5 Sayuran yang Bagus untuk Diet dan Bikin Kulit Sehat

hidup sehat

Manfaat sayuran untuk diet dan kulit tak perlu dipertanyakan lagi. Rendah kalori dan berbagai nutrisi penting di dalamnya bukan saja baik untuk menurunkan berat badan, namun juga menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Diet bukan artinya pilihan makanan yang dikonsumsi semakin sedikit. Kamu tetap bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan. Tapi memang ada baiknya kalau kamu memilih makanan yang mengandung serat tinggi, kaya akan vitamin, mineral, rendah kalori dan banyak air.

Sebab, jenis makanan ini dapat memberikan efek kenyang lebih lama jadi asupan kalori pun menjadi lebih sedikit. Hasil ini bisa kamu dapatkan dengan makan aneka sayuran yang seimbang setiap harinya. 

Apa Saja Daftar Sayuran untuk Diet dan Kulit Sehat?

Sayuran tinggi akan vitamin, mineral dan serat sehingga sangat baik dikonsumsi saat menjalani program diet. Nah, berikut ini beberapa sayuran yang bagus untuk diet dan bikin kulit sehat. Penasaran apa saja? Ini dia sayuran untuk diet yang cocok dijadikan menu harian.

  • Brokoli
  • Mengkonsumsi 90 gram brokoli, kamu sudah bisa mencukupi kebutuhan harian vitamin C, K, kalium dan folat. Brokoli juga kaya akan serat dan kalsium yang bagus untuk menurunkan berat badan. Brokoli juga mengandung seng yang jika dikonsumsi secara teratur dapat membantu melawan jerawat secara alami. 

    Sayur yang terlihat seperti pohon ini bisa kamu konsumsi dengan mengukus atau menumisnya. Kamu juga bisa menambahkan saus tiram atau kecap ikan agar cita rasanya makin umami.

  •  Kembang Kol
  • Jika dilihat sekilas, kembang kol memang mirip dengan brokoli, hanya berbeda warna saja. Sayuran untuk diet satu ini minim karbohidrat dan bisa menjadi alternatif pengganti nasi atau kentang. 

    Kandungan vitamin C, K, serat, kalium dan folat di dalamnya sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah kunci bagi kulit awet muda. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan, kulit kusam, garis-garis halus dan flek hitam.

    hidup sehat

    Sumber foto: Google

  • Kol
  • Meskipun warnanya terlihat lebih pucat dibanding sayuran hijau lainnya, kol adalah salah satu sumber nutrisi. Sayuran untuk diet ini mengandung antioksidan, seperti vitamin C, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

    Kol juga mengandung sulfur, antioksidan dan antosianin yang penting untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Kandungan ini mampu mencegah penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam.

  • Bayam
  • Sayuran untuk diet ini juga mengandung vitamin C, K, folat dan zat besi. Selain itu, bayam juga dilengkapi dengan beta karoten dan lutein, yakni dua jenis antioksidan yang mampu membantu menurunkan risiko kanker.

    Kandungan vitamin A dan C pada bayam juga membantu mempercepat proses regenerasi kulit yang rusak. Kedua vitamin ini juga membuat kulit tampak lebih bercahaya. Dengan mengkonsumsi bayam secara rutin, kulit bukan hanya terlihat cantik tapi juga sehat.

  • Selada
  • Selada adalah salah satu jenis sayuran yang rendah karbohidrat. Dalam 47 gram selada terdapat 2 gram karbohidrat. Selain itu, ada pula kandungan vitamin A, C, K dan folat.

    Vitamin A dan C sendiri yang penting dalam perawatan kecantikan kulit. Pasalnya, vitamin A mampu meratakan warna kulit yang belang akibat terpapar sinar matahari. Sementara vitamin C membuat kulit lebih cerah, kencang dan terhindar dari keriput. Mengkonsumsi selada juga bisa mencegah kulit kering lho.

    Nah, kalau kamu sedang mencari aneka bahan pangan yang bagus untuk diet lainnya, langsung saja cek di Healthy Choice dijamin lengkap, aman dan berkualitas!

     

    Baca juga: Makanan Sehat yang Dibutuhkan untuk Kulit Glowingmu agar Selalu Segar dan Lembut

    Baca juga: Kenali Kandungan Nutrisi Sorgum, Makanan Sehat Pengganti Beras


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published