5 Langkah Menerapkan Pola Hidup Sehat Pasca Melahirkan

pola hidup sehat

Perempuan yang baru saja melewati proses persalinan, tentu sangat perlu beralih ke pola hidup yang lebih sehat. Ini untuk membantu mengurangi risiko penyakit maupun komplikasi pasca melahirkan.

Terutama untuk ibu menyusui, langkah-langkah ini juga merupakan bentuk perawatan diri dan mengembalikan keseimbangan tubuh. Oleh karena itu, ketahui lima hal yang harus dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat pasca melahirkan. Berikut rangkumannya:

  • Makan Sayur dan Buah Setiap Hari
  • Mengkonsumsi banyak makanan yang diolah dengan cara digoreng disebut berisiko tinggi terhadap penyakit jantung dan stroke. Menurut Medicalnewstoday, wanita yang menyusui secara eksklusif disarankan makan tiga cangkir sayuran dalam sehari. Sayuran sendiri mengandung banyak vitamin dan antioksidan.

    Mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup tentu membantu tubuh mengembalikan nutrisi yang dibutuhkan untuk ASI. Jadi, kamu harus bisa bijak dalam memilih makanan. Pertimbangkan untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Selain itu, mulai ganti biji-bijian olahan dengan yang utuh.

  • Dapatkan Cukup Air
  • Untuk memastikan produksi ASI tidak terganggu, kamu harus memperbanyak minum air putih. Setelah melahirkan, sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Melansir Verywellfamily, saat menyusui bukan hanya diri sendiri saja yang harus terhidrasi, tetapi juga si kecil. Hal ini dikarenakan ASI terdiri dari 90% air.

    Selama masa menyusui, kamu membutuhkan sekitar 16 air setiap hari. Salah satu cara untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan yaitu dengan minum segelas air setiap kali menyusui.

    pola hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Hindari Stress
  • Kurang tidur, si kecil rewel dan banyak kebutuhan rumah yang harus diurus? Stress memang tidak bisa lepas dari berbagai macam situasi. Meski tidak bisa dicegah, tapi ibu menyusui harus membuat pilihan positif.

    Cobalah tingkatkan rasa harga diri, kesejahteraan dan kebahagiaan selama periode ini. Saat kamu merasa suasana hati mulai berubah, mulailah prioritaskan perawatan diri. Seperti dengan melakukan meditasi atau menikmati lingkungan sekitar agar membantu meredakan stress. Atau bisa juga ajak pasangan untuk berbicara dan berbagi apa yang kamu rasakan.

  • Olahraga di Bawah Matahari Pagi
  • Secara fisik, rutin berolahraga bisa menjadi pilihan pola hidup sehat pasca melahirkan. Dengan melakukan olahraga di bawah sinar matahari pagi, ini akan meningkatkan energi harian kamu. Termasuk meningkatkan kesehatan mental dan kekuatan fisik.

    Kamu bisa jalan-jalan pagi, bersepeda atau mengikuti kelas yoga online. Terus lakukan aktivitas ini secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari.

  • Jangan Lupa Istirahat yang Cukup
  • Setelah melahirkan, kamu merasa kurang tidur karena harus menyusui saat malam hari? Padahal kurang tidur pada malam hari berisiko terhadap gangguan fisik maupun emosional. Sebab itu, atur waktu istirahat yang cukup untuk mewujudkan pola hidup sehat pasca melahirkan sekaligus membantu produksi ASI.

    Menurut Mott Children's, saat mulai menyusui kamu mungkin tidak akan memiliki jadwal yang normal. Namun kamu bisa tidur siang dan menemukan waktu istirahat meskipun singkat dalam sehari. Saat menyusui, coba rencanakan rutinitas termasuk waktu istirahat.

    Karena harus menyusui, asupan makanan yang bergizi tentu sangat dibutuhkan. Karena makanan tersebut akan menjadi asupan ASI bagi si kecil. Nah, untuk mendapatkan berbagai bahan makanan bergizi, organik dan berkualitas, kamu bisa membelinya Healthy Choice, dimana menyediakan aneka snack dan makanan sehat lainnya yang menunjang gaya hidup kamu.

     

    Baca juga: Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

    Baca juga: Cemilan Ibu Hamil Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Janin


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan