Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Bantu Kecilkan Miom

Rekomendasi Makanan Sehat yang Bisa Bantu Kecilkan Miom

Bagi pengidap miom, selain rutin mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, kamu juga perlu makan makanan sehat. Beberapa makanan, seperti buah, sayur, dan kacang lentil terbukti dapat membantu mengecilkan ukuran miom.

Pilihan Makanan untuk Membantu Mengecilkan Miom

Sumber foto: Google

Miom merupakan sejenis tumor jinak yang terdapat di dalam organ reproduksi wanita seperti di indung telur atau rahim.

Meski tidak beresiko kanker, namun jenis tumor ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada wanita, termasuk nyeri ketika menstruasi.

Pada kebanyakan kasus, miom bisa hilang dengan sendirinya apabila hormon tubuh terjaga dan seimbang.

Nah, untuk membantu menyeimbangkannya, berikut beberapa pilihan makanan untuk mengecilkan miom yang boleh kamu coba. Apa saja?

  • Buah dan Sayur
  • Mengutip The Journal of Obstetrics and Gynaecology Research, sebuah penelitian di Nanjing, Cina, menyatakan bahwa diet dengan menambah asupan buah dan sayur efektif untuk mengurangi resiko mioma uteri.

    Ini karena buah dan sayur tinggi akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa memperburuk kondisi tumor.

  • Sayuran Persilangan
  • Sebetulnya semua jenis sayuran berdaun hijau baik untuk dikonsumsi penderita miom. Namun, jenis sayuran persilangan lebih dianjurkan.

    Contohnya brokoli, pokcoy, kubis, bayam, kale, kembang kol, dan lobak. Kamu bisa mengolah sayur-sayuran tersebut menjadi berbagai hidangan yang nikmat untuk disantap.

  • Buah yang Kaya Kalium
  • Menambahkan buah-buahan ke dalam menu makan harian memang dianjurkan untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

    Beberapa jenis buah yang dapat mengecilkan miom adalah yang tinggi kandungan kalium seperti pisang, tomat, lemon, alpukat, dan kurma.

  • Kacang Lentil
  • Lentil merupakan kacang-kacangan yang berasal dari biji tumbuhan seperti kacang merah, kacang polong, kacang hijau.

    Dilansir dari International Journal of Molecular Science, lentil memiliki kandungan polifenol dan zat anti inflamasi yang bisa mencegah pertumbuhan sel tumor hingga kanker.

    Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kacang lentil. Lentil memiliki cita rasa sedikit manis dan cocok diolah menjadi sup, kari, salad, atau dijadikan pengganti daging.

    Sumber foto: Google

  • Pasta atau Sereal dari Gandum Utuh
  • Untuk menghilangkan miom, kamu direkomendasikan mengonsumsi makanan yang bebas gluten dan rendah gula seperti pasta dan sereal dari gandum utuh.

    Mengutip The American Journal of Clinical Nutrition, penelitian terhadap 21.000 lebih wanita menopause membuktikan bahwa diet rendah gula ampuh untuk mengurangi risiko fibroid atau miom.

  • Teh Hijau
  • Menurut jurnal Dove Press, rutin mengonsumsi teh hijau bisa menurunkan gejala mioma uteri sekaligus mengecilkan ukurannya.

    Ini karena ekstrak teh hijau mengandung epigallocatechin gallate yang bisa dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengecilkan miom.

  • Susu Tinggi Kalsium
  • Susu mengandung kalsium, magnesium, juga fosfor. Selain baik untuk kesehatan tulang, zat-zat tersebut terbukti mampu membantu mengobati miom.

    Karena itulah, coba konsumsi susu tinggi kalsium secara rutin setiap hari demi kesehatan sekaligus untuk mengobati miom.

  • Makanan Kaya Vitamin D
  • Selain kalsium, penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Epidemiology menyatakan adanya keterkaitan antara vitamin D dengan penurunan resiko miom.

    Makanan tinggi vitamin D seperti bayam, kale, dan ikan salmon bisa kamu konsumsi untuk menurunkan ukuran miom.

    Itulah beberapa makanan sehat yang direkomendasikan bagi pengidap miom. Kamu bisa mendapatkan kacang lentil yang manfaat ini di Healthy Choice. Apalagi selain kaya nutrisi, lentil juga efektif untuk mengecilkan mioma uteri.


    Baca juga: 7 Kreasi Menu Sehat dari Lentil, Kacang Mungil yang Kaya Nutrisi

    Baca juga: Bisa Jadi Pengganti Daging, Daftar Makanan Sehat ini Kaya Protein


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published