Ingin Cepat Hamil? Ini Daftar Makanan Sehat Penyubur Kandungan untuk Pengantin Baru

Daftar Makanan Sehat

Tidak sedikit pasangan memiliki masalah sulit punya anak. Tapi tahukah kamu, kalau ada berbagai cara untuk meningkatkan kesuburan? Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat. Olahraga secara rutin dan mengonsumsi menu makan sehat harus kamu terapkan mulai sekarang kalau ingin segera memiliki buah hati.

Lalu, makanan apa saja yang dapat membantu menyuburkan kandungan? Langsung simak informasinya berikut ini yuk!

  • Sayuran Hijau
  • Serat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk program hamil. Ini karena makanan tinggi serat bisa membantu tubuh mengeluarkan kelebihan hormon dan mengontrol kadar gula darah.

    Bahkan, ada jenis serta tertentu yang mampu membantu mengeluarkan hormon estrogen dengan cara mengikatnya di usus.

    Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, bayam, dan kangkung mengandung nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, vitamin E, folat, dan coenzyme q10.

    Saat dibutuhkan, suplemen penyubur kandungan seperti vitamin E dapat dikonsumsi untuk membantu menebalkan dinding rahim. Ketebalan dinding rahim yang tepat memang sangat penting untuk pembuahan dan kehamilan. Selain Wanita, vitamin E juga bagus untuk kesuburan pria.

    Sebuah penelitian menunjukkan, pria yang rutin mengonsumsi vitamin E mengalami peningkatan kualitas sperma hingga 5%.

    Daftar Makanan Sehat

    Sumber foto: Google

  • Buah Jeruk
  • Aneka jenis jeruk seperti grapefruit adalah salah satu sumber vitamin C. Kandungannya yang berupa vitamin B, kalium, kalsium, dan folat dapat membantu mengatur ovulasi dan menyediakan lingkungan yang sehat bagi sel telur.

    Cukupi kebutuhan vitamin C setiap hari dengan mengonsumsi setidaknya satu buah grapefruit Vitamin C sendiri dapat meningkatkan jumlah serta motilitas (pergerakan) sperma. Sedangkan pada Wanita, vitamin C bisa membantu kadar hormon dalam tubuh tetap stabil.

    Vitamin C juga mampu menguatkan dinding pembuluh darah dan mencegah infeksi yang bisa mengganggu proses ovulasi sehingga bagus untuk kesuburan.

  • Alpukat
  • Buah yang kerap dijadikan makanan diet sehat ini juga bagus untuk menyuburkan kandungan lho. Ini berkat kandungan vitamin K, folat, dan kalium yang tinggi.

    Folat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak dan tulang belakang janin. Sedangkan vitamin K dan kalium membantu menyerap nutrisi dalam tubuh secara maksimal, sehingga hormon tetap seimbang, dan mengontrol tekanan darah.

    Sementara vitamin E membantu menstabilkan dan melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

  • Telur
  • Tips hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bagus untuk program hamil selanjutnya adalah dengan makan telur. Hampir semua orang tentu suka dengan makanan satu ini karena harganya yang terjangkau dan mudah diolah.

    Telur kaya akan protein, vitamin B6, mineral, dan asam amino seperti kolin yang meningkatkan kualitas folikel, yakni tempat sel telur untuk bertumbuh.

  • Greek Yoghurt
  • Kalau ingin meningkatkan kesuburan, asupan lemak juga perlu kamu perhatikan. Selain susu, Greek yoghurt memberikan asupan kalsium.

    Menu makan sehat satu ini juga mengandung vitamin D dan probiotik yang membantu memperkuat tulang, meningkatkan imun tubuh, dan mendorong folikel di indung telur matang.

    Wanita yang kekurangan vitamin D ternyata berisiko lebih tinggi mengalami masalah ovulasi dan meningkatkan risiko endometriosis.

  • Madu
  • Salah satu kandungan pada madu yang dapat membantu menyuburkan kandungan adalah asam amino. Asam amino, khususnya arginina, diyakini bisa membantu meningkatkan fungsi ovarium dan sistem reproduksi.

    Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang khasiat madu untuk program hamil. Sebab, beberapa penelitian justru menunjukkan bahwa terlalu banyak makan madu bisa memberikan dampak negatif terhadap kesuburan.

    Itulah beberapa makanan yang bisa kamu masukkan ke dalam menu makan sehat untuk program hamil. Sedang menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi beras merah? Langsung saja ke Healthy Choice. Di sini tersedia berbagai bahan makanan sehat, termasuk beras merah.

     

    Baca juga: Diet saat Bulan Puasa? Ini Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jaga Berat Badan

    Baca juga: 7 Makanan Sehat Ini Bantu Kolesterol Stabil Pasca Lebaran


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published