Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

Mungkin masih banyak orang Indonesia yang belum tahu tentang sorgum alias cantel. Padahal, bahan pangan satu ini bisa menjadi pengganti nasi, lho! Sorgum mengandung nilai gizi yang tidak kalah tinggi daripada sumber karbohidrat lainnya.

Jika mengkonsumsinya secara rutin, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Lalu, apa saja ya kandungan nutrisi sorgum?

Apa Itu Sorgum yang Katanya Bisa Menjadi Pengganti Nasi?

sorgum

Sumber foto: Google

Sorgum merupakan tanaman yang bijinya bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan, pakan ternak hingga biodiesel. Tanaman yang satu ini berasal dari Afrika, namun saat ini banyak juga dibudidayakan di Indonesia.

Bentuk biji sorgum mirip dengan jagung, tapi ukurannya lebih kecil. Sebagai makanan, sorgum atau cantel ini bisa diolah menjadi roti, bubur, sereal, kue, bubur atau sirup.

Bahkan, ada juga yang menjadikannya sebagai makanan pokok untuk diet karena kaya akan serat. Selain itu, cantel juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak ditemukan di sumber karbohidrat lain.

Kandungan Nutrisi Sorgum

Kandungan utama sorgum yaitu karbohidrat, serat, mikronutrien, protein dan lemak. Mikronutrien sendiri tersusun dari mineral, vitamin dan antioksidan yang menjadikan sorgum tinggi nutrisi. Menurut Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram sorgum mengandung komposisi nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 366 Kal
  • Protein: 11 gram
  • Karbohidrat: 73 gram
  • Lemak 3.3 gram
  • Serat 1.2 gram
  • Vitamin B1 atau tiamin: 0.09 miligram
  • Vitamin B2 atau riboflavin: 0.14 miligram
  • Niasin 2.8 miligram
  • Besi 4.4 miligram
  • Fosfor 387 miligram
  • Kalium 249 miligram

Sebagian besar manfaat sorgum untuk kesehatan berasal dari mineral, vitamin B dan kandungan antioksidan seperti tanin, flavonoid dan asam fenolat.

Cantel juga mengandung zat lipid yaitu policosanol yang bisa menekan sintesis kolesterol di dalam tubuh. Oleh sebab itu, sorgum bermanfaat untuk menjaga kolesterol tidak cepat naik.

Meskipun menjadi pengganti nasi, sorgum mengandung protein yang cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan harian.

Secara umum, nutrisi di dalam sorgum setara dengan gandum dan jenis biji-bijian lainnya yang tinggi serat.

Uniknya, berbeda dengan kebanyakan biji-bijian, sorgum tidak memiliki kandungan gluten. Nah, hal inilah yang menjadi kabar baik bagi pengidap alergi gluten.


Cara mengolah Sorgum

Sama seperti gandum, granola, quinoa atau biji-bijian lain, kamu bisa mengolah sorgum menjadi aneka makanan.

Proses mengolah sorgum juga relatif mudah karena kamu bisa langsung membelinya dalam bentuk mentah untuk dijadikan berbagai masakan. Berikut beberapa variasi sorgum atau cantel yang bisa kamu gunakan untuk memasak:

  1. Biji sorgum sebagai pengganti nasi dan bisa dikonsumsi bersama sayuran maupun daging.
  2. Tepung sorgum sebagai pengganti tepung terigu untuk membuat roti, kue atau puding.
  3. Menjadikan biji sorgum sebagai popcorn pengganti biji jagung.
  4. Campurkan sorgum dengan susu dan buah untuk dinikmati sebagai sarapan seperti sereal.
  5. Sirup sorgum sebagai pengganti gula untuk dijadikan pemanis makanan maupun minuman.

Tapi sebelum mengkonsumsinya kamu perlu mewaspadai risiko alergi. Sebab, sorgum termasuk rumput-rumputan yang mengandung polen. Jadi, kalau kamu punya alergi terhadap polen sebaiknya hindari saja ya.

Nah, bagi yang tertarik menjadikan cantel sebagai bahan makanan sehari-hari, kamu bisa membelinya di Healthy Choice. Di sini tersedia berbagai jenis produk dari sorgum. Mulai dari biji sorgum, tepung hingga kecap yang cocok untuk menunjang gaya hidup sehat.


Meta Deskripsi: Kandungan nutrisi sorgum yang kompleks membuatnya cocok dijadikan pengganti nasi dengan kandungan utama berupa karbohidrat,  serat, mikronutrien, protein dan lemak.

 

Baca juga: Rekomendasi Menu Diet Sehat dari Olahan Gula Aren

Baca juga: Sering Dikonsumsi Setiap Hari, Ini Cemilan yang Bikin Gemuk dan Gagal Diet


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published