Bisa Jadi Sunscreen Alami, Ini Tips Membuat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Bisa Jadi Sunscreen Alami, Ini Tips Membuat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk yang wajib digunakan setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Apalagi, sunscreen mampu melindungi tanpa merusak struktur kulit dan menyebabkan pigmentasi. Selain itu, paparan sinar UV juga dapat berisiko kanker.

Meski sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit, namun harga produk satu ini cukup mahal. Namun, sebenarnya kamu bisa mengaplikasikan sunscreen yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti virgin coconut oil (VCO) dan harganya pun cukup terjangkau. Apa saja bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk simak ulasan berikut ini!

Minyak Kelapa sebagai Pengganti Sunscreen

Menurut sebuah penelitian di tahun 2009 tentang minyak kelapa yang bisa dijadikan sebagai pengganti sunscreen, minyak alami satu ini menjadi bahan yang populer di komunitas DIY. Penelitian tersebut membuktikan bahwa minyak kelapa dapat memproteksi kulit dari sinar UV sebanyak SPF 7. Namun, kenyataannya penelitian ini dilakukan pada cawan petri, bukan kepada kulit manusia.

Para dermatologis pun tidak menganjurkan SPF 7. Minyak kelapa hanya dapat melindungi kulit sebanyak 20%, dibandingkan sunscreen yang mampu memproteksi kulit hingga 97%. Artinya, minyak kelapa tidak dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Resep Sunscreen Alami

Sumber foto: Google

Meski virgin coconut oil (VCO) saja tidak mampu melindungi kulit dari bahaya sinar UV, namun ada resep sunscreen dari bahan alami yang aman dan bisa kamu ikuti. Berikut ini resepnya

  • Setengah gelas VCO
  • 2 sdm non-nano zinc oxide
  • Satu sdm minyak biji raspberry merah
  • 10 tetes minyak esensial (kamu bisa menggunakan minyak lavender atau minyak wortel)

Campurkan semua bahan tersebut hingga benar-benar merata.

Meski resep sunscreen di atas bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV, namun kamu harus mengaplikasikannya setiap beberapa jam sekali untuk mengoptimalkan fungsinya. Selain itu, untuk kamu pemilik jenis kulit fair, tambahkan zinc oxide lebih banyak.

Kenapa harus menggunakan virgin coconut oil (VCO)? Menurut laman Coconut Mama, minyak kelapa murni adalah salah satu bahan alami yang mengandung 4-5 SPF.

Sehingga tidak heran kalau bahan satu ini dapat membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Bukan itu saja, kandungan antioksidan di dalam VCO juga menjadikan bahan ini ampuh dalam melindungi kulit dari radikal bebas.

Selain minyak kelapa murni, sunscreen alami tersebut juga dilengkapi dengan beberapa minyak esensial dan mineral. Minyak esensial di atas juga mengandung SPF. Seperti minyak biji raspberry merah yang mengandung 25 SPF. Selain itu, penambahan mineral berupa zinc oxide juga berfungsi sebagai pelindung kulit, terutama dari sinar UVA dan UVB.

Itulah bahan-bahan dan cara membuat sunscreen alami yang aman untuk kulit. Kamu bisa mengoleskan sunscreen tersebut 30 menit sebelum keluar rumah. Lalu, oleskan kembali setiap dua jam atau segera setelah berkeringat atau berenang.

Virgin coconut oil (VCO) yang menjadi salah salah satu bahan penting dalam pembuatan sunscreen alami bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Selain lebih praktis, produk di sini juga terbukti aman dan berkualitas. Tunggu apalagi? Yuk belanja sekarang dan mulai buat sunscreen sendiri di rumah!

 

Baca juga: Pentingnya Bayi Menggunakan Virgin Coconut Oil, Ini Alasannya

Baca juga: Cara Aman Pakai Minyak Kelapa (VCO) untuk Perawatan Rambut, Lakukan Hal Ini!


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published