5 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Bakar Lemak Saat Tidur Malam

5 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Bakar Lemak Saat Tidur Malam

Tubuh tidak hanya membakar lemak saat kamu beraktivitas saja. Ketika tidur pun juga, lho! Sekitar 400-500 kalori dibakar oleh tubuh selama 8 jam kamu tertidur. Nah, untuk menambah jumlah lemak yang dibakar selama terlelap, kamu bisa makan dulu sebelum tidur. Eits, memilih menu makan sehat itu penting kalau tidak mau perut menjadi buncit. Sebaiknya, pilihlah lima jenis makanan rendah kalori di bawah ini.

Pilihan Makanan Pembakar Lemak saat Malam Hari

  1.   Buah Sitrus

Jeruk lemon, jeruk bali, jeruk nipis, jambu biji, dan tomat tinggi kandungan vitamin C serta serat yang bisa membantu pembakaran lemak.

Buah sitrus disebut dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Semakin cepat kerja metabolisme tubuh, maka semakin cepat dan banyak pula lemak yang dibakar. Selain itu, keluarga jeruk punya sifat diuretik alami yang mampu membersihkan usus dari sisa makanan penyebab sembelit. Artinya, semakin banyak sisa makanan yang menumpuk dan mengeras lama di usus, berat badan kamu makin bertambah.

Menariknya, kandungan vitamin C dari buah-buahan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit selama tidur.

  1.       Susu

Susu rendah lemak atau tanpa lemak (fat-free) merupakan makanan pembakar lemak yang bagus dikonsumsi menjelang tidur. Termasuk juga makanan maupun minuman yang terbuat dari jenis susu tersebut, seperti yoghurt rendah lemak atau keju. Kenapa?

Kandungan mineral dan kalsium dalam susu bekerja sama meningkatkan kinerja metabolisme untuk membakar lemak ketika kita tidur. Selain itu, susu juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membantu mengontrol kadar insulin.

Menurut berbagai tips sehat, kamu perlu mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200-1.300 mg setiap harinya. Segelas susu ukuran 250 ml mengandung sekitar 300 mg kalsium. Jadi, cobalah konsumsi 3-4 gelas susu rendah lemak setiap hari agar tubuh membakar lemak lebih optimal.

makanan sehat

Sumber foto: Google

  1.       Gandum utuh

Biji-bijian dan gandum utuh diperkaya serat dan karbohidrat kompleks yang mendorong metabolisme tubuh untuk membakar lemak. Metabolisme yang tinggi juga mengontrol kadar insulin tetap rendah. Karena itu, gandum utuh dan biji-bijian bisa menjadi salah satu pilihan menu makan sehat sebelum tidur.

  1.       Kacang-kacangan

Kacang hijau organik, almond, kacang kedelai, dan lainnya adalah sumber protein nabati yang bisa membantu mengontrol berat badan. Sebab, tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna serat dan protein nabati.

Metabolisme tubuh yang tinggi membantu mempercepat pembakaran lemak dan mengontrol kadar insulin, sehingga dianggap bisa mengurangi risiko diabetes mellitus tipe 2.

Kacang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan. Jadi, jadikan segenggam kacang panggang sebagai camilan sehat atau semangkuk bubur kacang hijau organik untuk menghangatkan perut sebelum terlelap.

  1.       Teh Hijau

Menurut Prevention, penelitian dari Swiss menunjukkan bahwa konsumsi suplemen teh hijau (setara dengan secangkir teh hijau) sebanyak tiga kali per hari dapat membakar kalori 80 kali lebih banyak dibandingkan tidak mengonsumsinya. Manfaat teh hijau ini didapatkan berkat antioksidan dan flavonoid di dalamnya yang bekerja meningkatkan metabolisme dan membakar kalori, bahkan ketika kamu sedang tidur.

Tapi ingat, mengonsumsi menu makan sehat saja tidak cukup untuk mendapatkan berat badan ideal. Kamu perlu menerapkan tips sehat lainnya seperti melakukan berbagai kegiatan fisik secara rutin agar pembakaran lemak dalam tubuh lebih maksimal.

Nah, berbagai bahan makanan sehat tersebut bisa kamu dapatkan di Healthy Choice. Di sini juga tersedia aneka camilan sehat yang bisa kamu konsumsi sebelum tidur. Bukan itu saja, Healthy Choice juga menyediakan kacang hijau organik dan kacang-kacangan lainnya. Tunggu apalagi, yuk belanja di Healthy Choice sekarang!

 

Baca juga: Jadi Menu Makanan Sehat, Berapa Banyak Kalori Pada Roti Gandum

Baca juga: Bisa Dicoba, Begini Cara Tingkatkan Asupan Gandum Saat Diet


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published