Asam Urat Bisa Turun Cukup dengan Konsumsi Jahe Merah, Cek Faktanya

jahe merah

Jahe merah bersifat hangat dan cita rasanya pedas. Biasa dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air panas, jahe merah sangat populer di dunia pengobatan herbal. Salah satu alasannya karena kandungan minyak atsiri di dalamnya. Lalu apa saja manfaat jahe merah? Simak uraiannya berikut ini.

Benarkan Jahe Merah dapat Mengatasi Asam Urat?

Penyakit ini terjadi saat asam urat menumpuk di persendian, sehingga mengakibatkan peradangan dan nyeri. Jahe merah diketahui dapat mengurangi peradangan dan memperlancar sirkulasi darah sehingga tumpukan asam urat dapat dihindari.

Menurut studi yang diterbitkan dalam International Journal of Scientific pada 2017, mengompres jahe merah sekali dalam sehari dapat mengurangi skala nyeri asam urat pada pasien lansia.

Peneliti meyakini mengompres jahe merah bisa mengurangi kadar leukotrien dan prostaglandin, sehingga peradangan pada pasien lansia yang mengidap asam urat berkurang. Meski terbukti mampu menurunkan kadar asam urat, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat jahe merah untuk mengatasi asam urat.

Cara Meredakan Asam Urat dengan Jahe Merah

jahe merah

Sumber foto: Google

Setelah mengetahui manfaat jahe merah untuk asam urat, lalu bagaimana cara meredakan nyeri asam urat? Berikut beberapa caranya:

  • Jadikan Bumbu Masakan
  • Salah satu cara yang mudah untuk meringankan gejala asam urat dengan jahe adalah dengan menjadikannya sebagai bumbu masakan. Hal ini juga banyak dilakukan di berbagai makanan khas Asia, termasuk juga kuliner Indonesia.

    Selain itu, menjadikannya sebagai manisan juga bisa menjadi pilihan lain, namun perhatikan asupan gulanya ya.

  • Sebagai Kompres Jahe
  • Cara mengatasi asam urat dengan jahe merah lainnya yaitu dengan menggunakannya sebagai kompres. Cukup rebus dengan air, setelah panas, letakkan ke dalam wadah dan rendam handuk kecil. Lalu tempelkan handuk tersebut ke area yang terasa nyeri akibat asam urat. Gejala tersebut akan mereda setelah beberapa saat.

  • Oleskan Pasta Jahe
  • Cara lainnya yaitu dengan mengoleskan pasta jahe pada bagian yang nyeri. Cara membuatnya yaitu dengan menghancurkan jahe hingga lembut dan beri sedikit air. Pastikan teksturnya kental seperti bubur.

  • Konsumsi sebagai Teh Jahe Hangat
  • Mengolahnya menjadi teh juga termasuk salah satu cara paling mudah dan efektif untuk memperoleh manfaatnya. Tentunya, cara ini juga dapat membantu meredakan gejala asam urat. Caranya, potong jahe dan rebus ke dalam panci berisi air. Setelah mendidih, rebusan air jahe merah siap diminum

  • Konsumsi Ekstrak Jahe Merah
  • Alternatif lain untuk meredakan asam urat dengan jahe merah yakni dengan mengonsumsi ekstraknya. Cara ini juga terbilang praktis, karena biasanya jumlah yang akan dikonsumsi bisa sesuai dengan takaran yang dianjurkan. Hal ini bisa mencegah efek samping akibat mengonsumsi jahe secara berlebihan.

    Jika dengan beberapa cara di atas gejala asam urat tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mungkin Anda membutuhkan obat anti radang atau anti nyeri untuk mengatasi gejala asam urat.

    Selain itu, penting diketahui bahwa jahe merah hanya dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat pada sendi. Artinya, jahe tidak bisa menurunkan kadar asam urat atau menyembuhkannya. Karena itu, perlu untuk mengubah pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin.

    Sementara untuk ekstrak jahe merah, Anda bisa mendapatkannya di Healthy Choice. Lebih praktis karena sudah ada tambahan gula merah organiknya. 

     

    Baca juga: Cara Mengolah Jahe Merah Menjadi Minuman Sehat

    Baca juga: Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Mengkonsumsi Jahe Merah untuk Ibu Hamil


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published