7 Kebiasaan Makan yang Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat

7 Kebiasaan Makan yang Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat

Makanan sehari-hari memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan secara keseluruhan. Pola hidup sehat harus diikuti dengan asupan makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Sementara kebiasaan makan yang tidak tepat dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Lalu, kebiasaan baik apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup sehat? Simak rangkumannya di sini ya, terutama untuk kamu yang super sibuk!

  • Konsumsi Makanan Tinggi Serat
  • Ubah pola makan kamu menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Misalnya, ganti roti tawar biasa dengan roti gandum, atau nasi putih diganti nasi merah.

    Makanan yang kaya akan serat mampu memperlancar pencernaan hingga menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, stroke dan gangguan jantung. Selain itu, serat juga membantu menjaga berat badan karena membuat kita kenyang lebih lama.

  • Makan Secukupnya
  • Meski kamu menyantap makanan yang sehat, porsinya juga harus tetap seimbang. Makanlah secukupnya dan berhentilah saat kamu sudah 80% merasa kenyang. Masih lapar? Tunggu dulu sekitar 10 menit sebelum menambah sedikit makanan lagi.

    Sebenarnya, makan secara berlebihan tidak hanya berisiko kegemukan, tetapi juga mengganggu kerja sistem pencernaan. Porsi makan yang terlalu banyak juga meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

  • Jangan Lewatkan Sarapan
  • Salah satu kebiasaan makan untuk menjaga pola hidup sehat adalah selalu sarapan. Pasalnya, dengan sarapan kebutuhan untuk beraktivitas seharian akan terpenuhi. Selain itu, tubuh juga belum menerima makanan apapun selama delapan jam karena tidur.

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Makan Sambil Duduk
  • Duduk ketika makan membuat kamu bisa mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi. Selain itu, tubuh juga akan mencerna makanan dengan baik.

  • Minum Teh Hijau Setelah Makan
  • Kebiasaan makan lainnya agar tubuh tetap sehat adalah dengan minum teh hijau. Kamu bisa meminumnya setelah makan, karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

  • Perbanyak Minum Air Putih
  • Minum air putih menjadi salah satu cara menjaga pola hidup sehat lainnya. Setiap orang mungkin memiliki kebutuhan air yang berbeda sesuai berat badannya. Tetapi, sebagai panduan, minumlah sedikitnya delapan gelas air putih setiap hari.

    Dengan begitu kelancaran fungsi tubuh akan terjaga dan melindungi diri dari dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh biasanya salah mengirimkan sinyal lapar. Inilah yang membuat kita bisa makan terlalu banyak tanpa menyadarinya.

  • Perbanyak Makanan Organik dan Batasi Makanan Kemasan
  • Hal terbaik yang bisa kamu berikan kepada tubuh adalah makanan alami dan segar. Sebisa mungkin, konsumsilah bahan makanan organik dan segar agar terhindar dari berbagai zat kimia berbahaya. Pilihlah makanan yang diolah tanpa proses pengawetan.

    Agar pola makan tetap sehat, batasi juga konsumsi makanan kemasan atau yang telah melalui proses pengawetan. Sebab, makanan ini biasanya tinggi natrium dan gula serta mengandung berbagai bahan tambahan seperti pewarna buatan, dan pengawet.

    Hal utama untuk menjaga pola hidup sehat yaitu menerapkan pedoman gizi seimbang. Artinya, kamu perlu mengonsumsi karbohidrat, buah, sayur, protein dan lemak dalam jumlah yang sesuai.

    Nah, sebagai rekomendasi ada sereal sarapan dari Healthy Choice yang bisa menjadi salah satu makanan sehat. Terbuat dari campuran chia seeds, flaxseed, oats dan garam laut yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Cara penyajiannya juga sangat praktis, kamu hanya perlu menunggunya selama tiga menit setelah diberi air panas. Cocok nih untuk sarapan!

    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published