Kenali Berbagai Jenis Karbohidrat untuk Sumber Menu Makan Sehat

menu makan sehat

Kondisi kulit adalah cerminan dari setiap makanan yang kita konsumsi. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan mengonsumsi vitamin dan mineral yang terkandung dalam makanan untuk kesehatan kulit. Apa saja vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit agar tetap sehat serta tampak awet muda?

Jenis Vitamin yang Dibutuhkan oleh Kulit

Faktanya, kulit membutuhkan beberapa jenis vitamin untuk menjaganya tetap sehat dan cerah. Berikut adalah jenis vitamin yang harus kamu penuhi agar kulit tetap sehat.

  1. Vitamin E

Manfaat vitamin E yang utama adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Vitamin ini juga dapat membantu mengatasi kulit kering dan kasar, menjaga kelembutan kulit, dan mencegah kerutan.

Kamu bisa mendapatkan asupannya dari bayam, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan biji bunga matahari (kuaci). Vitamin E juga banyak dijumpai di dalam produk perawatan kecantikan, hingga multivitamin atau suplemen.

  1. Vitamin A

Vitamin A banyak dikenal untuk menjaga kesehatan mata. Tetapi, vitamin A ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa vitamin jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya:

  • Memperbaiki dan memelihara jaringan kulit
  • Mengurangi kerutan
  • Mengatasi kulit wajah yang kusam
  • Menghaluskan kulit
  • Membantu mengendalikan masalah jerawat

Vitamin A bisa ditemukan dalam wortel, ubi jalar, dan sayuran berdaun hijau tua.

  1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks dapat ditemukan pada beras organik, oatmeal, telur, dan pisang. Vitamin ini mengandung biotin yang merupakan senyawa pembentuk kulit, kuku, dan sel rambut.

Vitamin B3 alias niacinamide umum digunakan untuk mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan dan perubahan warna kulit. Sedangkan vitamin B5 alias asam pantotenat membantu mengatasi penuaan kulit dan jerawat.

  1. Vitamin C

Vitamin C juga sering disebut sebagai antioksidan. Yap, vitamin C bukan hanya membantu kamu kebal dari serangan infeksi, tapi juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam tubuh, vitamin ini banyak dijumpai pada lapisan epidermis (lapisan kulit terluar) dan dermis (lapisan kulit dalam).

Vitamin C juga memiliki kandungan kolagen, yang berguna untuk meningkatkan kekenyalan serta kelembaban kulit. itulah alasan kenapa vitamin C sering kali menjadi bahan utama produk anti-aging.

Selain suplemen, vitamin C juga bisa didapatkan dari buah dan sayuran seperti stroberi, jeruk, paprika, kembang kol, dan sayuran hijau.

  1. Vitamin D

Bukan hanya dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi, vitamin D juga bisa memperbaiki kondisi kulit. Vitamin ini juga penting untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Peradangan sendiri bisa mengakibatkan iritasi hingga masalah jerawat dan eksim. Selain suplemen dan lotion, vitamin D alami bisa kamu dapatkan dari sinar matahari. Saat kulit menyerap sinar matahari, kolesterol di dalam tubuh akan diubah jadi vitamin D.

Kemudian, vitamin D akan diambil oleh ginjal dan hati lalu disebarkan ke seluruh tubuh untuk pembentukan sel-sel kulit yang sehat.

Makanan yang mengandung vitamin D di antaranya adalah susu, sereal, tuna, kuning telur, hati sapi, dan salmon.

  1. Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah, termasuk saat penyembuhan luka atau memar. Karena itu, vitamin K sering dijadikan solusi untuk beberapa kondisi yang terkait dengan bekas luka.

Selain itu, vitamin K juga dapat mengatasi jerawat, bintik hitam, lingkaran bawah mata, dan stretch mark. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin dari sayuran berdaun hijau tua, seperti sawi, bayam, dan brokoli.

Mineral untuk Kesehatan Kulit

menu makan sehat

Sumber foto: Google

Selain vitamin, mineral juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin dan mineral sering disamakan karena kerap disebut secara bersamaan. Namun keduanya merupakan zat yang berbeda dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini mineral yang bagus untuk kesehatan kulit.

  1. Zinc

Zinc membantu dinding sel tetap stabil, sehingga dapat membantu kulit lebih cepat pulih saat terjadi cedera. Selain itu, zinc juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Ini berkat perannya sebagai antioksidan di dalam tubuh.

Saat kekurangan zinc, kulit akan tampak mengalami ruam gatal seperti eksim. Selain itu, gejala lain yang mungkin dialami adalah diare, kuku tumbuh lebih lambat, kerontokan, hingga muncul lesi kulit pada bagian yang terkena gesekan atau tekanan berulang.

Sementara itu, makanan yang mengandung zinc adalah gandum, tiram, hati sapi, daging sapi, kacang tanah, kacang merah, dan biji wijen.

  1. Selenium

Selenium adalah mineral pembantu antioksidan tertentu yang melindungi kerusakan kulit akibat sinar UV. Antioksidan membantu menghalau radikal bebas yang dapat mengakibatkan kulit terlihat lebih tua. Bahkan, kekurangan selenium juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Asupan selenium bisa kamu dapatkan dari tiram, ikan tuna sirip kuning, ayam, telur, ikan sarden, biji bunga matahari, dan jamur shitake.

Itu dia jenis-jenis vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan makanan yang mengandung vitamin dan mineral di atas ke dalam menu makanan untuk kesehatan kulit kamu. Nah, dapatkan aneka bahan makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral tersebut di Healthy Choice ya.

 

Baca juga: Daftar Menu Makanan Sehat Buat Kamu yang Tidak Suka Sayuran

Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Booster ASI, Lebih Sehat dan Lancar Menyusui


Posting Lama Posting Baru

Tinggalkan komentar

Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan