Bisa Meredakan Asam Lambung, Cek Fakta Nutrisi Kacang Hijau Organik

kacang hijau organik

Penyakit asam lambung bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan pada asam lambung. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor makanan. Misalnya makanan berlemak tinggi, yang dapat mendorong produksi asam di lambung, sehingga sistem pencernaan iritasi. Untuk mencegah masalah ini kamu perlu menerapkan tips hidup sehat.

Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau organik sebagai menu makan sehat karena diklaim bermanfaat untuk asam lambung. Mengapa? Karena, kandungan serat pada kacang hijau mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan agar berjalan lancar.

Namun, jika kamu mengidap gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, beberapa jenis serat justru berbahaya. Nah, berikut ini informasi lengkap tentang fakta kacang hijau yang bermanfaat untuk asam lambung!

Tidak Selamanya Berkhasiat untuk Penyakit Asam Lambung

Asam lambung merupakan cairan encer berwarna bening yang dihasilkan oleh lapisan lambung. Cairan ini sangat asam dan berfungsi untuk memecah makanan supaya lebih mudah dicerna. Selain itu, asam lambung juga membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Kacang hijau organik menyimpan banyak nutrisi penting yang berkhasiat untuk kesehatan. Mulai dari vitamin C, kaempferol, flavonoid, dan quercetin. Kandungan antioksidan tersebut membantu menangkal radikal bebas, sehingga membantu mencegah kerusakan sel, dan membantu mengurangi risiko gangguan kesehatan tertentu, seperti peningkatan asam lambung.

Kacang hijau juga tinggi serat, terutama serat larut yang mampu membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

Serat di dalam kacang hijau juga bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hanya saja, kalau kamu mengidap gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus, jenis serat tertentu justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Contohnya perut kembung, banyak buang gas, dan ketidaknyamanan usus.

Kamu bisa menjadikan kacang hijau organik sebagai menu makan sehat harian, asalkan dengan menambahkan bahan-bahan lainnya yang lebih aman untuk asam lambung. Misalnya, mengganti santan dengan susu, menambahkan jahe atau gula merah agar terasa gurih.

Makanan untuk Asam Lambung

kacang hijau organik

Sumber foto: Google

Sebenarnya, makanan yang kaya serat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga membantu menekan nafsu makan. Berikut ini beberapa jenis makanan lainnya yang aman untuk lambung:

  • Biji-bijian utuh (beras merah, oatmeal, couscous)
  • Sayuran umbi-umbian (wortel, bit, ubi jalar)
  • Sayuran hijau (brokoli, asparagus)
  • Makanan tinggi alkali (bunga kol, pisang, melon)
  • Makanan tinggi kandungan air (mentimun, seledri, selada, semangka)

Kamu juga bisa menerapkan tips hidup sehat dengan diet seimbang antara sayuran, buah, dan protein. Pastikan buang kulit ayam, saat hendak mengonsumsinya, dan lebih baik pilih bagian dada.

Saat makan nasi, pilih beras merah karena mengandung karbohidrat kompleks yang lebih mengenyangkan. Hindari makanan berat saat sarapan, kamu bisa memilih oatmeal yang mengenyangkan sebagai menu makan sehat. Lalu, batasi minuman manis seperti soda dan boba, dan perbanyak minum air putih atau minuman hangat sehat, contohnya teh jahe.

Kamu juga bisa menyelipkan kacang hijau organik ke dalam menu makanan sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan serat.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Selain menu makanan, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat yang seimbang agar terhindar dari berbagai penyakit.

Ingin tahu beli kacang hijau organik yang berkualitas dimana? Kamu bisa membelinya di Healthy Choice. Bukan hanya kacang hijau saja, di sini juga tersedia aneka bahan pangan dan jenis kacang-kacangan lainnya yang bisa kamu jadikan olahan makanan sehat di rumah.

 

Baca juga: Dikenal Sehat, Berapa Banyak Kandungan Protein Kacang Hijau Organik? Cek Faktanya

Baca juga: Rekomendasi Jenis Kacang yang Bisa Kamu Dijadikan Camilan Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published