Tips Mengawali Pola Makan Gluten Free

Tips Mengawali Pola Makan Gluten Free

Hal umum dan sering ditemukan pada orang dengan intoleran terhadap gluten adalah penyakit Celiac, yaitu reaksi negatif pada sistem pencernaan akibat mengkonsumsi gluten. Maka dari itu, diet gluten menjadi pola hidup yang harus dijalani oleh penderita penyakit celiac. 

Beberapa gejala yang dialami penderita celiac saat mengkonsumsi gluten diantaranya kram perut, kembung, sembelit, hingga anemia. Sebuah penelitian menemukan bentuk baru dari intoleran gluten, yaitu sensitivitas gluten non-celiac.

Umumnya sensitivitas gluten non-celiac hampir sama dengan gejala penyakit celiac. Namun,  mereka tidak mengalami gangguan pada usus setelah mengkonsumsi gluten. Gejala ini dapat terjadi karena pencernaan yang buruk. 

Beberapa Tips Mengawali Pola Makan Bebas Gluten

  • Memilih Alternatif Makanan Gluten Free

  • gluten free

    Sumber foto: Canva

    Hal pertama mengawali pola makan bebas gluten adalah dengan cara mencari tahu jenis makanan apa yang perlu dimakan. Beberapa makanan secara alami bebas gluten diantaranya telur, sayur, buah, kacang-kacangan alami (murni dan belum diolah) serta sebagian besar produk olahan susu.

    Jika kamu ingin mengkonsumsi makanan seperti kue, mie dan pasta, pastikan kamu memperhatikan kandungan didalamnya. Hindari produk dengan kandungan gluten dengan cara mengganti tepung terigu dengan tepung tapioka, tepung maizena atau tepung beras.

  • Fokus Pada Apa yang Bisa Dimakan

  • Sebagian besar makanan yang dijual memiliki kandungan gluten di dalamnya. Hal ini membuat seseorang terlalu fokus melihat makanan yang perlu dihindari (mengandung gluten). Karena kurangnya tekad dan tidak memperhatikan kandungan makanan menjadi faktor gagalnya diet gluten free yang dijalankan.

  • Mencari Tahu Makanan dengan Kandungan Bebas Gluten

  • gluten free

    Sumber foto: Canva

    Kamu perlu memastikan bahwa makanan yang akan kamu konsumsi tidak diolah atau dicampur dengan biji-bijian, zat aditif, atau pengawet mengandung gluten. Makanan mengandung gluten diantaranya adalah cracker, biskuit, roti, pasta serta makanan yang menggunakan tepung terigu. Sementara makanan bebas gluten diantaranya mie soba, kentang, makanan laut, daging dan kacang-kacangan alami.

  • Memperhatikan Makanan Di Restoran

  • Kamu dapat melihat daftar menu makanan gluten free atau memesan secara khusus agar bahan yang mengandung gluten pada makanan dihilangkan. Jangan ragu untuk meminta dan menanyakan kepada pihak restoran, apakah makanan di restoran tersebut bebas gluten atau tidak.

  • Mengecek Label pada Makanan Kemasan

  • gluten free

    Sumber foto: Canva

    Pastikan kamu mengetahui kandungan gluten free pada makanan yang akan dibeli. Untuk memastikan hal tersebut, kamu dapat mengecek dan membaca label pada makanan. Kamu juga dapat menuju ke bagian buah dan sayur secara alami memang bebas gluten.

    Saat ini telah banyak supermarket dengan produk khusus bebas gluten mulai dari roti, biskuit dan olahan beku yang diletakan pada makanan sehat. Untuk mempermudah proses pembelian makanan bebas gluten kamu dapat mengecek di website Healthy Choice, yaitu platform untuk menemukan dan membeli beragam makanan sehat.

     

    Baca juga: 5 Snack Sehat Terbuat dari Bahan Organik yang Baik untuk Diet

    Baca juga: Beragam Bahan Makanan Organik Ini Bisa Jadi Menu Diet Sehat Setiap Hari


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan