Bolehkah Bayi Mengonsumsi Chia Seeds? Ini Penjelasan Lengkapnya

chia seed

Meski ukurannya mungil, chia seeds alias biji chia mengandung banyak nutrisi penting. Yup, biji chia adalah sumber asam lemak omega-3, antioksidan, serat, kalsium, dan zat besi.

Selain itu, biji chia juga dapat menjaga kesehatan jantung hingga memperkuat tulang. Dengan segudang manfaat tersebut, apakah boleh menjadikannya sebagai menu makan sehat alias MPASI bayi?

Bolehkan Chia Seeds Menjadi MPASI Bayi?

Tentu saja boleh, kamu bisa memberikan biji chia sebagai menu MPASI sejak anak berusia 6 bulan. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menambahkan biji chia ke dalam makanan bayi.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, jadi perkenalkan secara perlahan. Kalau kamu memberikan chia seeds terlalu banyak, dikhawatirkan akan membuat perut si kecil terasa tidak nyaman.

Selain itu, anak dibawah usia 2 tahun disarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi serat. Sebab, terlalu banyak mengonsumsi serat dapat membuat anak cepat kenyang sebelum mendapat asupan kalori dan nutrisi lainnya.

Jadi, kalau kamu memang ingin memberikan biji chia pada bayi, mulai dulu dengan setengah sendok teh per hari. Lalu, perhatikan apakah ia merasa nyaman atau tidak setelah makan.

Meski begitu, biji chia merupakan salah satu makanan yang mampu mengatasi sembelit pada bayi. Kamu bisa mencoba menambahkannya ke dalam makanan anak selama seminggu hingga sembelit si kecil berkurang.

Chia Seeds sebagai Makanan Bayi

chia seed

Sumber foto: Google

Sebaiknya jangan berikan chia seeds secara langsung ke bayi. Coba sajikan dengan menaburkan ke atas makanan yang lembab atau basah seperti yoghurt dan oatmeal, atau rendamlah terlebih dahulu.

Kemudian, saat bayi sudah berusia 18 bulan, kamu bisa menambahkannya ke dalam smoothie. Atau bisa juga mencampurkannya ke dalam puding, bolu, atau olahan lembut lainnya yang disukai si kecil.

Manfaat Chia Seeds untuk Bayi

Memulai cara hidup sehat memang harus dilakukan sedari dini, salah satunya dengan membiasakan makan makanan sehat. Chia seeds yang baik bagi kesehatan tubuh, tentu juga bisa dikonsumsi si kecil.

Bayi mungkin masih cukup kesulitan dalam mencerna chia seeds. Tapi, seiring dengan berkembangnya proses pencernaannya, biji chia akan jadi lebih mudah dicerna. Nah, berikut ini beberapa manfaat biji chia untuk bayi yang perlu kamu ketahui:

  • Baik untuk Tulang dan Gigi
  • Manfaat pertama biji chia untuk bayi adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ini karena chia seeds kaya akan kandungan kalsium dibanding produk susu. Selain itu, chia seeds juga mengandung protein, magnesium, mangan, dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Biji chia ternyata juga bagus untuk kesehatan jantung, lho. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung. omega-3 juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  • Chia seeds juga mengandung antioksidan cukup tinggi. Kandungan ini dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit, seperti kerusakan sel akibat radikal bebas hingga menurunkan risiko kanker.

    Itu dia beberapa informasi tentang chia seeds sebagai makanan bayi. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi ya untuk menambahkannya ke dalam menu makan sehat si kecil. Ingin tahu beli Chia Seeds dimana? Di Healthy Choice tersedia lho. Tidak perlu repot keluar rumah, karena kamu bisa membelinya secara online di sini. Jadi lebih praktis kan?

     

    Baca juga : 3 Khasiat Chia Seed untuk Anak Plus Cara Mengolahnya yang Tepat

    Baca juga: Mengenal Chia Seeds, Si Kecil Hitam yang Baik untuk Kesehatan Jantung


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published