Harus Coba untuk Hidup Sehat, Ini Daftar Biji-bijian yang Kaya Manfaat

Harus Coba untuk Hidup Sehat, Ini Daftar Biji-bijian yang Kaya Manfaat

Selain sebagai campuran makanan, biji-bijian biasanya juga dijadikan camilan. Meski banyak dijual di pasaran, nyatanya sebagian orang masih asing dan sulit membedakan jenis biji-bijian. Seperti flaxseed atau biji rami yang mungkin masih asing bagi masyarakat Indonesia karena jarang dikonsumsi.

Padahal banyak jenis biji-bijian yang menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Lalu, jenis biji-bijian apa saja yang bagus dikonsumsi? Dan apa manfaatnya?

  • Biji Selasih
  • Termasuk famili tumbuhan Labiatae, selasih diperkirakan berasal dari kawasan tropis di Afrika Tengah. Biji selasih aman dikonsumsi karena tergolong dalam GRAS (Generally Recognized as Safe). Selain dikonsumsi langsung, biji selasih juga bisa diambil ekstrak minyaknya.

    Sebelum dikonsumsi, biji selasih biasanya direndam lebih dahulu dalam air hingga mengembang. Masa simpannya juga cukup panjang, kamu hanya perlu membungkusnya dengan plastik yang rapat lalu simpan dalam kulkas.

    Biji selasih mengandung vitamin dan mineral. Dalam 100 gram biji selasih mampu mencukupi hingga 528% kebutuhan vitamin K, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

    Kandungan nutrisinya itu juga baik bagi pengidap diabetes karena bisa mengontrol kadar gula darah. Tapi ingat, pengidap diabetes sebaiknya mengonsumsi biji selasih tanpa tambahan gula pasir.

  • Biji Rami
  • Flaxseed atau biji rami dikenal sebagai bahan baku kain linen. Manfaat dari biji-bijian mungil ini tidak bisa diremehkan. Biji rami mampu mencegah nafsu makan berlebih karena kaya serat. Selain itu, biji rami juga mengandung antioksidan alpha-linolenic acid (ALA), yakni jenis asam lemak omega yang bisa menjaga kesehatan jantung.

    Kandungan lignan di dalam flaxseed juga lebih tinggi dibanding makanan nabati lainnya. lignan sendiri adalah senyawa aktif pada tumbuhan yang diklaim dapat melawan sel kanker dengan mencegah pertumbuhan sel tumor.

    Karena kandungan nutrisinya yang tinggi itulah, BRM Organic Golden Flaxseed Meal sebaiknya ditambahkan dalam menu sehat sehari-hari.

    Sumber foto: Google

  • Biji Wijen
  • Biji-bijian satu ini sering dijadikan sebagai taburan makanan seperti roti, burger, sushi, onde-onde, dan lainnya. Biji wijen terasa renyah beraroma seperti kacang.

    Selain vitamin E, wijen juga mengandung magnesium, kalsium dan seng yang dibutuhkan untuk menjaga kadar gula darah dan metabolisme.

    Kandungan seratnya yang tinggi juga membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Bagi pelaku program diet, biji wijen bisa dijadikan campuran camilan sehat tanpa takut berat badan naik.

    Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Food tahun 2015 menunjukkan bahwa biji wijen dapat menurunkan gejala stress oksidatif dan meningkatkan kapasitas antioksidan.

  • Biji Bunga Matahari
  • Biji bunga matahari biasa dijadikan camilan ketikan bersantai. Salah satu olahannya yaitu kuaci. Tidak kalah

    Biji bunga matahari merupakan salah satu bahan pangan yang bisa dijadikan cemilan saat bersantai. Salah satu olahan biji bunga matahari adalah dalam bentuk kuaci.

    Tidak kalah dari flaxseed atau wijen, biji bunga matahari juga kaya manfaat. Sumber vitamin E ini dapat mempercepat regenerasi sel kulit untuk mencegah penuaan dini.

    Mengonsumsi 100 gram biji bunga matahari mampu memenuhi 250,9% kebutuhan vitamin E dalam tubuh.

    Vitamin E juga berperan untuk melindungi kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung asam lemak omega 6 yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

  • Biji Delima
  • Selain rendah kalori, biji delima juga mengandung vitamin C, serat, dan kalium. Penelitian pada 2011 oleh Leiden University Medical Center, Belanda, menunjukkan bahwa tikus yang obesitas dan resisten insulin, mengalami penurunan yang cukup signifikan setelah diberi minyak biji delima secara rutin selama 12 minggu.

    Selain itu, buah delima juga dapat mempertajam daya ingat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine tahun 2013, menunjukkan bahwa partisipan yang rutin mengonsumsi buah delima selama empat minggu memiliki memori visual dan verbal lebih baik.

    Jadi, kamu ingin mulai mengonsumsi biji-bijian yang mana? Kamu bisa mulai dari yang mudah dijumpai di pasaran seperti biji bunga matahari, selasih, wijen, atau flaxseed.

    Sekarang mengonsumsi menu makan sehat juga jadi lebih mudah lewat Healthy Choice. Di sini, tersedia aneka bahan pangan sehat termasuk BRM Organic Golden Flaxseed Meal.


    Baca juga: Perbedaan dan Manfaat HC Chia Seed Organik vs. BRM Chia Seed Organik

    Baca juga: Manfaat Konsumsi Chia Seed untuk Menjaga Stamina saat Puasa


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published