Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Menu Beras Merah

beras merah organik

Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi beras merah sebagai menu harian. Kandungan kalorinya yang rendah, tapi tinggi serat dan vitamin merupakan alasan kenapa beras merah baik untuk tubuh. Lalu bagaimana tips mengatur pola makan sehat dengan beras merah?

Tips Mengatur Pola Makan Sehat dengan Beras Merah

Mengganti nasi putih dengan beras merah memang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, tapi juga harus diimbangi dengan pola yang tepat serta rendah lemak. Berikut panduan pola makan sehat dengan nasi merah:

Sarapan

Kalau kamu sedang menjalani pola makan sehat atau bahkan berdiet, penting untuk tetap memastikan tubuh mendapat asupan nutrisi. Menu sarapan untuk kamu yang mengkonsumsi beras merah adalah 5 sendok nasi merah, sayuran hijau, seperti bayam atau brokoli dan segelas jus buah.

Makan Siang

Saat makan siang kamu boleh menyantap porsi makanan yang lebih banyak dari sarapan. Porsi nasi merah yang bisa kamu konsumsi saat makan siang yaitu satu centong. Sementara itu, untuk pilihan lauknya lebih baik yang rendah lemak tapi kaya akan gizi. Seperti telur, dada ayam atau ikan. Lengkapi pula menu makan siangmu dengan sayur dan buah.

Makan Malam

Disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat pada malam hari. Jadi, kamu cukup konsumsi setengah porsi nasi merah dan lauk, seperti sop sayur, salmon panggang dan tumis tahu.

Ide Makanan dari Beras Merah

beras merah organik
Sumber foto: Google
  • Nasi Goreng
  • Rasa nasi merah yang hambar bisa diakali dengan mengolahnya menjadi nasi goreng. Caranya pun mudah, tinggal siapkan nasi merah, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai keriting, gula, garam dan sedikit kecap.

    Kamu juga bisa menambahkan isian sesuai selera, seperti sawi hijau, wortel, bakso ikan atau ayam dan telur.

  • Bubur Ayam
  • Bosan dengan nasi goreng? Saatnya mengkreasikan beras merah menjadi bubur ayam yang nikmat. Caranya juga sangat mudah, campur nasi merah dengan air, garam dan daun salam, kemudian masak hingga menjadi bubur. Kalau ingin lebih cepat, kamu bisa menghaluskan nasi merah dengan blender sebelum memasaknya. Saat sudah matang, beri topping telur, ayam suwir dan taburi sedikit lada.

  • Nasi Bakar
  • Masakan satu ini juga tidak kalah enak. Nasi bakar berbumbu dengan isian lauk yang dibungkus dengan daun pisang ini bisa menjadi santapan akhir pekan bersama keluarga.

    Cara memasaknya yaitu, siapkan nasi merah yang telah dimasak bersama ayam suwir bumbu pedas. Lalu, bungkus dengan daun pisang serta tambahkan daun kemangi agar semakin beraroma. Kalau tidak ada bara api, kamu bisa membakarnya dengan teflon.

    Rasanya yang gurih dengan paduan aroma wangi daun kemangi meresap ke dalam nasi bakar tentu sangat menggugah selera. Selain ayam, kamu juga bisa menggunakan ikan cakalang, teri, cumi-cumi atau tongkol sebagai isian.

  • Nasi Tim
  • Makanan khas masyarakat peranakan Tionghoa ini berupa nasi dengan ayam bercita rasa manis gurih. Karena dimasak dengan cara dikukus, olahan dari beras merah satu ini tentu lebih sehat.

    Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan saja bahan-bahannya seperti daging ayam tanpa tulang, telur ayam dan jamur. Rebus semua bahan tersebut dan bumbui dengan bawang putih, sedikit kecap manis dan kecap asin.

    Lalu siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan 2-3 sendok makan yang telah dimasak sebelumnya dan timpa dengan nasi merah. Tutup mangkuk menggunakan aluminium foil dan kukus hingga matang.

    Itu dia tips mengatur pola makan sehat dengan beras merah. Kalau kamu ingin membeli beras merah organik dengan praktis, langsung saja ke Healthy Choice!

     

    Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Konsumsi Chia Seed untuk Diet

    Baca juga: 5 Sayuran yang Bagus untuk Diet dan Bikin Kulit Sehat


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan