Pola Hidup Sehat untuk Penderita Alergi

Pola Hidup Sehat untuk Penderita Alergi

Alergi merupakan sebuah reaksi yang cenderung negatif yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan yang menyebabkan alergi dapat membahayakan hidup seseorang karena gejalanya dapat menyebabkan sesak nafas dan reaksi negatif lainnya, hal ini menyebabkan seseorang perlu mengetahui kondisi tubuh dalam menyantap makanan.

Meskipun beberapa orang menunjukan reaksi negatif karena alergi terhadap suatu makanan, namun mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi tetap dibutuhkan tubuh, sehingga jangan luput memperhatikan kandungan makanan yang akan dikonsumsi.

Siapapun dapat menjalankan pola hidup sehat sekalipun yang memiliki alergi makanan tertentu. Sehingga memperhatikan semua nilai gizi yang terkandung dalam makanan. Dengan begitu, tubuh tetap sehat meskipun memiliki alergi.

Beberapa Tips Menjalankan Pola Hidup Sehat untuk Penderita Alergi Makanan

  • Mencari Tahu Alergi Apa yang Dimiliki

  • hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Untuk mengatasi kebutuhan nutrisi dengan baik, kamu perlu mengetahui apakah kondisi tubuh dapat menerima atau tidak makanan yang dapat menyebabkan reaksi negatif yang ditimbulkan terhadap tubuh.

    Terdapat beberapa jenis makanan yang rentan dapat memicu alergi. Makanan yang umumnya memicu alergi diantaranya adalah kacang, telur, susu, kedelai, kerang, ikan, udang dan makanan seafood lainnya.

    Diantaranya bahkan ada yang tidak dapat menerima makanan berbahan dasar gluten atau makanan yang mengandung gandum, tepung-tepungan, laktosa (ditemukan dalam susu dan produk olahan lainnya) dan MSG.

  • Bertanya Kepada Dokter dan Ahlinya

  • hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Jika kamu tidak menemukan penyebab atau alergi apa yang kamu alami, kamu dapat langsung menanyakan hal tersebut kepada ahlinya. Kamu juga dapat bertanya sebaiknya makanan apa yang dikonsumsi.

  • Memahami Kondisi Tubuh Terhadap Pola Hidup Sehat yang Dijalankan

  • hidup sehat
    Sumber foto: Canva.com

    Terdapat dua jenis pola hidup sehat yang cukup populer dijalankan, diantaranya adalah vegetarian dan vegan. Vegetarian adalah seseorang tidak memakan unggas, daging, hewan laut bahkan beberapa vegetarian ada yang tidak mengkonsumsi susu atau produk olahan. Catat kebutuhan makanan untuk vegetarian secara detail.

    Sedangkan vegan tidak memakan daging, hewan laut, unggas, dan produk olahan yang mengandung hewani termasuk produk susu dan telur. Diet keduanya memiliki aturan yang cukup ketat. 

    Sehingga kamu perlu mencari tahu beragam variasi makanan untuk dikonsumsi agar nutrisi tetap terpenuhi. Ada pun pilihan makanan yang dapat dikonsumsi seperti tahu dan tempe, kacang-kacangan, biji-bijian, dan legume, pilihlah kandungan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar terhindar dari alergi.


  • Menjalankan Pola Diet agar Terhindar dari Alergi atau Penyakit

  • Seseorang dengan penyakit tertentu seperti kolesterol, hipertensi, jantung dianjurkan untuk menghindari meminum mengandung gula, beberapa jenis daging yang sudah diproses, serta karbohidrat rafinasi atau kandungan karbohidrat secara berlebih yang menyebabkan kandungan nutrisi berkurang.

    Selain itu, penderita penyakit diabetes perlu menghindari beberapa jenis makanan yang berpotensi meningkatkan kadar insulinnya. Sebelum mengkonsumsi, pastikan kamu memahami setiap kandungan makanan agar alergi tidak datang kembali.

     

    Baca juga: Manfaat Beras Hitam untuk Kecantikan Kulit

    Baca juga: 5 Manfaat Penting Oatmeal untuk Sarapan Sehat


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published