Benarkah Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit? Cek Faktanya

Benarkah Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit? Cek Faktanya

Bukan hal baru, kutil di kulit menjadi masalah yang umum terjadi. Biasanya ditandai dengan munculnya benjolan pada permukaan kulit akibat dari infeksi virus HPV atau Human Papilloma Virus. Meski diklaim tidak berbahaya, namun tumbuhnya kutil pada kulit cukup mengganggu. Hal pertama yang terlintas dipikiran kita adalah bagaimana mengatasi masalah kesehatan ini tanpa mengeluarkan banyak biaya.


Atasi Kutil Kulit dengan Cuka Apel, Benarkah Ampuh?

Selama ratusan tahun cuka apel digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari sakit perut hingga keracunan dan bahkan diabetes. Beberapa alasan cuka apel dapat mengatasi kutil adalah karena sebagai berikut;


  • Cuka merupakan senyawa asam asetat. Senyawa yang dipercaya efektif untuk membunuh beberapa jenis bakteri dan virus ketika terjadi kontak.

  • Cuka perlahan menghancurkan kulit yang mengalami infeksi, menyebabkan kutil jatuh dengan sendirinya. Cara kerjanya mirip dengan asam salisilat.

  • Iritasi dari asam akan merangsang sistem imunitas tubuh untuk melawan kutil kulit yang mengganggu.

Terdapat 4 hingga 8 persen kandungan asam asetat pada cuka. Namun, selemah apapun kadarnya, potensi terjadinya luka bakar tetap akan ada. Jadi, meski cuka apel dapat mengatasi kutil, kamu tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Agar lebih aman sebaiknya jangan langsung mengaplikasikan cuka apel pada kulit, karena bisa saja kulit mengalami iritasi atau sensasi seperti terbakar.


Jika kamu sudah menotolkan cuka apel dengan kapas ke bagian kutil dan merasakan sensasi tersebut, sebaiknya segera menghentikan penggunaannya. Agar lebih aman, kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan air. Cuka apel sendiri tidak disarankan untuk luka terbuka atau pada area tubuh yang sensitif. Perlu diingat, kutil kelamin bukan termasuk penyakit yang bisa sembuh dengan cuka apel. Kamu tetap harus memeriksakannya ke dokter.


Bagaimana Cara Menggunakan Cuka Apel untuk Atasi Kutil Kulit?

cuka apel

Sumber foto: Google


Cara utama yang disarankan untuk mengobati kutil di kulit dengan cuka apel cukup sederhana. Kamu hanya perlu bola kapas, cuka apel, air, dan perban. Selanjutkan lakukan langkah berikut ini;


  • Campurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 2:1
  • Rendam bola kapas dalam larutan cuka apel.
  • Oleskan bola kapas langsung pada area kutil, bisa dengan bantuan pinset.
  • Tutup area kutil dengan perban dengan kapas yang telah dicelupkan pada larutan cuka apel. Biarkan semalaman atau lebih lama jika perlu.
  • Lepaskan perban dan buang, ulangi pengobatan ini sampai kutil sepenuhnya terlepas dari kulit.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan cara merendam kaki atau tangan yang terkena kutil. Berikut langkah-langkahnya:


  • Campurkan cuka apel dengan air di dalam baskom atau ember.
  • Rendam area tubuh yang terkena kutil selama kurang lebih 15 menit setiap harinya.
  • Bilas kulit dengan air setelah selesai direndam.

Sekarang, sudah tahu kan kalau cuka apel bisa menjadi alternatif untuk obati kutil kulit. Tak ada salahnya untuk mencoba, namun jika cara pengobatan di atas sudah kamu lakukan tapi tidak membuahkan hasil yang kamu inginkan, kamu bisa konsultasi langsung pada dokter. 


Selain bisa digunakan untuk mengobati kutil kulit, cuka apel juga memiliki banyak khasiat, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program diet atau pola hidup sehat. Kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai campuran menu makan sehat harian. Di samping itu, cuka apel juga mudah didapatkan salah satunya di Healthy Choice. Klik di sini untuk beli cuka apel dan berbagai produk makanan sehat lainnya secara lengkap.

 

Baca juga: Apakah Aman Menambahkan Cuka Apel untuk MPASI Bayi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Selain Pola Hidup Sehat, Ini Cara Mengobati Asam Urat dengan Cuka Apel


Older Post Newer Post

Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published