Jadi Sumber Utama Protein Nabati, Ini Fakta Gandum Utuh untuk Hidup Sehat

Jadi Sumber Utama Protein Nabati, Ini Fakta Gandum Utuh untuk Hidup Sehat

Siapa yang menjalankan pola hidup sehat? Pasti tidak asing bukan dengan rolled oat whole grain yang termasuk gandum utuh bukan? Sebagai salah satu sumber protein nabati, gandum termasuk keluarga rumput yang menghasilkan buah kering berbiji satu alias kernel. Gandum adalah tanaman dari sungai Tigris dan Efrat (dekat Irak) dan memiliki lebih dari 30.000 varietas.

Awalnya, salah satu bahan menu makan sehat ini dikonsumsi mentah. Namun seiring berkembangnya teknologi, orang-orang mulai menggiling biji gandum untuk dijadikan tepung. Hingga akhirnya menjadi makanan dan bahan pembuatan roti. Lalu apa saja fakta unik gandum? Berikut ini ringkasannya.

  1. Gandum baru siap dipanen jika sudah berwarna keemasan dan benar-benar kering.
  2. Satu pon gandum bisa mengandung 17.000 kernel atau biji. Bahkan dari satu hektar gandum dapat menghasilkan kernel yang bisa memproduksi 1.500 roti.
  3. Selain tinggi protein, gandum juga mengandung vitamin B kompleks dan mineral seperti mangan, magnesium, zinc, dan zat besi.
  4. Secara umum, gandum digunakan sebagai bahan dasar pembuatan roti, kue, pasta, minuman, dan sereal.
  5. Satu gantang gandum memiliki berat sekitar 60 pon dan diperkirakan mempunyai satu juta biji.
  6. Gandum dikenalkan pertama kali oleh penjajah Inggris, kemudian menjadi tanaman komersial utama untuk dijual ke kota, bahkan diekspor.
  7. Ada tiga spesies gandum paling penting, yaitu “Triticum aestivum” untuk pembuatan roti, “Triticum durum” untuk pembuatan pasta, dan “Triticum compactum” untuk pembuatan biskuit, pastry, kue, dan kerupuk.
  8. Menurut bukti arkeologi, gandum berasal dari Levant (berada di Timur Tengah) dan Turki.
  9. Biasanya, gandum membutuhkan 110-130 hari dari masa tanam hingga panen. Namun tergantung iklim, kondisi tanah, dan jenis benih.
  10. China, India, Amerika Serikat, dan Rusia adalah negara-negara penghasil gandum terbesar di dunia.

Nah, sebagai salah satu tanaman penting yang mulai ditanam pada musim dingin dan semi, durasi waktu setiap pertumbuhan gandum pun tergantung dari suhu, varietas, lama hari, dan tanggal penaburan benihnya.

Manfaat Gandum Utuh bagi Kesehatan

hidup sehat

Sumber foto: Google

Karena mengandung banyak nutrisi, gandum pun sering dimasukkan ke dalam tips hidup sehat sebagai makanan pokok sehari-hari. Dalam 100 gram gandum utuh mengandung sekitar 340 kalori dan sejumlah nutrisi berikut ini:

  • 72 gram (gr) karbohidrat
  • 13 gr protein
  • 10,7 gr serat
  • 2,5 gr lemak
  • 0,4 gr gula

Bukan itu saja, gandum utuh termasuk rolled oat whole grain juga kaya akan vitamin dan mineral seperti, fosfor, selenium, mangan, dan tembaga. Gandum utuh juga tinggi kandungan antioksidan serta senyawa aktif seperti polifenol, stanol, sterol, dan asam fitat.

Berkat kandungannya itu, beberapa manfaat berikut ini bisa didapatkan jika mengonsumsi gandum utuh secara rutin.

  • Mengatasi dan mencegah sembelit
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan membantu menyingkirkan bakteri jahat di dalam usus
  • Mengurangi risiko penyakit kronis, seperti stroke, jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2
  • Mengurangi peradangan
  • Menurunkan risiko kanker usus besar
  • Membantu merasa kenyang lebih lama sehingga bagus untuk program diet

Itulah beberapa informasi penting yang perlu kamu tahu tentang gandum utuh. Agar manfaat di atas bisa kamu dapatkan, mulai sekarang yuk terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi gandum, seperti rolled oat whole grain.

Apalagi, bahan menu makan sehat satu ini bisa dibeli dengan mudah secara online lewat Healthy Choice. Ingin tahu bahan makanan sehat apa saja yang bisa dibeli? Langsung klik di sini.

 

Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

Baca juga: Sekilas Mirip, Kenali Perbedaan Gandum dan Oat Beserta Manfaatnya untuk Hidup Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published