Ini yang Dialami Tubuh jika Sering Minum Oat Milk Setiap Hari

Ini yang Dialami Tubuh jika Sering Minum Oat Milk Setiap Hari

Produk susu nabati kini semakin digemari, salah satunya yaitu oat milk alias susu oat. Oat milk bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang alergi tertentu karena bebas kacang-kacangan, laktosa, dan kedelai.

Bahkan, kamu bisa membuat oat milk sendiri di rumah. Caranya rendam BRM GF Steel Cut Oats selama 4 jam, kemudian haluskan dengan blender dan saring dengan kain. Susu oat ini dapat bertahan 2 hari jika disimpan di dalam kulkas.

Dapat memberi asupan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, berikut beberapa hal yang dapat terjadi pada tubuh jika kamu minum oat milk setiap hari. 

  • Kebutuhan protein tercukupi
  • Susu oat mengandung protein lebih banyak ketimbang susu nabati lainnya, meski jumlahnya tetap lebih sedikit dari susu sapi.

    Dalam satu cangkir susu sapi mengandung sekitar 8 gram protein, sedangkan susu oat mengandung 3 gram protein dalam setiap cangkir.

    Untuk mencukupi kebutuhan protein harian, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan atau mengonsumsi telur rebus.

  • Sumber nutrisi bagi tubuh
  • Minum oat milk setiap hari akan memberi asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Biasanya, susu oat dalam kemasan sudah difortifikasi sebelum dipasarkan, yang artinya minuman ini sudah jadi lebih sehat.

    Oat sendiri mengandung vitamin B1, B9, magnesium, mangan, tembaga, fosfor, dan zinc. Selain itu terdapat pula beberapa vitamin dan mineral lainnya, meski dalam jumlah kecil.

    Sumber foto: Google

  • Bagus untuk diet
  • Oat milk mengandung banyak serat dan protein yang merupakan nutrisi utama untuk membantu menunda rasa lapar. Makanan yang kaya akan serat lebih mengenyangkan sehingga dapat membantu mengontrol nafsu makan. 

    Menurut Good To, kandungan kalori dalam oat milk tanpa pemanis yaitu setengah dari susu sapi, lebih sedikit gula, dan kurang dari seperempat jumlah lemaknya.

    Misalnya dalam susu skim mengandung 90 kalori per cangkir, sedangkan oat milk tanpa pemanis hanya 60 saja. 

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Baik dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti susu atau utuh, BRM GF Steel Cut Oats merupakan pilihan terbaik untuk pola hidup sehat. Oat mengandung beta glukan yang bagus untuk jantung. 

    Selain membantu mengontrol gula darah, beta glukan juga bisa membantu mencegah masalah kardiovaskular dengan cara menjaga dan menurunkan kadar kolesterol, serta mengontrol tekanan darah. 

    Beta glukan juga berperan dalam menjaga kesehatan usus. Usus sendiri berpengaruh besar terhadap berbagai fungsi kesehatan tubuh, termasuk jantung.

  • Menjaga kesehatan tulang
  • Oat milk biasanya juga diperkaya dengan nutrisi tambahan, seperti vitamin D dan kalsium. Kedua jenis nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. 

    Tulang kita terus beregenerasi dari waktu ke waktu, dari tulang yang telah rapuh berganti dengan tulang baru. Dengan begitu, kebutuhan kalsium harus tercukupi. Menurut American Bone Health, kalsium membantu memperkuat merangka kolagen yang dibentuk ketika tubuh membuat jaringan tulang.

    Namun, kasium tidak bisa bekerja sendiri, sehingga dibutuhkan vitamin D untuk membantu menyerap kalsium dalam tubuh. 

    Selain 5 manfaat susu oat di atas, masih banyak khasiat lain yang bisa kamu dapatkan dari minum oat milk setiap hari. 

    Tetapi, harga susu oat kemasan cenderung lebih mahal dibandingkan susu sapi atau susu kedelai, sehingga membuatnya sendiri bisa menjadi alternatif pilihan terbaik.

    Kamu bisa mengolah BRM GF Steel Cut Oats menjadi susu oat yang kaya nutrisi dan bebas pengawet. Untuk bahan-bahannya, kamu bisa mendapatkannya di Healthy Choice. 

     

    Baca juga: Resep Sederhana Untuk Membuat Sarapan atau Camilan Sehat dengan Rolled Oat Whole Grain

    Baca juga: Sekilas Mirip, Kenali Perbedaan Gandum dan Oat Beserta Manfaatnya untuk Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published