Ini Manfaat Merendam Kaki dengan Cuka Apel, Bisa Dicoba Sambil Santai

Ini Manfaat Merendam Kaki dengan Cuka Apel, Bisa Dicoba Sambil Santai

Padatnya aktivitas sehari-sehari memang membuat lelah. Tak heran kalau banyak orang berusaha mencari cara untuk relaksasi pada akhir hari. Salah satunya dengan merendam kaki menggunakan cuka apel.

Apa Saja Manfaat Merendam Kaki dengan Cuka Apel?

  • Menghilangkan Bau Kaki
  • Bau kaki tak sedap diakibatkan oleh penumpukan keringat di sekitar kaki. Bahkan, beberapa orang kakinya sering berkeringat meskipun sedang tidak melakukan aktivitas fisik. Bau kaki bisa diperparah oleh tumbuhnya bakteri dan jamur di kaki atau alas kaki yang digunakan.

    Cuka apel memiliki sifat antimikroba, merendam kaki dalam air cuka selama 10-20 menit dapat membantu melawan bakteri dan jamur penyebab bau kaki.

  • Mengatasi Kutu Air
  • Kutu air adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh jamur. Penyebabnya yakni penggunaan sepatu dalam waktu lama, sehingga kaki menjadi lembab dan memicu pertumbuhan jamur. Selain itu, bertelanjang kaki di tempat umum seperti kolam renang publik, juga dapat menyebabkan kutu air.

    Meski begitu, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cuka apel dapat mengobati kutu air secara efektif. Namun, merendam kaki dengan cuka apel memiliki efek menenangkan, meringankan gejala, dan sangat jarang menyebabkan efek samping.

  • Mencegah Kutil
  • Kutil atau veruka merupakan pertumbuhan kulit tak berbahaya yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) jenis tertentu.

    Karena cuka apel bersifat antimikroba, menggunakannya untuk merendam kaki mungkin dapat mengatasi dan mencegah pertumbuhan kutil. Cuka juga berfungsi sebagai eksfoliator yang ringan, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk menghilangkan kapalan.

  • Mengatasi Kaki Kering
  • Merendam kaki dengan cuka juga dapat membantu mengatasi kaki kering dan pecah-pecah. Namun, jangan lupa selalu gunakan lotion ke kaki setelah merendamnya dengan cuka. Selain itu, jangan merendam kaki terlalu lama atau terlalu sering karena dapat membuat kaki jadi semakin kering.

    Bagaimana Cara Merendam Kaki dengan Cuka Apel?

    Sumber foto: Google

    Cuka apel terbilang aman jika digunakan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Namun, menggunakannya untuk merendam kaki harus tetap hati-hati, sebab dapat mengiritasi kulit. Hindari merendam kaki yang memiliki luka terbuka dengan cuka.

    Selain itu, penderita diabetes juga disarankan untuk merendam kaki dengan cuka apel untuk mengatasi masalah pada kaki. Meski pasien diabetes juga bisa memiliki kondisi kaki seperti di atas, namun dibutuhkan konsultasi lebih dahulu dengan dokter.

    Ingin merasakan langsung manfaat merendam kaki dengan cuka apel? Sediakan dua sendok teh cuka apel, setengah galon air, dan setengah gelas garam epsom. Campurkan semua bahan, lalu rendam kaki di dalamnya. Rendam kaki sekitar 20-30 menit, kemudian angkat dan keringkan dengan handuk.

    Kalau kamu termasuk pemilik kulit kering, cukup rendam dengan air cuka apel. Namun sebaiknya gunakanlah air dingin supaya khasiat cuka apel lebih maksimal dan menghindari kulit semakin kering.

    Waktu terbaik untuk berendam yaitu saat malam hari. Pastikan seluruh aktivitas dan pekerjaan sudah selesai sehingga kamu bisa melakukan relaksasi dengan tenang. Jangan lupa, gunakan moisturizer lebih dahulu, dan usahakan gunakan kaos kaki saat berendam. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

    Ternyata selain untuk memasak, cuka apel juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit kaki dari luar. Ingin segera merendam kaki dengan cuka? Dapatkan produknya di sini. Selain cuka apel, Healthy Choice juga menyediakan aneka bahan makanan lainnya yang dapat mendukung pola sehat kamu. Tunggu apalagi? Yuk klik sekarang!

     

    Baca juga: Tips Aman Gunakan Cuka Apel Sebagai Deodoran Harian. Bau Badan Pasti Hilang

    Baca juga: Cukup Di Rumah, Begini Cara Bikin Kuku Bersih dan Cantik


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published