Kaya Protein, Ini Alasan Pentingnya Konsumsi Gandum Utuh Secara Rutin untuk Hidup Sehat

hidup sehat

Hingga kini, mayoritas orang Indonesia masih menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Bukan tanpa sebab, nasi memiliki tekstur pulen, rasanya enak, dan cukup mengenyangkan. Apalagi kalau disantap ketika hangat, lauk apapun rasanya bertambah dua kali lipat.

Namun, ada pilihan sumber karbohidrat lainnya yang memiliki lebih banyak manfaat kesehatan. Salah satu yang harus kamu coba adalah rolled oat whole grain atau gandum utuh. Meski belum populer, berikut ini alasan kenapa kamu harus menjadikan gandum utuh sebagai menu makan sehat harian.

  • Sumber Karbohidrat Kompleks
  • Berfungsi sebagai sumber energi utama, karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Seperti namanya, struktur karbohidrat kompleks lebih rumit sehingga proses pencernaannya lebih lama. Sementara itu, karbohidrat sederhana memiliki rantai molekul yang lebih pendek sehingga mudah dicerna.

    Karena karakteristiknya itulah, karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang lebih lama dan tidak memicu lonjakan gula darah sehingga cenderung lebih aman bagi pengidap diabetes. Kabar baiknya, rolled oat whole grain sangat baik bagi tubuh karena mengandung karbohidrat kompleks.

  • Kaya Akan Protein
  • Bukan hanya karbohidrat, gandum utuh juga tinggi protein. Dalam 100 gram amaranth grain, yaitu salah satu jenis gandum utuh memiliki kandungan 14,45 gram protein. Sedangkan setiap 100 gram nasi putih hanya mengandung 2,4 gram protein.

    Protein sendiri adalah zat gizi yang dibutuhkan untuk memproduksi enzim, hormon, meningkatkan kekebalan, dan memelihara serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Karena tidak dapat diproduksi oleh tubuh, protein bersifat esensial sehingga harus dipenuhi lewat asupan makanan.

    Karena itulah banyak tips hidup sehat yang lebih menyarankan gandum utuh untuk dijadikan sebagai makanan pokok harian ketimbang nasi putih.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Usus
  • Usus adalah rumah bagi triliunan mikroorganisme, termasuk bakteri dan virus. Jangan dulu kaget, sebab merekalah yang membantu proses pencernaan dan mendukung kesehatan. Namun jika rasio atau perbandingan mikroorganisme tersebut berubah, maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

    Memenuhi kebutuhan serat bisa membantu mempertahankan dan mendorong keanekaragaman jenis mikroorganisme di usus. Menurut penjelasan Asosiasi Psikologi Amerika Serikat (APA), ini mampu mengurangi risiko berbagai penyakit, mengontrol berat badan, hingga memperbaiki mood. Selain buah dan sayuran, serat juga bisa didapatkan dari rolled oat whole grain.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Sumber Zat Besi Nabati
  • Meski tidak sebanyak makanan hewani, namun gandum utuh bisa menjadi alternatif sumber zat besi bagi kelompok vegan atau vegetarian. Beberapa jenis gandum utuh, misalnya 100 gram millet mampu mencukupi kebutuhan zat besi hingga 21%

    Penyerapan zat besi dari makanan nabati memang cukup rendah dibanding makanan hewani. Namun, penyerapannya dapat ditingkatkan jika dikonsumsi bersama vitamin C.

  • Mengurangi Risiko Berbagai Penyakit
  • Berkat kandungan antioksidan dan seratnya yang tinggi, mengonsumsi rolled oat whole grain diketahui dapat menurunkan risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus tipe 2, hingga kanker.

    Serat berperan untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah penyerapan kolesterol di usus. Sedangkan antioksidan mampu menghalau radikal bebas yang memicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

    Agar manfaat kesehatan di atas bisa kamu dapatkan secara optimal, jangan lupa terapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari.

    Ingin hidup sehat? Yuk mulai ganti nasi putih dengan gandum utuh sebagai menu makan sehat harian. Kini kamu bisa belanja aneka bahan makanan sehat berkualitas dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Di sini juga tersedia rolled oat whole grain, lho! Yuk belanja dulu di Healthy Choice!

     

    Baca juga: Deretan Jenis Gandum Penuh Gizi yang Bermanfaat untuk Pola Hidup Sehat

    Baca juga: Punya Segudang Manfaat, Kenali Jenis Jahe untuk Hidup Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published