10 Kesalahan saat Memasak Beras Merah, Jangan Sampai Keliru

beras merah

Selain nasi putih, banyak masyarakat Indonesia yang juga mengonsunsi beras merah. Harga beras jenis ini memang lebih mahal, namun kandungan gulanya yang lebih rendah membuatnya jadi pilihan makanan pokok, terutama bagi pasien diabetes atau yang menjalani pola hidup sehat.

Kandungan Nutrisi dalam Beras Merah

Dalam seporsi beras merah atau sekitar 200 gram terkandung 230-250 kalori. Berikut kandungan nutrisi di dalam beras merah:

  • 45–50 gr (gram) karbohidrat
  • 3–3,5 gr serat
  • 5 gr protein
  • 1,6–2 gr lemak
  • 160 mg (miligram) kalium
  • 80 mg magnesium
  • 2 mg natrium
  • 1,1 mg zat besi
  • 150–200 mg fosfor

Selain itu, ada pula kandungan asam pantotenat, mangan, kalsium, zinc, dan vitamin B. Karena kandungan nutrisinya yang beragam, nasi merah bisa dijadikan menu makan makan oleh siapa saja, termasuk bayi.

Kesalahan Umum Saat Memasak Beras Merah

beras merah

Sumber foto: Google

Cara memasak beras merah sedikit berbeda dengan nasi putih, karena teksturnya berbeda. Kamu sering makan nasi merah? Sudah tahu cara memasaknya yang benar?

Nah, di bawah ini ada beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan saat memasak nasi merah. Kamu wajib tahu, ya!

  1. Memasak beras merah yang sudah lama tersimpan. Terlalu menyimpan beras membuat kualitasnya menurun dan rasanya bisa menjadi pahit.
  2. Lupa mencuci beras menyebabkan kotoran, seperti sisa kulit atau kerikil, masih tertinggal dan ikut termasak.
  3. Membilasnya lebih dari empat kali. Berlebihan membilas beras justru mengakibatkan vitamin dan nutrisi di dalamnya ikut larut bersama air. Sebaiknya, bilas beras merah 2-3 kali saja, ya.
  4. Tidak merendamnya sebelum dimasak. Agar tekstur nasi merah lebih pulen, sebaiknya rendamlah dulu beras merah selama 30 menit sebelum dimasak.
  5. Menyamakan takaran air untuk memasak seperti beras putih. Kesalahan ini cukup fatal, karena tekstur beras merah cenderung lebih keras ketimbang beras putih.
  6. Terlalu banyak menambahkan air. Bukannya menjadi nasi, tekstur dihasilkan justru akan menjadi bubur.
  7. Tidak menambahkan garam. Sebenarnya hal ini bisa dilakukan atau tidak, terutama kalau kamu kurang suka rasa nasi merah yang hambar. Tambahkanlah sejumput garam agar gurih.
  8. Memasak dengan api terlalu besar. Kamu ingin sarapan sehat dengan nasi merah sehingga memasaknya dengan kompor biasa? Sebaiknya gunakan api sedang saat awal memasak beras merah, setelah beberapa saat kemudian kecilkan.
  9. Langsung makan nasi merah yang baru matang. Sebaiknya diamkan dulu nasi yang baru matang selama 10-15 menit dalam wadah tertutup.
  10. Tidak mengaduk nasi. Ini menyebabkan nasi menjadi padat dan menggumpal, jadi sebaiknya aduk dulu beberapa kali sebelum disajikan.

Itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan saat memasak nasi merah. Kalau pernah melakukannya, jangan diulangi lagi ya agar hasilnya pulen dan nikmat!

Mengonsumsi nasi merah sendiri hanyalah satu dari sekian banyak tips sehat lainnya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Agar manfaat beras merah yang kamu konsumsi semakin maksimal, disarankan juga untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, menghindari kebiasaan merokok, serta membatasi minuman beralkohol.

Sekarang kamu bisa membeli beras merah dengan lebih mudah lewat Healthy Choice. Selain beras merah, di sini juga tersedia aneka bahan makanan sehat lainnya yang pas untuk mendukung kebiasaan hidup sehat kamu.

 

Baca juga: Ini Bedanya Tepung Beras Organik dan Tepung Ketan untuk Kamu yang Ingin Membuat Jajanan

Baca juga: Cegah Penuaan hingga Atasi Jerawat, Ini Kandungan Sehat Beras Merah


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published