Berapa Lama Durasi Tidur yang Baik? Yuk, Ikuti Pola Hidup Sehat Ini

pola hidup sehat

Padatnya aktivitas harian membuat tubuh perlu banyak istirahat untuk mengembalikan energi. Meski begitu, sebagian orang ada yang kesulitan tidur walaupun merasa lelah. Dengan begitu, ubah beberapa kebiasaan agar mendapatkan tidur yang berkualitas. 


Tips Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas tidur yang baik adalah dengan menerapkan disiplin. Jika sudah waktunya tidur, maka sebaiknya harus tidur tidak mengulur waktu dengan bermain gadget atau melakukan aktivitas lainnya, selanjutnya bangun sesuai waktu yang sudah ditentukan. Umumnya tidur dengan kualitas yang baik tidak memakan waktu yang lama, yakni mulai dari 4 - 5 jam dalam satu hari. Mengatur waktu tidur yang cukup merupakan pola hidup sehat yang penting untuk diterapkan setiap hari.

  • Pentingnya Durasi Tidur
  • Perhatikan lama durasi tidur yang baik menurut usia. Bagi kelompok umur 18-64 tahun, dianjurkan untuk tidur 7-9 jam per hari. Sedangkan bagi kelompok lanjut usia yaitu 7-8 jam per hari.

    Perhatikan Jadwal dan Kualitas Tidur

    Bukan durasi saja yang harus diperhatikan, jadwal dan kualitas tidur yang konsisten juga penting. Pola tidur yang baik dalam jangka panjang bisa didapatkan jika konsisten dalam menerapkan jadwal dan kualitasnya.

  • Hindari Tidur Siang Terlalu Lama
  • Tidur siang memang penting untuk membantu menjaga konsentrasi. Tetapi, hindari tidur di siang hari yang terlalu lama, apalagi kalau kamu memiliki pola tidur berantakan. Ketika tidur siang terlalu lama, nantinya kamu akan susah mengantuk pada malam hari.

  • Matikan Alat Elektronik dan Lampu
  • Pastikan semua alat elektronik dan lampu di kamar tidur mati. Kebiasaan bermain ponsel sebelum tidur malah membuat kamu sulit tidur.

    Ingat, kualitas tidur yang buruk dapat mengakibatkan berbagai gangguan fisik maupun psikis. Karena itu, penuhi lama durasi tidur yang baik setiap harinya. Jika kamu mengalami masalah tidur, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola makan di bawah ini.


    Pola Makan Sehat Agar Tidur Nyenyak

  • Hindari Makanan Berlemak
  • Merasa lapar tapi sudah malam hari? Coba hindari makan makanan yang mengandung banyak lemak. Pasti ini bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Sebab, makan makanan berlemak tinggi sebelum tidur bisa mengakibatkan gangguan pencernaan. Sebagai gantinya, kamu bisa menyantap makanan yang ringan tapi kaya nutrisi, seperti salad.

  • Kurangi Kafein
  • Pola makan sehat sebelum tidur selanjutnya yaitu, batasi kafein pada malam hari. Beberapa orang mungkin memiliki batas toleransi kafein yang rendah, sehingga menyebabkannya sulit tidur.

    Selain kopi, minuman yang mengandung kafein adalah teh dan coklat. Beberapa minuman bersoda atau penambah energi juga memiliki kandungan kafein. Karena itu, bijaklah sebelum menentukan asupan makanan ataupun minuman sehari-hari.

  • Jangan Minum Alkohol
  • Meski banyak yang menyebut konsumsi sedikit alkohol bisa membantu tubuh jadi lebih rileks dan mengantuk, namun mengkonsumsinya terlalu banyak juga dapat menimbulkan masalah. Kamu mungkin bisa tidur dengan mudah, namun tidak nyenyak.

    Hal ini karena proses metabolisme tubuh pada alkohol berjalan cukup cepat dan membuat tidur jadi kurang pulas. Selain alkohol, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi cairan sebelum tidur. 

  • Banyak Makan Karbohidrat
  • Lebih banyak mengonsumsi karbohidrat diketahui bisa membantu menghindari insomnia. Orang yang makan malam dengan asupan karbohidrat kompleks disebut akan tidur lebih cepat.

    Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks dapat merangsang kadar serotonin yang membantu tubuh lebih rileks. Kamu bisa makan roti gandum atau sereal dengan susu untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat pada malam hari. Selain itu, segelas susu dengan tambahan madu juga bisa membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak.

    Itulah beberapa pola makan sehat yang bisa kamu ikuti agar kualitas tidur lebih baik. Jika tidur dengan nyenyak, seluruh aktivitas di pagi hari pun tidak akan terganggu. Kamu bisa menjalani hari dengan lebih bersemangat dan fokus.

    Nah, kalau sedang mencari bahan-bahan makanan sehat untuk menunjang pola makan di atas, kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice.

     

    Baca juga: 5 Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat Pasca Melahirkan

    Baca juga: 7 Kebiasaan Saat Makan Ini Bisa Menjaga Pola Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published