Dikenal Kaya Nutrisi, Bolehkah Kacang Hijau Organik Dikonsumsi Setiap Hari?

kacang hijau organik

Kamu salah satu orang yang suka kacang hijau? Biasa diolah menjadi bubur yang manis, kacang hijau ternyata bukan hanya rasanya saja yang nikmat tapi juga menyimpan banyak manfaat baik bagi tubuh, lho!

Ya, kacang satu ini adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan memiliki fungsi anti-inflamasi, anti hipertensi, anti-diabetes, anti-tumor, antioksidan, hingga antimikroba. Makanan ini juga menjadi sumber serat dan fitonutrien yang tinggi.

Manfaat Kacang Hijau jika Rutin Dikonsumsi

Dengan kandungannya tersebut, kacang hijau organik dipercaya mampu mencegah beberapa penyakit kronis. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh jika mengonsumsi kacang hijau setiap hari.

  • Mengontrol Tekanan Darah
  • Tingginya kandungan nutrisi dalam kacang hijau membuatnya mampu mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

    Sifat anti-hipertensi yang dimiliki kacang-kacangan terbukti ampuh menurunkan tingkat tekanan darah sistolik. Selain itu, kacang hijau juga dapat membantu mengurangi resiko penyempitan pembuluh darah penyebab tekanan darah tinggi.

  • Menjaga Kesehatan Tulang
  • Kandungan magnesium di dalamnya yang cukup tinggi membuat kacang hijau mampu mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi magnesium secara rutin bisa meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang. Dengan begitu, kesehatan tulang bisa terjaga dan menurunkan osteoporosis.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh
  • Sumber fitonutrien satu ini memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Dengan begitu, kacang hijau bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan bakteri penyebab pilek, ruam, iritasi, dan virus.

  • Mengontrol Berat Badan
  • Karena kandungan protein dan seratnya yang tinggi, mengonsumsi kacang hijau bisa meningkatkan rasa kenyang. Makanan yang masuk ke dalam menu pola hidup sehat ini bisa meningkatkan hormon kenyang (cholecystokinin) dan mencegah obesitas.

  • Menjaga Kesehatan Rambut
  • Kandungan tembaga pada kacang hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan membuat rambut tampak berkilau. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa menjadikannya sebagai masker rambut.

  • Menjaga Kecantikan Kulit
  • Sudah tahu kalau kacang hijau mampu membuat kulit tampak lebih bercahaya? Kandungan tembaga di dalam kacang-kacangan satu ini bekerja sangat baik untuk merawat kecantikan kulit dan membuatnya terlihat bersinar.

    Kamu bisa membuatnya menjadi masker dan scrub untuk membantu mencegah masalah tanda-tanda penuaan dini.

    Berapa Asupan Ideal Kacang Hijau Per Hari?

    kacang hijau organik

    Sumber foto: Google

    Menurut United States Department of Agriculture (USDA), standar asupan kacang hijau adalah 100 gram per hari. Dalam jumlah tersebut terkandung 7,02 gram protein, 19,5 gram karbohidrat, 7,60 gram serat, dan 2 gram gula.

    Kacang hijau juga menjadi sumber vitamin B dan sejumlah nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh otak. Kandungan vitamin B-9 di dalamnya diperlukan tubuh dalam pembentukan DNA. Selain itu, kacang hijau juga memiliki folat yang sangat penting untuk ibu hamil karena mencegah beberapa kelainan pada janin.

    Office for Disease and Health Promotion Trusted Source menyebutkan bahwa kacang hijau dapat menjadi pilihan makanan sehat.

    Namun, kuantitas dalam mengonsumsinya juga perlu diperhatikan. Meski kaya vitamin dan mineral, kamu tetap perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat lainnya agar manfaat kesehatannya lebih maksimal.

    Untuk mengoptimalkan pola hidup sehat kamu, sekarang sudah saatnya untuk memperbanyak makan makanan bernutrisi, salah satunya kacang hijau organik. Agar lebih mudah dan praktis, kamu bisa belanja bahan makanan di Healthy Choice. Tunggu apalagi? Yuk kunjungi Healthy Choice di sini!

     

    Baca juga: Bisa Atasi Gejala PMS, Ini Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Kesehatan

    Baca juga: Top 5 Manfaat Kacang Hijau Organik untuk Ibu Hamil dan Pengidap Diabetes


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published