Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Ini Kandungan Sehat Minyak Kelapa untuk Para Wanita

Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Ini Kandungan Sehat Minyak Kelapa untuk Para Wanita

Kurang percaya diri karena bibir pecah-pecah? Yuk, segera temukan solusi untuk mengembalikan kelembaban bibir! Salah satunya dengan menggunakan VCO (virgin coconut oil) alias minyak kelapa.


Kandungan Minyak Kelapa yang Bagus untuk Bibir

Minyak yang biasa masuk dalam berbagai tips sehat ini merupakan bahan alami yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa disebut sebagai emolien alami yang dapat menjaga dan melindungi kelembaban kulit. 


Selain itu, minyak satu ini juga bersifat analgesik yang dapat meredakan rasa sakit dan perih. Hal ini tentu sangat membantu mengatasi bibir pecah-pecah yang kadang membuat perih.


VCO (virgin coconut oil) juga bersifat antimikroba yang melindungi bibir pecah-pecah dari kuman penyebab infeksi. Kandungan antiradang di dalamnya juga mencegah pembengkakan akibat bibir luka karena terlalu kering.


Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Ada banyak faktor penyebab bibir kering dan pecah. Seperti bagian lainnya, kulit bibir tidak memiliki kelenjar sebasea yang memproduksi minyak alami. Sehingga, bibir rentan kering dan pecah-pecah. Faktor lainnya yaitu karena tubuh mengalami dehidrasi. 


Jarang eksfoliasi dan melembabkan bibir juga dapat mengakibatkan penumpukan sel kulit mati yang membuat bibir kering, pecah-pecah, dan menghitam. Lalu, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk merawat bibir?


Cara Menggunakan VCO untuk Bibir

minyak kelapa

Sumber foto: Google


  1. Gunakan sebagai Scrub

Scrub dapat membantu kulit bibir kering terkelupas. Cara membuatnya pun mudah, campurkan satu sendok gula atau garam dengan minyak kelapa. Lalu aduk hingga merata. Kemudian, oleskan ke bibir yang pecah-pecah. Gosok campuran tersebut dengan gerakan memutar secara perlahan sampai bibir terasa halus.


  1. Gunakan sebagai Lip Balm

Tips sehat menggunakan VCO untuk bibir yaitu dengan menjadikannya sebagai lip balm. Caranya sangat mudah, hanya dengan meneteskan minyak kelapa secara langsung saat bibir terasa kering. Kamu juga bisa menambahkan shea butter atau lilin lebah agar tekstur lip balm lebih kental.


  1. Gunakan sebagai Masker

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa sebagai masker bibir. Tidak perlu membeli masker jadi yang mahal di pasaran, kamu bisa mencampurkan VCO dengan madu supaya teksturnya lebih kental dan tahan lama di bibir hingga semalaman.

  1. Gunakan VCO (Virgin Coconut Oil)

Apapun caranya, pastikan kamu menggunakan VCO atau minyak kelapa murni. Sebab, VCO dibuat tanpa campuran apapun dan lebih aman digunakan dalam jangka panjang. Tidak hanya itu, VCO (virgin coconut oil) memberikan manfaat yang lebih optimal untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. 


Selain menggunakan VCO secara langsung ke bibir, kamu juga harus menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kecantikan secara alami. Pasalnya, bibir kering juga bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi, iritasi, hingga efek samping mengonsumsi obat. 


Meski berasal dari bahan alami, beberapa orang bisa saja mengalami reaksi alergi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami reaksi alergi seperti kemerahan, gatal, dan bengkak.


Mau rekomendasi VCO (virgin coconut oil) yang berkualitas? Kamu bisa membelinya lewat Healthy Choice. Selain itu, minyak kelapa di Healthy Choice juga sudah pasti asli tanpa tambahan bahan kimia lainnya. Tertarik? Langsung saja beli di sini.

 

Baca juga: Tak Hanya Meredakan Nyeri Saat Haid, Beragam Minyak Ini Juga Bisa Bikin Rileks untuk Hidup Sehat

Baca juga: Mudah dan Natural, Ini Rahasia Rambut Sehat dan Tidak Mengembang dengan Minyak Zaitun


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published