Madu Alami dan Baking Soda, Benarkah Bisa Menghilangkan Tahi Lalat?

Madu Alami dan Baking Soda, Benarkah Bisa Menghilangkan Tahi Lalat?

Hampir semua orang punya tahi lalat yang jadi ciri khasnya masing-masing. Tahi lalat bisa muncul di daerah tubuh mana pun, seperti badan, wajah, atau kaki.

Tahi lalat ini muncul karena adanya melanosit yang berkumpul di satu titik. Dikutip dari jurnal Biologi Melanosit karya Betty Ekawati Suryaningsih, dkk, melanosit adalah sel yang berasal dari neural crest vertebrata. Melanosit berfungsi untuk memberikan pigmen warna kulit.

Meski munculnya tahi lalat adalah kondisi yang alamiah, namun tetap saja beberapa orang merasa terganggu dan tidak percaya diri karena memiliki tahi lalat. Terlebih jika tahi lalat berada di tempat terlihat, seperti di area wajah.

Lalu, apakah benar madu alami bisa menghilangkan tahi lalat hidup? Adakah bahan alami lainnya yang dapat menghilangkan tahi lalat? Simak informasinya di bawah ini!

Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat Hidup

Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat hidup:

  • Madu alami
  • Selain dikonsumsi untuk mendukung kesehatan tubuh, madu alami juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan tahi lalat. Hal ini tertera dalam jurnal ilmiah yang ditulis oleh E. R. H. S. S. Ediriweera, dkk, berjudul Medicinal and Cosmetic Uses of Bee’s Honey.

    Dalam jurnal itu disebutkan bahwa madu kaya akan antioksidan dan bersifat anti inflamasi. Jika rutin dioleskan, tahi lalat bisa saja memudar.

    Pastikan menggunakan madu alami karena tidak ada bahan tambahan apapun di dalamnya, seperti HC Wild Forest Honey.

    Sumber foto: Google


  • Minyak biji rami
  • Minyak yang berasal dari tanaman rami ini berwarna kekuningan, namun ada juga yang tidak berwarna. Minyak biji rami kaya akan kandungan asam lemak omega-3.

    Menurut jurnal Flax and Flaxseed Oil: An Ancient Medicine karya Ankit Goyal, dkk, minyak ini memiliki banyak manfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan bintik-bintik hitam. Selain itu, minyak jenis ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat.

  • Cuka apel
  • Selain madu dan minyak biji rami, cuka apel juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Biasanya, cuka apel digunakan untuk perawatan kecantikan wajah dan rambut. Melansir Medical News Today, cuka sari apel dapat dijadikan obat alami yang ampuh menghilangkan tahi lalat.

    Ini karena kandungan asam malat dan asam tartarat di dalam cuka apel yang bekerja untuk melarutkan tahi lalat. Meski begitu, kamu harus konsisten untuk menghilangkannya dan bisa digunakan sebelum tidur.

  • Bawang Putih
  • Bumbu masakan satu ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi tahi lalat hidup yang mengganggu penampilan. Kandungan antioksidan dan antivirus pada bawang putih dapat menyamarkan, mengecilkan, sekaligus menghilangkan tahi lalat.

    Caranya, tempelkan potongan bawang putih pada tahi lalat dan diamkan 10-15 menit. Jangan menempelkan bawang putih terlalu lama karena bisa menyebabkan kulit iritasi.

  • Kulit Pisang
  • Cara lain yang bisa kamu coba yaitu, menempelkan bagian dalam kulit pisang di tahi lalat selama satu jam. Kulit pisang mengandung enzim pencerah alami yang bisa memudarkan tahi lalat. Lakukan cara ini setiap hari sampai tahi lalat memudar dan hilang.

  • Baking soda
  • Bahan pengembang kue ini ternyata juga dapat membantu menghilangkan tahi lalat lho. Cara menggunakannya juga mudah. Cukup campurkan baking soda dan beberapa tetes minyak jarak. Setelah itu oleskan secara rutin pada tahi lalat agar hasilnya maksimal.

    Setelah menyimak informasi di atas, sekarang saatnya kunjungi Healthy Choice. Di sini, kamu bisa mendapatkan produk penghilang tahi lalat, yaitu madu alami. Pilih HC Wild Forest Honey karena berasal dari madu hutan yang terjamin keasliannya. Jadi, selamat mencoba!



    Baca juga: Sehat Banget! 5 Ide Menu Sarapan Sehat Berbahan Madu Alami

    Baca juga: Mengintip Manfaat Madu Hitam, Benarkah Lebih Sehat dari Madu Biasa?


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published