Ingin Mengurangi Makan saat Diet? Cobain Konsumsi Jahe Merah

jahe merah

Kamu sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan? Menerapkan pola hidup sehat dengan membatasi asupan makan serta mengimbanginya dengan olahraga secara rutin menjadi cara yang baik untuk dijalankan.

Tapi, mungkin beberapa orang akan merasa sangat sulit melakukan kedua hal tersebut. Salah satu yang sulit dikontrol adalah nafsu makan. Ini membuat asupan makan kamu jadi berlebihan. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang disebut mampu membantu menekan nafsu makan. Salah satunya yaitu jahe.

Cara Menggunakan Jahe untuk Menekan Nafsu Makan

Jahe selama ini populer digunakan sebagai bumbu masakan dan obat herbal yang mampu membuat tubuh merasa lebih hangat, mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi rasa mual dan muntah. Selain itu, jahe juga dikenal mampu membantu mengeluarkan racun dalam tubuh alias detoksifikasi. Tidak hanya itu, sebuah studi menunjukkan bahwa jahe mampu mengurangi nafsu makan.

Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2012 dalam jurnal Metabolism, menyebutkan bahwa jahe bisa mengurangi nafsu makan serta meningkatkan rasa kenyang.

Dalam penelitian tersebut, partisipan diminta untuk mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak 2 gram yang dilarutkan dengan air panas saat sarapan. Hasilnya, minuman tersebut bisa mengurangi lapar setelah makan hingga enam jam. Hal ini pun membuat asupan makan para partisipan dalam sehari menjadi berkurang.

Studi yang melibatkan sepuluh pria tersebut membuktikan bahwa jahe mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, kamu akan mengonsumsi lebih sedikit makanan.

Penelitian tersebut mengacu kepada efek termogenik pada jahe. Artinya, jahe bisa meningkatkan suhu tubuh kamu menjadi lebih panas. Jadi, jumlah kalori yang digunakan oleh tubuh untuk mencerna makanan juga meningkat. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut terkait efek jahe terhadap nafsu makan.

Tapi, tidak ada salahnya kan kalau kamu mencoba cara ini? Kamu bisa minum teh jahe merah hangat setiap pagi setelah sarapan dan buktikan hasilnya. Lagipula, ada banyak manfaat jahe merah lainnya untuk kesehatan tubuh.

Tapi jangan lupa, barengi pula dengan pola makan sehat. Kamu harus mencukupi kebutuhan nutrisi harian, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan lemak. Juga, lakukan olahraga secara rutin. Sehingga, program diet kamu sukses dan berat badan turun.

Rempah Lainnya untuk Mengurangi Nafsu Makan

jahe merah

Sumber foto: Google

Selain jahe, ada juga rempah lain yang biasa dijadikan sebagai bumbu masakan namun berkhasiat dalam mengurangi nafsu makan. Rempah tersebut antara lain cabai dan merica karena mengandung capsaicin.

Menurut penelitian yang dirilis pada tahun 2012 dalam jurnal Chemical Senses menyebutkan bahwa capsaicin dapat mengurangi nafsu makan.

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai dan merica mampu menaikkan metabolisme tubuh dan mempunyai efek termogenik, sama seperti jahe merah.

Sehingga, tubuh akan membakar kalori lebih maksimal ketika mencerna makanan. Banyaknya jumlah kalori yang terbakar per hari, juga mempengaruhi rasa kenyang setelah makan lho. Semakin banyak membakar kalori, nafsu makan pun akan berkurang dan berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.

Itu dia fakta menarik tentang kemampuan jahe dalam mengurangi nafsu makan. Setelah mengetahui manfaatnya, sekarang kamu bisa mulai mengonsumsi jahe merah untuk membantu menjaga kesehatan sekaligus menurunkan berat badan. Biar lebih praktis, beli ekstrak jahe merah di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Mudah Diolah dan Lezat, Ini Contekan Menu Diet Sehat Setiap Hari

Baca juga: Beragam Bahan Makanan Organik Ini Bisa Jadi Menu Diet Sehat Setiap Hari


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan