Efektif Mengatasi Mual, Ini Khasiat Jahe Merah Menurut Peneliti

Efektif Mengatasi Mual, Ini Khasiat Jahe Merah Menurut Peneliti

Masing-masing bumbu rempah punya aroma dan rasa yang khas, dan hampir semua rasanya kuat. Karena itulah bumbu-bumbu ini digunakan sebagai penguat rasa pada makanan atau minuman. Misalnya jahe merah, yang dijadikan sebagai minuman terasa lebih nikmat dan aromanya harum. Namun selain itu, jahe juga efektif dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Seperti masuk angin, kembung, atau sakit tenggorokan. 

Minum air rebusan jahe dengan tambahan madu bisa menghangatkan tubuh dan mencegah perut kembung. Lalu, ada juga yang menyebutkan bahwa rempah satu ini efektif untuk mengatasi mual, benarkah demikian?

Jahe Merah untuk Mengatasi Mual

Badan tidak fit sering terjadi saat kamu kurang tidur, kelelahan, atau stress. Biasanya, kamu akan merasakan gejala seperti kurang bertenaga, lesu, mual, hingga muntah yang identik dengan masuk angin. Mungkin, gejala mual dan muntah terlihat sepele, tapi ternyata, ada beberapa penyakit berbahaya di baliknya, seperti gastroenteritis.

Mual dan muntah yang tidak segera ditangani dapat berujung pada dehidrasi akut karena kehilangan cairan dalam jumlah besar dan singkat. Namun, penelitian yang dipimpin Dr. Roberto Berni Canani dari University of Napoli membuktikan bahwa jahe mampu meredakan mual dan muntah pada penderita gastroenteritis.

Pada riset bertema Effect of Ginger on Nausea and Vomiting During Acute Gastroenteritis in Children yang diterbitkan European Society of Pediatric Gastroenterology, Hepatology, and Nutrition ini melibatkan anak-anak berusia 1-10 tahun sebagai responden. Hasilnya, setelah ekstrak jahe dikonsumsi, anak-anak mengalami penurunan frekuensi muntah hingga sebanyak 20%.

Gastroenteritis adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit ini terjadi karena perut dan usus mengalami peradangan akibat infeksi bakteri Salmonella atau virus Rotavirus. Gejala utamanya yaitu mual, muntah, dan diare parah, sehingga tubuh sulit untuk menyerap nutrisi. Karena itu, selain mengonsumsi menu makan sehat pastikan untuk berolahraga dan menjaga kebersihan. Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Manfaat Lain dari Jahe

Selain bisa mengurangi mual dan muntah, jahe juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan, jahe juga dapat meredakan rasa sakit pada otot dan nyeri saat menstruasi.

Punya masalah pada kulit? Coba dulu konsumsi jahe. Jahe bisa mengurangi infeksi karena memicu keluarnya keringat. Seperti yang kita tahu, keringat dapat melindungi kulit dari serangan kuman dan mikroorganisme penyebab infeksi.

Manfaat lainnya dari jahe merah adalah untuk mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar berkat kandungan gingerol di dalamnya. Gingerol akan mengurangi tingkat keparahan dan mencegah penyebaran sel kanker.

Mengonsumsi jahe merah secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat, diyakini bisa menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Ini karena jahe bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Senyawa bioaktif di dalamnya juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah, dan mencegah penggumpalan darah.

Itulah beberapa manfaat jahe untuk mengatasi mual dan masalah kesehatan lainnya. Agar tubuh tetap fit, jangan lupa selalu terapkan pola hidup sehat dan minum ekstrak jahe merah secara rutin.

Ekstrak jahe merah bisa dikonsumsi dengan lebih praktis dan mudah karena sekarang tersedia dalam bentuk kemasan. Kamu bisa mendapatkannya hanya di Healthy Choice.

 

Baca juga: Benarkah Jahe Merah Mampu Obati Asam Lambung? Ini Faktanya

Baca juga: Apakah Boleh Minum Jahe Merah Setiap Hari? Cek Faktanya


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published