Membiasakan Pola Makan Sehat Pada Anak untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya

Membiasakan Pola Makan Sehat Pada Anak untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya

Anak-anak sering kali sulit saat disuruh makan, apalagi untuk mengonsumsi menu makanan sehat seperti sayur dan buah.

Kamu juga mengalaminya? Membiasakan anak dengan pola hidup sehat memang cukup sulit dan butuh usaha lebih keras. Biar lebih mudah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membiasakan anak dengan pola makan sehat. Langsung simak yuk!

  1. Jangan Langsung Larang Junk Food

Junk food memang sulit dihindari, orang dewasa pun pasti juga mengalaminya. Tapi, akan lebih baik kalau menguranginya sedikit demi sedikit. Dengan langsung melarang anak makan junk food justru akan mengakibatkan efek buruk. Saat makanan tersebut tersedia di luar rumah, anak sudah pasti akan memakannya meski dalam keadaan kenyang. Hal ini malah mendorong kebiasaan makan berlebih.

  1. Ajari Anak Pintar Memilih Jajanan di Sekolah

Beri tahu makanan yang baik dikonsumsi dan mana yang berdampak buruk. Agar lebih aman, sebaiknya bawakan mereka camilan atau bekal menu makanan sehat dari rumah.

  1. Jangan Beli Makanan Tidak Sehat dalam Jumlah Banyak

Saat kamu membeli makanan ringan di supermarket, lebih baik pilih yang kemasannya kecil. Hindari snack dalam kemasan ekstra besar karena akan mendorong anak untuk tergoda mengonsumsi banyak camilan.

  1. Peringatkan Tentang Minuman Berkalori

Kandungan gula berlebih dalam minuman berkalori memang tidak sehat, jadi ingatkan anak untuk tidak mengonsumsinya terlalu sering. Kalau kamu ingin membiasakan anak sejak dini, beri ia susu murni dengan cukup air supaya tidak terbiasa dengan jus yang mengandung gula atau susu coklat. Kalau ingin memberi si kecil jus, berikan yang 100% buah dengan cukup air tanpa tambahan pemanis.

  1. Sediakan Sayur dan Buah saat Makan Malam

pola makan sehat

Sumber foto: Google

Sayur dan buah wajib ada dalam pola makan sehat, jadi pastikan selalu ada di meja makan ya. Saat memasak ajaklah si kecil untuk mempersiapkan makanan dan biarkan ia memilih sendiri sayur atau buah apa yang ingin dimasukkan ke dalam menu.

  1. Beri Contoh yang Baik

Anak merupakan peniru ulung, apalagi saat berada di masa keemasan. Maka beri si kecil contoh yang baik dengan menerapkan hidup sehat, seperti makan sayur dan buah kapanpun saat bersamanya.

  1. Mulailah dengan Porsi Kecil

Pakailah piring, mangkuk, atau wadah kecil. Saat anak berusia 3-5 tahun, kamu bisa membiasakannya untuk mengambil makanan sendiri. Kemudian bantu ia mengetahui berapa banyak porsi makanan yang dia butuhkan. Ajarkan anak untuk mengambil satu porsi makan dan kembali ambil porsi kedua jika masih lapar.

  1. Bantu Anak Mengetahui saat Sudah Cukup Makan

Jangan paksa si kecil untuk menghabiskan makanannya di piring. Biarkan ia berhenti saat sudah merasa kenyang dan makanan sisanya bisa diteruskan saat anak merasa lapar lagi.

  1. Tetapkan Jadwal Makan dan Ngemil

Memiliki jadwal untuk makan dan ngemil yang teratur akan mencegah anak merasa lapar di antara waktu makan besar. Dengan begitu akan mencegahnya makan berlebih saat waktu makan. Tapi jangan paksa anak untuk makan meski waktu makan tiba. Kamu bisa memberinya camilan sehat seperti buah.

  1. Jangan Berhenti Mencoba

Jangan paksa anak untuk menyukai makanan yang itu-itu saja. Biarkan ia mencoba jenis sayur atau buah lain. Kemudian, kamu bisa mengolahnya menjadi menu makanan sehat dengan berbagai variasi.

Itu dia beberapa tips untuk membiasakan anak dengan pola makan sehat. Ingin memulai hidup sehat? Cek website Healthy Choice untuk mendapatkan referensi bahan pangan sehat. Di sini juga tersedia bahan pangan organik lho!

 

Baca juga: Tips Sehat Memulai Pola Makan Bebas Gluten (Gluten-Free)

Baca juga: Tips Mencegah Penyakit Jantung Koroner dengan Pola Hidup Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published