baking soda

Tak hanya digunakan untuk membuat kue, baking soda juga bisa menjadi alternatif dalam meredakan radang gusi. Cukup dicampurkan dengan air, baking soda bisa jadi obat sakit gusi alami. Selain itu menyikat gigi dengan campuran baking soda juga dapat menetralisir asam di dalam mulut yang menjadi penyebab masalah gusi.


  1. Larutan Garam

Kamu juga bisa mengandalkan garam dapur sebagai pereda sakit gusi. Campurkan satu setengah sendok garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur 2-3 kali sehari selama 30 detik. Garam yang dilarutkan dalam air hangat dipercaya dapat membunuh bakteri, mengurangi peradangan, dan mengempeskan gusi yang bengkak. 


Namun, terlalu sering berkumur dengan campuran air garam juga kurang baik, karena dapat mengikis enamel gigi. Jadi, pastikan kamu tidak berkumur dengan obat sakit gusi ini secara berlebihan yah.


  1. Minyak Kelapa 

Minyak kelapa atau virgin coconut oil memiliki kandungan asam larut yang bersifat antibakteri dan antiradang. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi plak dan meredakan sakit gusi. Kamu cukup mengoleskan minyak kelapa murni di gusi yang sakit dan biarkan selama 20 - 30 menit.


Usahakan agar minyak kelapa tidak tertelan, lalu berkumurlah dengan air. Lanjutkan dengan minum segelas air dan menyikat gigi seperti biasa. Lakukan setiap hari secara berkala.

virgin coconut oil

Sumber foto: Google


  1. Minyak Serai dan Cengkeh

Menurut penelitian, minyak serai dan cengkeh efektif dalam mengurangi plak dan meredakan radang gusi. Caranya cukup larutkan 2-3 tetes minyak serai atau cengkeh ke dalam segelas air. Lalu berkumurlah dengan obat sakit gusi ini 2-3 kali sehari selama 30 detik.


  1. Rebusan Daun Jambu biji

Rebusan daun jambu biji juga dipercaya bisa menjadi obat sakit gusi. Caranya, tumbuk 5 atau 6 lembar daun jambu biji muda, kemudian masukkan ke dalam air mendidih dan rebus selama 15 menit. Biarkan larutan sampai dingin, lalu tambahkan sedikit garam. Gunakan ramuan ini untuk berkumur 2-3 kali sehari selama 30 detik.


  1. Teh Hijau

Tak hanya minyak kelapa dan minyak serai, bahan alami seperti teh hijau juga berkhasiat meredakan sakit gusi. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan dalam teh hijau yang dapat mengurangi peradangan. Oleh karena itu, minum teh hijau dipercaya dapat menjadi obat sakit gusi.


Jika obat sakit gusi di atas sudah kamu coba dan tidak bisa mengatasi nyeri yang kamu alami, sebaiknya periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, pastikan kamu menjaga pola hidup sehat dengan rajin menggosok gigi setiap hari.


Jangan lupa penuhi kebutuhan gizi dengan rutin mengonsumsi makanan sehat agar tidak mudah sakit. Kamu bisa berbelanja beragam makanan dan camilan sehat melalui Healthy Choice. Klik di sini untuk mencari berbagai kebutuhan produk makanan sehat setiap hari. Selamat mencoba.

 

Baca juga: Kiat Penting Memberikan Snack Sehat untuk Gigi Si Kecil

Baca juga: Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Ini Kandungan Sehat Minyak Kelapa untuk Para Wanita


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published