Mengenal Superfood! Ini Daftar Makanan Sehat yang Termasuk Superfood

makanan sehat

Kamu mungkin pernah mendengar berita, melihat tren menu makanan sehat baru, atau iklan yang menyebutkan manfaat kesehatan dan beberapa makanan tertentu, yang masuk dalam sebuah kategori khusus bernama superfood. Mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga memperlambat penuaan, ada begitu banyak informasi yang dapat membuat bingung.

Jadi, apakah superfood benar-benar ampuh untuk membantu menjaga kesehatan tubuh?

Apa Itu Superfood?

Superfood merupakan kelompok makanan yang diklaim padat nutrisi, sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, tidak ada kriteria atau daftar khusus yang disetujui dari makanan tertentu untuk menentukan apa yang termasuk superfood.

7 Superfood yang Harus Kamu Coba

makanan sehat

Sumber foto: Google

Menu makanan sehat terbaik adalah dengan menambahkan beberapa superfood. Banyak makanan super memiliki kandungan fitonutrien yang membantu menjaga kesehatan tubuh secara umum berkat kemampuan anti-peradangan dan antioksidannya.

Untuk benar-benar mendukung kekebalan tubuh, coba deh masukkan beberapa makanan super ini ke dalam menu diet maupun makanan diet sehat kamu.

  1. Brokoli

Brokoli tinggi akan kandungan magnesium dan vitamin C, yang dapat membantu mengatasi infeksi dan virus serta diklaim sebagai salah satu pemacu imunitas paling kuat. Vitamin C mendorong produksi interferon, antibodi yang menghalangi virus dan infeksi agar tidak masuk ke dalam inti sel.

  1. Kale

Sayuran berdaun hijau tua ini kaya akan serat dan mengandung vitamin serta mineral. Vitamin A dan C yang terdapat di dalam kale sangat bagus untuk kulit untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lutein di dalamnya bermanfaat untuk rona kulit tubuh dan wajah, serta membantu mencerahkan bagian putih mata.

  1. Rumput Laut

Tumbuhan laut ini adalah sumber antioksidan, kalsium, dan yodium yang baik di antara nutrisi lainnya. Nori, kelp, dan wake termasuk produk rumput laut yang populer. Kalau kamu suka makan sushi yang dibungkus lembaran rumput laut, sekarang tambahkan ke dalam menu makanan sehat kamu.

  1. Quinoa

Inilah pengganti nasi yang sempurna untuk sarapan. Quinoa merupakan makanan dengan protein yang lengkap, artinya ia mengandung seluruh asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membentuk otot dan memperbaiki diri.

Selain itu, biji-bijian satu ini juga mengandung lemak sehat, asam amino bernama lisin, vitamin B6, niasin, tiamin, riboflavin, kalium, magnesium, asam folat, zinc, dan sedikit karbohidrat.

  1. Chia Seed

Kandungan omega 3 dalam chia seed ternyata lebih banyak dibanding salmon. Biji chia diklaim sebagai superfood yang ideal bagi atlet ketahanan fisik karena mampu mencegah dehidrasi.

Chia seed juga lebih diunggulkan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mengandung semua jenis asam amino penting. Ini membuatnya sebagai salah satu makanan super vegan terbaik untuk menggantikan protein hewani.

  1. Telur

Mitos kalau telur menyebabkan kolesterol tinggi ternyata salah besar, lho. Telur memiliki kandungan protein, termasuk mineral, vitamin, dan asam folat. Sebutir telur mengandung sepertiga dari kebutuhan harian vitamin K yang dianjurkan bagi wanita. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah telur dua-tiga porsi per minggu.

  1. Kiwi

Buah kiwi juga termasuk dalam daftar makanan super. Buah satu ini tinggi vitamin C dan antioksidan. Kiwi mendapatkan label sebagai superfood mungkin karena kandungan nutrisinya yang lebih luas dibanding beberapa buah-buahan lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kiwi mengandung serotonin, yang membantu meningkatkan kualitas tidur.

Itu dia daftar makanan super yang sebaiknya kamu tambahkan dalam menu makanan sehat kamu. Beberapa bahan makanan diet sehat, salah satunya chia seed bisa kamu dapatkan di Healthy Choice.

 

Baca juga: Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras

Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan