Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan Setelah Sakit

pola makan sehat

Setelah sakit, si kecil mungkin kehilangan selera makan dan tampak lemas. Padahal, pola makan sehat juga tetap dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung proses pemulihannya. Selain itu, makanan juga menjadi sumber energi bagi tubuh.

Tidak jarang orang tua dibuat frustasi karena khawatir anak akan pulih lebih lama karena susah makan. Selain sumber energi, makanan yang dikonsumsi memang bisa membantu mempercepat proses pemulihan setelah sakit. Tapi jangan juga memaksanya makan atau memarahinya. Sebab, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa saja? Berikut daftarnya.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

pola makan sehat

Sumber foto: Google

Berikut beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi anak yang tidak berselera makan setelah sakit:

  1. Beri Makanan Favoritnya

Agar si kecil berselera makan, berikan makanan yang dia sukai. Pastikan makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk pemulihan. Contoh makanan yang bagus untuk anak setelah sakit yaitu sup ayam dengan kentang dan telur. Di dalam menu ini terdapat asupan protein serta karbohidrat sebagai sumber energi. Sayur dan buah juga bisa ditambahkan sebagai asupan vitamin dan serat.

  1. Sajikan Makanan dengan Menarik

Cobalah sajikan makanan semenarik mungkin agar anak lebih berselera dan tertarik untuk menyantapnya. Misalnya, bentuk nasi menjadi karakter-karakter yang lucu, salah satunya panda.

Caranya pun mudah, bentuk nasi menjadi bola-bola kecil, kemudian beri hiasan berupa mata, alis, mulut dan tangan dari potongan rumput laut. Jangan lupa berikan sayuran dan lauk sebagai hiasan di sekelilingnya.

Kamu juga bisa menggunakan beras merah agar makanan yang disajikan terlihat lebih berwarna dan berbeda dari biasanya.

  1. Beri Makanan Beraroma Lezat

Selain mengemasnya dengan lebih kreatif, coba gugah selera makan anak dengan makanan yang beraroma lezat. Seperti kita ketahui, indera penciuman juga ikut meningkatkan nafsu makan.

  1. Beri Makanan dalam Porsi Kecil tapi Sering

Kalau si kecil terlihat sulit menghabiskan makanannya, jangan paksakan dia untuk makan dalam porsi besar. Hal ini malah membuatnya semakin tidak ingin makan. Coba berikan makanan dalam porsi kecil, tapi lebih sering.

  1. Sediakan Snack Sehat

Sebagai selingan, sediakan snack sehat yang ia sukai. Salah satu kudapan yang bisa menjadi pilihan saat anak susah makan setelah sakit adalah buah-buahan yang dikonsumsi, salah satunya pisang. Kamu juga bisa memberinya salad buah yang warna-warni dan tampak menarik.

Roti isi daging dan keju, sereal dengan susu, roti yang diolesi selai, atau cookies yang terbuat dari tepung sorgum juga bisa menjadi pilihan.

  1. Berikan Susu untuk Memenuhi Nutrisinya

Kalau si kecil sulit menghabiskan makanannya, kamu bisa memberikan susu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam proses pemulihannya. Susu menyimpan berbagai nutrisi yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh, sehingga proses pemulihan setelah sakit berlangsung lebih cepat.

Disarankan untuk memberinya susu yang memiliki nutrisi lengkap, seperti lemak, protein dan karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi. Pilih juga susu yang mengandung mineral, vitamin, serta asam lemak esensial, karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Membujuk anak agar mau makan setelah sakit memang terkadang tidaklah mudah. Tetapi, beberapa cara tersebut bisa kamu coba, agar asupan nutrisi si kecil terpenuhi dan ia cepat pulih.

Karena anak sedang kurang sehat, kamu tentu tidak bisa leluasa berbelanja di supermarket. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa membeli berbagai bahan makanan hingga mengatur pola makan sehat di Healthy Choice.

 

Baca juga: Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah

Baca juga: Menu Diet Sehat Anak untuk Menghindari Obesitas Dini


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan