Cara Hidup Sehat dengan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asma

Hidup Sehat

Asma merupakan kondisi penyakit pada saluran pernapasan di paru-paru yang mengalami penyempitan sehingga menyebabkan kesulitan bernapas. Sampai saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan asma secara permanen. Namun dengan pengobatan yang tepat gejala asma dapat dikendalikan sehingga pengidap asma dapat hidup normal dan aktif.

Banyak orang menganggap pengobatan asma bisa dilakukan menggunakan tanaman herbal. Pertanyaannya, apakah tanaman herbal benar-benar efektif meredakan asma?


Benarkah Tanaman Herbal Dapat Mengatasi Asma?

Pengobatan yang mengandalkan ekstrak tanaman herbal merupakan metode pengobatan lama di dunia. Hingga saat ini pengobatan herbal dikenal sebagai pengobatan alternatif. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan herbal bisa meringankan gejala asma. Akan tetapi manfaat dari pengobatan tersebut cenderung lebih sedikit daripada pengobatan medis. Oleh karena itu, obat herbal sebaiknya digunakan sebagai pelengkap atau pendukung dalam pengobatan.


Apa Saja Tanaman Herbal untuk Pengidap Asma?

Sebagai pendukung pengobatan, kamu tetap boleh mengonsumsi tanaman herbal untuk meringankan gejala asma atau melegakan pernapasan. Namun, pengobatan ini tetap harus dalam anjuran dokter. 

Selain itu, tanyakan pula pada dokter sebelum memulai pengobatan herbal. Sebab, dikhawatirkan tanaman tersebut bisa saja membuat penyakit asma semakin parah. Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman herbal untuk mengatasi gejala asma.


  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang mengandung antiinflamasi dan bisa membantu meringankan asma berat. Selain itu, terdapat senyawa 6-gingerol yang berguna untuk mengurangi radang paru-paru karena alergi. Bahkan sebuah studi telah menunjukkan  bahwa jahe dapat membantu mengendurkan otot trakea dan jalan pernapasan. Tak hanya jahe putih, kandungan sehat tersebut juga terdapat pada jahe merah.


  1. Kunyit

Kunyit adalah tanaman herbal sekaligus bumbu dapur berwarna kuning yang sering dijadikan sebagai olahan jamu herbal. Warna kuning kunyit berasal dari kurkumin yang merupakan zat pewarna alami yang bisa mengurangi peradangan, termasuk peradangan pada paru-paru yang menyebabkan asma.

Sebuah studi yang melakukan penelitian mengenai khasiat kurkumin terhadap asma bronkial, telah menemukan bahwa dengan mengonsumsi 500 mg suplemen kurkumin setiap hari dapat membuka saluran pernapasan, dan secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan ekspirasi.


  1. Bawang putih dan Ginseng

Ginseng memiliki banyak manfaat kesehatan salah satunya dapat memperbaiki kondisi pernapasan. Sementara bawang putih memiliki manfaat kesehatan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Khasiat keduanya sudah dibuktikan dalam meredakan asma melalui penelitian pada tikus. 

Hidup Sehat

Sumber foto: Google

Pada penelitian ini, tikus diberi paparan zat yang dapat mempengaruhi paru-paru. Kemudian, beberapa tikus diberikan ginseng dan bawang putih selama pemaparan. Hasilnya, tikus yang diberikan tanaman herbal mengalami penurunan gejala dan pengurangan pembekakan pada sistem pernapasan dibandingkan dengan tikus yang lain. Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan efektivitas obat herbal ini.


  1. Habbatussauda atau Jintan hitam

Habbatussauda sendiri terkenal sebagai rempah-rempah yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Salah satunya yaitu mengurangi gejala asma. Menurut sebuah studi, habbatussauda bisa membantu meringankan gejala asma serta mengurangi peradangan, dan memperbaiki fungsi saluran pernapasan. Namun, penelitian ini masih dipelajari lebih lanjut.


  1. Madu

Madu sudah terbukti dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur sendiri dapat mengurangi rasa gatal tenggorokan yang menyebabkan batuk serta melegakan tenggorokan. Selain itu madu juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meringankan edema di saluran pernapasan yang menyebabkan asma.

Dengan mengkombinasikan madu dan jahe atau kunyit dapat membuat tenggorokan terasa hangat dan nyaman. Bisa juga mencampurkan madu dengan tanaman herbal lainnya seperti kayu manis, yang dapat memberikan antioksidan dan anti bakteri sehingga dapat membantu sistem pernapasan melawan kuman dan polutan. 

Demikianlah fakta tentang cara hidup sehat dengan tanaman herbal untuk mengobati gejala asma. Selain mengandalkan obat herbal, kita juga perlu menjaga tubuh dengan pola hidup sehat.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari yang bisa didapatkan di Healthy Choice. Mulai dari beras merah, beras organik hingga camilan sehat. Selanjutnya jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika ingin mengonsumsi obat herbal.

 

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kelebihan Gula Darah untuk Hidup Sehat! Yuk Cegah Diabetes Sedini Mungkin

Baca juga: Panduan Pola Hidup Sehat dengan Diet Bebas Gula, Yuk Terapkan Sekarang


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published