Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet

Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet

Di media sosial sedang tren racikan air chia seed yang diklaim efektif untuk menurunkan berat badan jika dikonsumsi pada pagi hari. Bagaimana cara membuatnya dan apakah benar-benar efektif?

Sejak lama biji chia atau chia seed dikenal sebagai salah satu superfood. Hal ini karena nilai gizinya yang disebut sangat lengkap, termasuk untuk diet.

Biji chia bahkan menjadi menu harian bagi banyak pelaku diet. Biasanya, biji chia dikonsumsi dengan cara mencampurkannya ke dalam jus, topping smoothies atau dijadikan puding.

Biji chia sendiri berasal dari tanaman Salvia hispanica yang banyak tumbuh di Amerika Selatan dan Meksiko. Nutrisi di dalam chia seed di antaranya yaitu serat, air, karbohidrat, protein, asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6.

Tidak ketinggalan vitamin dan mineral di dalamnya seperti kalsium, selenium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, vitamin A dan B.

Cara Membuat Air Chia Seed untuk Diet

Unggahan soal air chia seed banyak dibagikan oleh content creator di media sosial. Mereka menyebut air ini dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Caranya yaitu dengan meminumnya pada pagi hari, sekitar 30 menit sebelum sarapan.

Salah satu content creator di Instagram bahkan menyebut ukuran biji chia akan membesar di dalam perut dan berubah tekstur menjadi gel kental.

Membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan satu sendok makan biji chia ke dalam segelas air. Agar terasa lebih enak dan tidak tawar, kamu boleh menambahkan sepotong lemon. Biarkan rendaman tersebut hingga beberapa menit.

Lalu minum air chia seed. Rasa kenyang diberikan itulah yang dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.

Chia Seed Tinggi Serat Namun Rendah Kalori

Terlepas dari tren saat ini, mengkonsumsi biji chia sendiri memang menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Dalam kaitannya untuk diet, biji-bijian satu ini memiliki jumlah kalori yang sangat sedikit.

chia seed

Sumber foto: Google

Menurut Healthline, dalam dua sendok makan atau sekitar 28 gram chia seed menyimpan 137 kalori. Namun dengan jumlah kalori yang minim ini, biji chia tinggi akan berbagai zat gizi. Dalam satu sajian chia seed memiliki kandungan 11 gram serat, 9 gram lemak, kalsium, mangan, magnesium dan fosfor, serta 4 gram protein.

Karena tinggi serat, asupan sehat ini pun sangat bagus untuk diet. Dengan asupan serat yang cukup dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga dapat menjadi makanan bagi bakteri baik yang terdapat di usus sehingga bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Manfaat Mengkonsumsi Biji Chia

Manfaat mengkonsumsi biji chia seed bagi kesehatan sangatlah banyak. Salah satunya yakni mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini karena tingginya kandungan protein, serat dan omega-3. Jenis biji-bijian ini juga bagus untuk penderita hipertensi karena mampu menurunkan tekanan darah, yang diketahui adalah salah satu penyebab penyakit jantung.

Konsumsi chia seed juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian menunjukkan bahwa chia seed dapat mendorong sensitivitas insulin serta kontrol gula darah. Sehingga gula darah tetap stabil setelah makan.

Itulah beberapa kandungan nutrisi hingga bagaimana cara mengonsumsi dan kapan waktu yang tepat makan chia seed untuk diet. Kalau kamu bingung mau beli dimana, langsung saja beli chia seed organik di Healthy Choice. Semakin mudah karena bisa dibeli online dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia.

 

Baca juga: Dipercaya Dapat Mempercantik Kulit, Ini Fakta Cuka Apel

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan