Sudah Pernah Coba? 5 Tips Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Sistem Ekskresi

pola hidup sehat

Menjaga kesehatan sistem ekskresi adalah sebuah kewajiban sebagai bentuk menerapkan pola hidup sehat. Kini, masyarakat semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan sistem ekskresi.

Tapi, apa sih sistem ekskresi itu? Pola hidup seperti apa yang harus diterapkan untuk menjaganya tetap sehat? Berikut ini uraiannya.

Apa Itu Sistem Ekskresi?

Sistem ekskresi merupakan proses mengeluarkan zat sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Jika tidak dikeluarkan, zat sisa tersebut malah akan meracuni organ tubuh lainnya. Sistem pembuangan ini melibatkan empat organ, yaitu ginjal, hati, paru-paru, dan kulit.

Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi

  1. Ginjal

Organ vital satu ini berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk urin. Air seni sendiri mengandung beberapa jenis zat seperti air, garam mineral, dan urea.

Dalam sistem ekskresi, ginjal bekerja dengan menyaring darah dan zat sisa lainnya yang kemudian dikeluarkan sebagai urin. Tahap penyaringan darah pada ginjal meliputi filtrasi (penyaringan), reabsorpsi (penyerapan kembali), dan augmentasi (pengumpulan).

  1. Hati

Organ hati berada di rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Selain sistem ekskresi, hati juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan gula (glikogen), pembongkaran sel darah merah, penetral racun dan obat, dan sebagainya.

  1. Paru-paru

Paru-paru mengeluarkan uap air (H2O) dan karbondioksida (CO2) melalui proses bernapas. Artinya, paru-paru membuang uap air dan zat karbondioksida yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Kulit

Dalam sistem ekskresi, kulit berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa yang berupa keringat. Lapisan terluar tubuh ini juga berperan sebagai pelindung jaringan di bawahnya dari penyinaran, gesekan, dan lainnya. Kulit sendiri mempunyai tiga lapisan di antaranya epidermis, dermis, dan hipodermis atau subkutan.

Dari penjelasan tentang organ-organ dalam sistem ekskresi tersebut, bisa dibilang kalau keempat organ di atas harus dijaga kesehatannya. Hal ini berkaitan dengan fungsi organ tubuh lainnya.  

Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi

pola hidup sehat

Sumber foto: Google

Gaya hidup sehat memang berkaitan erat dengan kondisi organ tubuh. Inilah alasannya mengapa pola hidup sehat seringkali diterapkan untuk menjaga kondisi organ tubuh tetap berjalan optimal. Berikut ini pola hidup untuk membantu menjaga kesehatan sistem ekskresi:

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Untuk menjaga organ ginjal tetap sehat, maka kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi. Caranya, minum air setidaknya dua liter per hari. Selain ginjal, kebiasaan ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit lho.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Makan makanan yang tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan ginjal, hati, dan kulit. Sebisa mungkin konsumsi menu makan sehat yang berserat tinggi, seperti memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

  1. Jauhi Kebiasaan Merokok

Kebiasaan buruk satu ini harus dihindari jika ingin paru-paru tetap sehat. Sebab, merokok bisa merusak paru-paru yang dapat menurunkan kinerjanya.

  1. Lakukan Olahraga Secara Rutin

Dengan rutin berolahraga, kamu bisa mengontrol berat badan dan menurunkan tekanan darah. Kondisi ini tentu membantu memelihara kesehatan ginjal.

  1. Cukup Istirahat

Mencukupi kebutuhan istirahat juga tidak kalah pentingnya lho. Istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan berbagai organ tubuh. Waktu istirahat yang ideal yaitu tujuh hingga delapan jam per hari.

Itulah beberapa tips pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi tubuh. Ingin mengonsumsi menu makan sehat? Dapatkan aneka bahan makanannya di sini. Selain makanan tinggi serat, di Healthy Choice juga tersedia aneka bahan pangan organik yang lebih sehat untuk tubuh.

 

Baca juga: Pentingnya Pola Hidup Sehat Bagi Kamu yang Lagi Sibuk Kuliah

Baca juga: Tips Bepergian Aman dengan Pola Hidup Sehat Bagi Pengidap Diabetes


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published