10 Pola Hidup Sehat Cegah Gula Berlebihan dengan Metode Sugar Detox

hidup sehat

Agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, diperlukan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan, memastikan kecukupan nutrisi dan berolahraga. Tapi pernahkan kamu merasa tubuh cepat lelah? Atau kurang fokus saat siang hari? Bisa jadi itu karena kelebihan gula.

Membatasi asupan gula menjadi keputusan yang tepat untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat. Meski tidak mudah untuk mengatasi kecanduan pada makanan manis, namun banyak penelitian yang membuktikan bahwa gula memiliki dampak negatif pada tubuh.

Jadi, mulailah kontrol asupan gula dengan melakukan sugar detox. Meski sulit menerapkannya, cobalah terapkan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah gula berlebih dalam tubuh.

  • Perbanyak Minum Air Putih
  • Hidrasi sangat penting ketika tubuh melakukan detoksifikasi gula. Air membantu mengeluarkan racun, menyalurkan nutrisi dan mendorong proses penyembuhan alami tubuh.

    Mengganti minuman tinggi gula dengan air putih bisa membantu mengurangi asupan kalori serta gula berlebih dalam tubuh.

  • Hindari Pemanis Buatan
  • Kamu mungkin berpikir untuk mengganti konsumsi gula dengan pemanis buatan saat menjalani sugar detox. Namun, cara ini salah lho. Penelitian mengungkapkan bahwa pemanis buatan tertentu dapat mengakibatkan perubahan metabolisme yang justru meningkatkan nafsu makan yang membuat berat badan naik.

  • Kelola Stres
  • Studi membuktikan bahwa stres dapat memengaruhi preferensi makanan serta meningkatkan keinginan untuk menyantap makanan manis. Sepertinya gula mempunyai efek menenangkan pada hormon stres.

    Mengelola stres dengan baik akan memudahkan kamu mengurangi asupan gula. Jalan-jalan sebentar, menonton film, atau membaca buku bisa menjadi cara sederhana untuk meredakan stres.

  • Olahraga
  • Olahraga dapat meningkatkan energi, meredakan stres, dan mengurangi ngidam yang mungkin terjadi ketika menerapkan sugar detox.

    Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa olahraga ringan seperti berjalan cepat selama 15 menit bisa mengurangi keinginan untuk menyantap makanan manis.

  • Tidur yang Cukup
  • Kurang tidur dapat meningkatkan keinginan untuk makan makanan penenang tidak sehat, termasuk gula. Kurang tidur mengubah hormon pengendali nafsu makan hingga bisa meningkatkan keinginan untuk mengonsumsi makanan enak seperti yang tinggi gula dan lemak.

    Manfaat tidur malam yang cukup dapat membantu membuat pilihan menu makan sehat, meningkatkan energi, konsentrasi, dan daya ingat.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Hindari Camilan Tidak Sehat
  • Singkirkan sereal, roti, maupun makanan manis lainnya untuk mengubah kebiasaan buruk mengonsumsi makanan manis. Jika camilan tersebut berada di tempat yang mudah terjangkau, otomatis diet gula kamu akan gagal.

  • Ganti Gula dengan Protein
  • Ketika mengurangi asupan gula, banyak orang mengeluhkan efek samping berupa sakit kepala, perubahan mood, ketidaknyamanan perut, hingga masalah tidur. Salah satu cara untuk meredakannya yaitu dengan minum atau mengonsumsi makanan berprotein karena meningkatkan rasa kenyang.

    Tambahkan asupan protein ke dalam menu makan sehat kam agar kenyang lebih lama sekaligus membantu menurunkan berat badan.

  • Pilihlah Camilan Sehat
  • Saat menjalani sugar detox, siapkanlah banyak camilan sehat. Kalau kamu ingin makan camilan, kamu bisa memilih telur rebus, yoghurt dengan tambahan kacang almond atau blueberry.

    Kamu juga bisa membuat sendiri camilan sehat tanpa gula dengan mencari resep di internet agar tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

  • Tambah Asupan Lemak Sehat
  • Langkah efektif lainnya yantu detoksifikasi gula yaitu dengan menambah asupan lemak sehat. Yang termasuk lemak sehat di sini adalah buah alpukat, mentega atau ghee, kacang, dan biji-bijian. Targetkan makan 1-2 sendok makan lemak sehat setiap kali makan.

  • Buah-buahan sebagai Dessert
  • Mengganti makanan penutup dengan buah segar sangat baik untuk detoksifikasi gula yang kamu jalani. Kalau kamu punya kebiasaan makan makanan manis setelah mengonsumsi makanan berat, cobalah untuk menggantinya dengan buah-buahan.

    Buah mengandung gula alami, nutrisi, dan serat yang membantu memperlambat penyerapan di dalam darah.

    Meski diet bebas gula sulit bagi kamu yang terbiasa makan makanan manis, cobalah untuk memulai langkah kecil lebih dulu dan kamu pun akan terbiasa.

    Ingin mencari alternatif pengganti gula kristal di rumah? Salah satu yang bisa jadi pilihan pola hidup sehat adalah gula aren. Selain lebih sehat, gula aren juga bisa kamu tambahkan ke dalam berbagai menu sehat. Mau tahu belanja gula aren yang tepat dimana? Langsung saja ke website Healthy Choice di sini.

     

    Baca juga: 5 Sumber Karbohidrat ini Bisa Dikonsumsi Pengidap Diabetes untuk Hidup Sehat

    Baca juga: Benarkah Stop Asupan Gula untuk Hidup Sehat Dapat Membunuh Sel Kanker Di Tubuh


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published