Bekas Jerawat Bisa Hilang Secara Alami, Ternyata Ini Rahasianya

Bekas Jerawat Bisa Hilang Secara Alami, Ternyata Ini Rahasianya

Menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami banyak dipilih karena menggunakan bahan-bahan yang aman untuk kulit dan tanpa proses kimia.

Hanya saja, butuh ketelatenan dan konsistensi untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami karena hasilnya tidak secepat seperti menggunakan produk krim wajah racikan dokter kulit.

Namun jika dilakukan secara rutin, bekas jerawat pun perlahan akan memudar dan menghilang. Lalu, bahan alami apa saja yang bisa membantu memudarkan bekas jerawat?

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Secara Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Bahan-bahan ini juga bisa ditemui dengan mudah di sekitar rumah, selain itu harganya juga terjangkau. Penasaran apa saja? Langsung simak, yuk!

  • Madu
  • Madu adalah salah satu bahan alami terbaik untuk bekas jerawat karena mempercepat penyembuhan dan menurunkan potensi jaringan parut. Kandungan enzim hidrogen peroksida di dalamnya memiliki sifat antibakteri yang bisa menghilangkan noda hitam dan bekas luka.

    Selain menyamarkan bekas jerawat, sifat antibakteri tersebut juga akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, sebelum menggunakannya perhatikan dulu madu yang akan kamu gunakan. Madu juga bisa melembabkan kulit sehingga mengurangi risiko peradangan.

    Sebaiknya, pilih madu murni agar hasilnya optimal. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu juga sangat mudah, kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Kamu juga dapat mencampurkannya dengan tomat agar hasil masker wajah yang digunakan lebih maksimal.

    Virgin Coconut Oil

    Sumber foto: Google

  • Virgin Coconut Oil (VCO)
  • Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni merupakan produk alami lainnya untuk mengobati bekas jerawat. Minyak kelapa tinggi akan kandungan antioksidan, vitamin E, dan vitamin K yang membantu memperbaiki tekstur kulit.

    Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, minyak kelapa akan merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang sehat. Ini sangat diperlukan pada kulit wajah yang bopeng akibat jerawat. Bopeng sendiri adalah jaringan kulit mati, sehingga sangat perlu untuk dirangsang supaya kembali ke kondisi semula.

    Selain itu, sifat anti inflamasi dan antimikroba dalam minyak kelapa juga bisa mencegah pertumbuhan jerawat baru, sedangkan asam lemak akan menjaga kelembaban dan kehalusan kulit.

    Kamu bisa menggunakan VCO untuk membersihkan sisa make-up sebelum mencuci muka.

  • Aloe Vera
  • Aloe vera alias lidah buaya adalah bahan alami yang ampuh untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya mengandung polisakarida dan giberelin yang mendukung penyembuhan kulit sehingga warna kulit kembali normal.

    Lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang mampu memperbaiki kulit yang rusak dan memudarkan hiperpigmentasi setelah inflamasi. Ini berkat senyawa aloin didalamnya yang bisa mencerahkan kulit.

    Dalam jurnal yang berjudul Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review, senyawa aloesin di dalam lidah buaya dapat membantu mengurangi produksi melanin yang berlebih, yaitu pigmen gelap yang membuat bekas jerawat jadi lebih terlihat.

    Bukan itu saja, lidah buaya juga mampu menenangkan dan melembutkan tekstur kulit. Ini tentu sangat baik untuk kamu yang memiliki masalah bekas jerawat dan bopeng.

    Bagaimana cara menggunakan aloe vera untuk bekas jerawat? Caranya simpel, gunakan sebagai masker wajah minimal seminggu tiga kali untuk hasil optimal.

    Itulah beberapa bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu pilih. Tertarik mencoba salah satunya? VCO bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi masalah bekas jerawat dan bopeng. Cek produk minyak kelapa murni alias virgin coconut oil di Healthy Choice atau klik di sini untuk berbelanja, kemudian langsung buktikan manfaatnya. Selamat mencoba ya!

     

    Baca juga: Mengenal Perbedaan Minyak Kelapa dan VCO. Benarkah Berbeda?

    Baca juga: Amankah Bayi Pakai Virgin Coconut Oil di Rambut Seharian?


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published