Sumber Protein Baik untuk Kesehatan

Sumber Protein Baik untuk Kesehatan

Makanan hewani dan nabati dapat menjadi sumber protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu fungsi protein adalah memperbaiki sel dan jaringan tubuh serta membantu sistem kekebalan.

Fungsi lain dari protein adalah sebagai sumber energi dan pembentuk berbagai enzim dan hormon. Protein memiliki kandungan asam amino yang bermanfaat untuk membangun energi agar lebih berstamina dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kecukupan protein juga dibutuhkan agar kamu terhindar dari penyakit berbahaya yang dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan sembarangan. Sehingga kamu membutuhkan protein untuk mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Beberapa Makanan Sehat yang Menjadi Sumber Protein

  • Kacang-kacangan

  • sumber protein

    Sumber protein pertama adalah kacang contohnya kacang polong, dimana kacang ini bantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain dipenuhi dengan protein, kacang polong juga tinggi akan serat, sehingga akan cocok untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan.

    Tambahkan ke dalam salad sayur, sayur sup dan sup jamur untuk meningkatkan asupan protein. Selain kacang polong, adapun jenis kacang yang dapat kamu konsumsi seperti kacang almond, kacang kenari, dan lain-lain. 

  • Produk Kedelai dan Tahu

  • Tahu dan kedelai adalah alternatif daging merah yang baik, tinggi protein dan rendah lemak. Sumber protein nabati seperti kedelai dan tahu, seringkali lebih daripada daging sehingga dapat bermanfaat bagi kamu yang ingin irit budget.

  • Makanan Laut

  • sumber protein

    Sebagian besar makanan laut mengandung protein tinggi dan rendah lemak jenuh, sehingga memiliki kandungan baik bagi tubuh untuk melengkapi kebutuhan protein dalam tubuh. Adapun beberapa jenis ikan yang dapat kamu konsumsi seperti ikan tuna, salmon, gabus, dan lain-lain.

  • Produk Olahan Susu

  • Susu krim, yoghurt, dan keju merupakan olahan produk susu yang dapat menjadi sumber protein untuk kebutuhan gizi. Produk-produk ini memiliki kandungan sehat, namun tetap berhati-hati terhadap tambahan gula dalam yoghurt rendah lemak dan susu beraroma serta memiliki tambahan perasa.

    Kamu juga perlu melewati keju olahan dengan kandungan bahan non-susu, tak jarang olahan keju tidak berbahan dasar susu melainkan tepung dengan tambahan perasa susu agar keju terasa asli.

  • Unggas sebagai Protein yang Baik

  • Jenis unggas seperti ayam, bebek, entok, dan kalkun memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun akan lebih baik sebelum mengolah unggas, kamu menguliti atau menghilangkan bagian kulit untuk mengurangi lemak jenuh.

  • Biji-bijian

  • sumber protein

    Selain memiliki nilai protein yang tinggi, biji-bijian juga diperkaya dengan serat dan lemak baik. Adapun jenis biji-bijian yang dapat membantu menurunkan berat badan yaitu biji chia (chia seeds). 

    Chia seed didominasi omega 3, dimana kandungan ini dipercaya dapat menurunkan berat badan hingga melancarkan pencernaan. Kamu dapat mengkombinasikan biji chia di dalam berbagai macam makanan dan minuman seperti salad buah dan sayur, smoothies, dan tambahan overnight oatmeal.

    Itulah dia daftar sumber protein yang baik untuk kesehatan. Ingin produk yang kaya protein dan sehat? Cek di Healthy Choice yuk!

     

    Baca juga: Cemilan Sehat yang Berkhasiat Meningkatkan Kecantikan Kulit

    Baca juga: Daftar Makanan Sehat yang Diolah dari Kacang-kacangan


    Posting Lama Posting Baru

    Tinggalkan komentar

    Harap diperhatikan, komentar harus disetujui sebelum dipublikasikan