Terbukti Secara Ilmiah, Benarkah Cuka Apel Bisa Obati Sariawan Anak

cuka apel

Kamu melihat ada ruam putih pada bagian dalam mulut si kecil? Kemungkinan dia mengalami sariawan. Sariawan merupakan infeksi yang dikarenakan oleh jamur candida. Kondisi tersebut dapat terjadi di mulut maupun bagian tubuh lainnya. Jika anak mengalami sariawan, cuka apel bisa menjadi salah satu pilihan aman untuk mengatasinya? Lalu, bagaimana caranya?

Untuk mengobati sariawan anak, ada tips sehat menggunakan cuka apel sebagai obat alami. Sebagai informasi, cuka sari apel bersifat antijamur yang mampu melawan candida. Kamu bisa mengoleskan cuka sari apel secara langsung ke bagian yang terinfeksi.

Benarkah Cuka Apel Ampuh untuk Mengobati Sariawan?

Secara ilmiah, cuka sari apel memang terbukti memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Cuka jenis ini juga efektif mengangkat sel kulit mati. Karena itulah, sariawan jadi lebih cepat disembuhkan setelah mencapai tahap keropeng. Sifat antiseptik di dalamnya juga berguna untuk mengurangi risiko infeksi sekunder yang sudah ada pada sariawan.

Untuk membuktikan keampuhan tips sehat obati sariawan anak secara alami ini, coba terapkan beberapa metode berikut:


Cuka Sari Apel dengan Air

  • Campurkan cuka sari apel dengan air
  • Rendamlah kapas ke dalam larutan tersebut dan oleskan pada area sariawan sebanyak 1-2 kali sekali hingga sembuh.
  • Hindari penggunaan cuka sari apel berkekuatan penuh, karena bisa menyebabkan iritasi pada area yang parah dan memicu jaringan parut.

Cuka Sari Apel dengan Madu

  • Campurkan cuka sari apel dengan madu hingga membentuk pasta
  • Oleskan campuran yang sudah membentuk pasta tersebut ke area sariawan sebanyak 1-2 kali sehari, diamkan sekitar 5-10 menit.
  • Oleskan menggunakan kapas atau kain yang lembut. Madu akan menempel pada korek, karena itulah tarik sebelum waktunya agar tidak terlalu sakit saat dilepaskan.

Cuka Sari Apel dengan Tea Tree Oil

cuka apel

Sumber foto: Google

Tea tree oil juga dapat membantu meredakan peradangan dan terbukti punya efek antivirus. Cara membuatnya yaitu:

  • Encerkan 5 tetes tea tree oil
  • Campurkan minyak yang telah diencerkan dengan cuka apel.
  • Gunakan tips sehat ini untuk mengobati sariawan anak. Oleskan 1-2 kali sehari menggunakan kapas dan tunggu sekitar lima menit.
  • Ulangi cara ini hingga sariawan benar-benar sembuh.

Jangan biarkan tea tree oil tertelan, karena bisa menjadi racun. Penting diketahui, tea tree oil dapat menyebabkan iritasi kulit, sehingga beberapa orang mungkin tidak cocok menggunakannya.

Meski mempunyai sifat basa, cuka sari apel juga bersifat asam. Untuk itulah, sebaiknya jangan gunakan cuka apel murni pada kulit maupun sariawan, terutama jika ada luka terbuka atau di area sensitif. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, perih, hingga luka bakar serius.

Umumnya, sariawan pada anak-anak yang sehat mudah diobati. Namun, jika gejalanya semakin buruk dan sulit diobati dengan tips sehat di atas, segeralah kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Selain dijadikan obat sariawan, kamu juga bisa memasukkan cuka sari apel ke dalam menu makan sehat harian untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ingat, jangan mengonsumsinya begitu saja, ya!

Agar bisa merasakan langsung khasiatnya, kamu bisa membeli cuka apel dengan kualitas terbaik di Healthy Choice. Selain praktis, belanja di sini juga bisa menjadi solusi praktis karena bisa membeli aneka bahan makanan sehat dari manapun. Tunggu apalagi? Yuk langsung klik di sini!

 

Baca juga: Gampang Banget! 8 Cara Olah Cuka Apel untuk Hair Care, Yuk Terapkan

Baca juga: Tak Hanya Meredakan Nyeri Saat Haid, Beragam Minyak Ini Juga Bisa Bikin Rileks untuk Hidup Sehat


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published