Rekomendasi Camilan Sehat untuk Teman Ngopi yang Bikin Berat Badan Aman

camilan sehat

Ngopi menjadi salah satu ritual wajib bagi banyak orang. Entah itu pada pagi setelah sarapan maupun siang di jam-jam rawan ngantuk. Agar rutinitas ini lebih menyenangkan, kamu bisa melengkapinya dengan camilan. Jangan takut gemuk, karena ada beberapa camilan sehat yang bisa kamu nikmati sambil ngopi. Penasaran apa saja? Simak daftarnya di bawah ini ya.

Snack Sehat Pendamping Kopi

Minum kopi bisa menjadi salah satu penyelamat saat kita mulai kehilangan semangat. Pasalnya, kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga bisa mengembalikan konsentrasi ketika beraktivitas.

Bukan itu saja, sebuah penelitian tahun 2006 dalam pada Critical Reviews In Food Science and Nutrition menyebutkan beberapa manfaat minum kopi dalam takaran yang sesuai. Terutama untuk mencegah perkembangan penyakit kronis, seperti parkinson, diabetes melitus, sirosis, hingga karsinoma hepatoseluler.

Selain memiliki rasa dan aroma yang unik, kopi juga mengandung segudang manfaat. Namun, kopi kerap mengandung terlalu banyak gula, apalagi saat dikonsumsi bersama camilan manis, seperti donat.

Kebiasaan ngopi dan makan camilan manis ini akan membuat tubuh kelebihan asupan gula. Akibatnya, risiko berat badan naik alias obesitas meningkat. Untuk mencegahnya, kamu harus benar-benar memperhatikan pilihan camilan saat minum kopi. 

Nah, berikut ini rekomendasi camilan sehat untuk teman ngopi yang tidak membuatmu gemuk.

camilan sehat

Sumber foto: Google

  1. Snack Bar dari Kedelai

Snack yang berbahan utama kedelai ini bisa menjadi pilihan untuk menunda lapar dan memenuhi kebutuhan serat harian. Camilan satu ini ternyata juga cocok dijadikan teman ngopi. Rasanya yang gurih dengan sedikit manis ini membantu menetralisir mulut dari rasa pahit dan asam dari kopi.

Selain itu, ada juga pilihan snack bar lain yang sehat dan aman jadi teman ngopi dari Bobs Red Mill. Bukan cuma enak, snack sehat ini juga sudah pasti indeks glikemiknya rendah. Indeks glikemik yaitu ukuran seberapa cepat gula dalam makanan diserap oleh darah. Semakin tinggi nilainya, maka semakin cepat pula kadar gula dalam darah naik.

Karena itu, kamu tidak perlu cemas gula darah langsung melonjak akibat minum kopi manis ditemani snack bar kedelai di saat bersamaan.

  1. Pisang Rebus

Pisang goreng selama ini dikenal sebagai temannya secangkir kopi. Sayangnya, pisang yang digoreng dengan lapis tepung biasanya tinggi minyak sehingga konsumsinya harus dibatasi. Tapi jangan khawatir, pisang tetap bisa menjadi camilan pendamping kopi, kok.

Biar lebih sehat dan rendah kalori, sebaiknya pilih pisang kukus atau rebus. Pisang mengandung banyak serat. Kandungan tersebut membantumu merasa kenyang lebih lama, selain itu nilai indeks glikemiknya juga rendah. Sehingga tidak membuat lonjakan gula darah meningkat secara mendadak.

  1. Kacang-kacangan

Camilan sebagai teman ngopi selanjutnya adalah kacang-kacangan. Misalnya, kacang almond, kacang tanah, kacang kenari, dan kacang hazelnut. Seperti pisang, kacang juga masuk dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk menu diet sehat.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2010 dalam jurnal Nutrients, membuktikan bahwa wanita yang makan kacang-kacangan lebih dari dua kali dalam seminggu tidak mengalami kenaikan berat badan secara signifikan. Dengan begitu, risiko obesitas juga lebih rendah dibanding wanita yang tidak mengonsumsi kacang.

Itu dia rekomendasi camilan sehat sebagai pendamping minum kopi. Seperti sebutannya, camilan bukanlah pengganti makanan berat. Jadi, saat makan camilan sambil minum kopi, pastikan porsinya tidak terlalu banyak, ya. Selain itu, kopi yang kamu minum sebaiknya tidak terlalu banyak gula agar tidak menyebabkan kelebihan kalori dalam tubuh.

Nah, sekarang kamu bisa memilih snack sehat seperti Bobs Red Mill yang bisa kamu dapatkan di Healthy Choice.

 

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Cemilan untuk Diet

Baca juga: Cemilan Sehat yang Berkhasiat Meningkatkan Kecantikan Kulit


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published