Manfaat Minyak Kelapa Sebagai Obat Infeksi Jamur Kulit, Ini Menurut Dokter!

Manfaat Minyak Kelapa Sebagai Obat Infeksi Jamur Kulit, Ini Menurut Dokter!

Menurut ilmu kedokteran, infeksi jamur bisa disebabkan oleh Candida albicans yang berkembang dan menyebabkan gangguan kesehatan. Infeksi jamur umumnya hidup di usus manusia dan hewan sebagai bagian dari mikrobiome, sehingga mengganggu kekebalan tubuh manusia.


Benarkah Virgin Coconut Oil Bisa Mengobati Infeksi Jamur?

Sumber foto: Google

Infeksi jamur tidak bisa dianggap sepele, pasalnya hal ini bisa memicu berbagai penyakit yang dapat menyerang akibat kekebalan tubuh yang melemah. Namun, meski demikian penelitian terbaru mengungkapkan bahwa minyak kelapa murni atau VCO cukup efektif mengobati infeksi jamur. 


Professor Kumamoto, Phd, dari Tufts University di Massachusetts yang melakukan penelitian menyebutkan bahwa obat jamur banyak diproduksi, namun menggunakan minyak kelapa murni jauh lebih aman dan efektif.


Hal ini disebabkan sifat anti jamur yang dimiliki oleh minyak kelapa yang tinggi sehingga mampu membasmi infeksi jamur dalam tubuh. Dilansir dari laman Medical News Today, adanya perubahan intensitas dan jenis lemak pada minyak kelapa yang membuat mikroba di saluran cerna berubah. Penelitian yang dilakukan menggunakan tikus sebagai percobaan menunjukkan hasil yang menggembirakan untuk tikus yang diberi makanan campuran minyak kelapa selama sebulan lebih. 


Jumlah jamur candida albicans di dalam usus mereka jauh lebih rendah dari  pada tikus yang mengonsumsi daging, minyak kedelai, dan makanan standar lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa infeksi jamur mudah diatasi dengan konsumsi minyak kelapa.


Cara Mengatasi Infeksi Kulit Akibat Jamur Menggunakan Minyak Kelapa

Semua bahan alami tidak harus dikonsumsi atau ditelan untuk mendapatkan manfaatnya. Sama halnya dengan minyak kelapa atau VCO yang dapat mengatasi infeksi kulit akibat jamur. Terutama infeksi yang terjadi pada permukaan kulit, maka minyak kelapa bisa langsung dioleskan pada area yang terkena. Guna mendapatkan manfaatnya, anda bisa menggunakannya secara rutin hingga gejala mereda dengan sendirinya. Berbeda pemakaian jika infeksi terjadi dalam mulut. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:


  • Panaskan minyak kelapa
  • Diamkan hingga suhu hangat
  • Masukkan ke dalam mulut, diamkan selama 30 detik
  • Buang minyak kelapa, dan jangan konsumsi apapun dalam waktu setengah jam setelah penggunaan.

Berbeda halnya dengan orang yang terkena infeksi jamur pada bagian sensitif seperti vagina, maka bisa langsung oleskan minyak kelapa di area kulit vagina secara rutin selama 4-5 hari. Cara berikutnya anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada tampon, dan masukkan ke dalam vagina hingga mencapai mulut rahim. Sebelum melakukan langkah kedua, anda bisa mendiskusikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya.


Nah, itulah beberapa manfaat VCO atau minyak kelapa yang diyakini para ahli dan dokter bisa mengobati infeksi jamur, baik dari dalam maupun luar. Jika anda membutuhkan minyak kelapa untuk kebutuhan kesehatan sehari-hari, kunjungi healthy choice, atau klik di sini untuk berbelanja berbagai produk makanan kesehatan.

 

Baca juga: Mengenal Perbedaan Minyak Kelapa dan VCO. Benarkah Berbeda?

Baca juga: Minyak Kelapa VS Minyak Zaitun, Mana yang Bagus untuk Kesehatan?


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published