4 Tips Siapkan Menu Makan Sehat untuk Ibu Hamil yang Berpuasa

makanan sehat

Bulan Ramadhan menandakan ibadah puasa bagi seluruh umat Islam, tak terkecuali bagi ibu hamil. Meski sebenarnya ibu hamil boleh tidak berpuasa, namun kalau masih sanggup menjalankannya maka sah-sah saja untuk berpuasa.

Tapi, saat berpuasa kamu perlu memperhatikan menu makan sehat apa saja yang bisa dikonsumsi, terutama saat sahur. Pasalnya, sahur merupakan penentu kelancaran berpuasa dan menjadi sumber energi utama.

Lalu, bagaimana cara sahur yang sehat untuk ibu hamil?

Tips Hidup Sehat untuk Ibu Hamil saat Berpuasa

makanan sehat

Sumber foto: Google

  • Jaga Hidrasi Tubuh
  • Orang berpuasa harus menjaga hidrasi tubuh, apalagi bagi ibu hamil. Kamu harus minum cukup air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan janin. Jika kurang asupan air, akibatnya volume air ketuban akan berkurang.

    Kamu bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8-12 gelas per hari. Sebagai tambahan, jangan lupa makan buah dan sayuran yang kaya kandungan air seperti melon atau semangka.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
  • Makan sahur saja tidak cukup untuk memenuhi asupan nutrisi bagi ibu hamil. Sebab, nutrisi memiliki peran sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan janin.

    Sebab itu, pilihlah jenis makanan yang tepat. Kamu bisa menerapkan tips berikut ini untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ketika sahur:

    • Hati-hati dalam memilih karbohidrat. Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks yang dapat membantu perut kenyang lebih lama, seperti roti gandum, nasi merah, dan oatmeal.
    • Tambahkan lemak sehat seperti susu atau ikan dalam menu sahur.
    • Hindari makanan berminyak atau gorengan karena dapat memicu gangguan pencernaan.
    • Batasi konsumsi makanan maupun minuman manis
    • Tambahkan asupan protein ke dalam menu makan sehat seperti daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

  • Meal Prepping
  • Meal prepping alias mempersiapkan makanan untuk beberapa hari kedepan bisa sangat membantu. Terutama saat merasa sangat berat untuk bangun di malam hari dan menyiapkan makanan sehat untuk sahur. Nah, meal prepping bisa membantu menghemat waktu.

    Kamu hanya perlu memasak sekali, kemudian simpan di kulkas untuk dimasak esok harinya. Selain hemat waktu, tips hidup sehat saat puasa satu ini juga dapat menghemat tenaga. Tetapi, pastikan untuk tidak menyiapkan makanan instan, melainkan makanan bernutrisi seperti sup sayuran dan daging.

  • Istirahat yang Cukup
  • Ibu hamil sangat membutuhkan istirahat yang cukup. Namun, saat bulan Ramadhan waktu tidur otomatis jadi berkurang. Karena itu, penting sekali untuk tidak begadang di malam hari.

    Kalau merasa badan sudah kelelahan, kamu bisa meminta bantuan suami untuk menyiapkan sahur. Selain cukup tidur, saat puasa sebaiknya hindari aktivitas yang menguras energi seperti berjalan jauh atau membawa beban berat.

    Itu dia tips hidup sehat saat berpuasa bagi ibu hamil. Ingat, puasa bukan menjadi kewajiban bagi wanita yang sedang mengandung. Jadi kalau kamu merasa pusing, gemetar, atau kelelahan saat puasa, maka sebaiknya hentikan lebih dulu. Agar lebih aman sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mulai berpuasa dan konsumsi menu makan sehat saat sahur.

    Satu lagi yang perlu jadi catatan, yaitu pastikan makanan yang kamu santap berasal dari bahan-bahan berkualitas agar mendukung pola hidup sehat yang sedang kamu jalani. Seperti bahan pangan sehat dari Healthy Choice yang sudah pasti aman dan kualitasnya terjamin.

    Penasaran dengan bahan makanan sehat Healthy Choice? Langsung saja klik di sini.

     

    Baca juga: 5 Camilan Sehat ini Bisa Meningkatkan Berat Badan Janin, Baik untuk Ibu Hamil

    Baca juga: Catat! Ini Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Pengidap Neuropati


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published