8 Makanan Sehat Mengandung Magnesium yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

8 Makanan Sehat Mengandung Magnesium yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Yakin menu makan sehat kamu sudah mencukupi kebutuhan magnesium tubuh? Magnesium adalah jenis mineral yang bagus untuk tubuh. Senyawa ini berperan dalam proses pergerakan otot, perkembangan struktur tulang, dan pengatur sistem saraf.

Pada ibu hamil, magnesium biasanya digunakan untuk menghindari dan mengatasi kejang ketika eklamsia. Berdasarkan buku Kehamilan Sehat: Mewujudkan Generasi Berkualitas di Masa New Normal yang disusun oleh Sekar Arum (2021), magnesium juga bermanfaat untuk membantu mengobati preeklampsia, menunda persalinan prematur, hingga melindungi otak bayi prematur.

Fungsi lainnya, magnesium efektif untuk meningkatkan sistem imun tubuh, menurunkan risiko kanker, dan meningkatkan kesehatan jantung. Karena itulah, kita disarankan untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian.

Tapi, apa sajakah makanan yang mengandung magnesium? Simak dulu daftarnya di bawah ini.

Daftar Makanan yang Mengandung Magnesium

makanan sehat

Sumber foto: Google

Menurut penelitian dari Harvard University, menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium dapat membantu mencegah diabetes hingga 33%, mengurangi kadar trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Magnesium memiliki peran sangat penting pada banyak enzim yang menguraikan dan memindahkan kelompok fosfat. Selain itu, magnesium juga dibutuhkan dalam dekarboksilasi enzimatik, peptide, dan hidrolisis protein.

Nah, berikut ini daftar makanan yang mengandung magnesium. Jangan lupa tambahkan ke dalam menu makan sehat harianmu, ya!

  • Biji-bijian
  • Dengan mengonsumsi secangkir biji-bijian, kamu dapat mencukupi 100% kebutuhan magnesium harian. Salah satu jenis biji-bijian yang tinggi magnesium adalah biji bunga matahari (kuaci).

  • Kacang Kedelai
  • Kacang-kacangan kaya akan kandungan serat, asam amino, dan magnesium. Kamu bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai pilihan camilan sehat untuk memenuhi kebutuhan magnesium.

  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Sama seperti biji-bijian, sayuran hijau juga menjadi sumber utama magnesium. Sayuran ini menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Contoh sayuran berdauan hijau adalah pakcoy, sawi, kangkung, dan lainnya.

  • Ikan
  • Selain kaya akan asam lemak omega-3, ikan juga tinggi kandungan magnesium. Menambahkan ikan ke dalam menu makan sehat harian akan membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh kamu.

    makanan sehat

    Sumber foto: Google

  • Alpukat
  • Buah satu ini mengandung banyak senyawa kimia yang baik bagi tubuh, salah satunya magnesium. Kandungannya ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan menurunkan risiko kanker. Mengonsumsi alpukat yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

  • Pisang
  • Pisang sering dikonsumsi sebagai camilan diet. Selain serat, buah berwarna kuning ini ternyata juga tinggi magnesium. Kamu bisa memadukannya dengan kacang-kacangan ataupun oat untuk menambah khasiatnya.

  • Dark Chocolate
  • Kandungan magnesium dalam dark chocolate cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Sebaiknya, jangan menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsi dark chocolate. Kamu bisa mengonsumsi langsung maupun diseduh dengan air hangat.

  • Gandum Utuh
  • Dalam satu ons gandum utuh mengandung 65 mg magnesium. Selain itu, gandum utuh juga memiliki kandungan vitamin B, selenium, dan serat yang melimpah. Kamu bisa mengonsumsi gandum setiap hari untuk mencukupi asupan nutrisi harian.

    Itulah beberapa makanan yang mengandung magnesium cukup tinggi. Agar kesehatan tubuh terjaga, pastikan selalu menerapkan pola hidup sehat dan olahraga secara rutin. Selain itu, memilih camilan sehat juga penting dilakukan.

    Sekarang kamu bisa belanja aneka bahan makanan sehat dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Selain bahan pangan, di sini juga tersedia camilan diet untuk kamu yang ingin kudapan praktis untuk dinikmati kapanpun dan dimanapun.

     

    Baca juga: Sudah Diet Sehat Tapi Masih Gagal? Bisa Jadi Masih Konsumsi Makanan Ini

    Baca juga: 6 Tips Hidup Sehat Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Pancaroba


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published