6 Makanan Sehat untuk Menangkal Batu Empedu, Bisa Dikonsumsi Kapan Saja

makanan sehat

Tidak banyak orang yang memperhatikan peran kantung empedu sampai munculnya gejala sakit. Salah satu gangguan yang sering ditemukan adalah batu empedu, yaitu formasi kecil yang berasal dari penumpukan empedu di vesikula. Empedu sendiri berfungsi untuk membantu mensintesis lemak yang kita konsumsi.

Ukuran batu empedu mulai dari sekecil butiran pasir sampai sebesar bola golf dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjaga pola makan sehat dengan mengurangi makanan berlemak dan memperbanyak serat, contohnya dari gandum utuh rolled oat whole grain.

Nah, berikut ini ada 6 makanan sehat yang bisa membantu mencegah dan mengatasi batu empedu. Apa saja?

  • Soba
  • Soba dapat mengurangi risiko batu empedu. Selain itu, makanan satu ini juga dapat mengontrol kadar lemak di dalam tubuh karena mengandung serat tidak larut.

    Soba juga mengandung vitamin B dan vitamin E yang merupakan sumber mineral bagi tubuh. Kamu sangat menyukai roti? Coba dulu ganti roti biasa dengan roti yang terbuat dari soba, jadi lebih sehat tentunya!

  • Makanan Kaya Lesitin
  • Empedu memiliki komponen bernama lesitin atau fosfolipid yang bekerja untuk mencegah terbentuknya batu empedu.

    Mengonsumsi makanan yang kaya lesitin dapat mengurangi ukuran dan mencegah pembentukan batu empedu. Beberapa makanan yang mengandung lesitin yaitu, kacang-kacangan (kedelai, kacang garbanzo, kacang polong). 

    Kamu bisa memasukkan makanan tersebut ke dalam menu makan sehat harian dan pastikan konsumsi sesuai porsinya, ya. Sebab, kacang-kacangan tersebut juga tinggi karbohidrat yang bisa menambah berat badan.

  • Biji-Bijian Gandum Utuh
  • Diet tinggi serat membantu mengurangi batu empedu dan lemak dalam tubuh. Karena itulah sangat penting untuk mengonsumsi minimal satu porsi biji-bijian setiap hari. Serat dalam gandum utuh akan mengikat kelebihan cairan empedu di dalam usus, sehingga tidak terserap kembali dan vesikula empedu dilepaskan. Biji-bijian yang bisa kamu konsumsi setiap hari adalah beras merah dan rolled oat whole grain

     

    Sumber foto: Google

  • Buah Jeruk
  • Buah yang cukup mudah ditemukan di pasaran ini berkhasiat untuk melawan batu empedu dan merangsang pengeluaran empedu. Selain itu, jus jeruk juga mengandung pektin, zat yang dibutuhkan untuk menghilangkan batu empedu.

    Sebaiknya hindari jus jeruk kemasan dan makan buah utuh. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi dan serat secara utuh.

  • Anggur dan Blueberry
  • Anggur dan blueberry mengandung resveratrol, yaitu senyawa yang mengandung indeks antioksidan cukup tinggi. Kandungan itulah yang mampu melawan kerusakan pada vesikel akibat batu empedu.

    Kamu bisa mengonsumsi setengah cangkir anggur atau satu buah blueberry segar setiap hari. Bisa juga dengan minum setengah gelas jus blueberry atau segelas jus anggur.

  • Artichoke
  • Tanaman yang berasal dari Mediterania ini sangatlah bernutrisi. Artichoke dapat meningkatkan kesehatan hati dan vesikula empedu karena kaya akan kandungan cinarina. Yakni senyawa yang berperan pada stimulasi empedu dan mendukung fungsi hati.

    Bagaimana Cara Mencegah Batu Empedu?

    Kalau kamu sudah memiliki batu empedu, dokter pasti akan memberikan beberapa saran untuk mengatasi masalah tersebut. Jika berdasarkan pemeriksaan dokter, batu empedu baru saja terbentuk, sangat penting untuk menjaga berat badan tetap stabil dan menghindari makanan yang tinggi lemak tak sehat.

    Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang kaya akan serat, seperti sayur, buah, dan gandum utuh. Nah, untuk mendapatkan bahan makanan sehat yang berkualitas, sekarang jadi semakin mudah lewat Healthy Choice. Cek yuk di sini!

     

    Baca juga: Bisa Jadi Obat Tipes, Ini Rekomendasi Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi

    Baca juga: 7 Makanan Sehat untuk Booster ASI, Lebih Sehat dan Lancar Menyusui


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published