Beragam Pengganti Gula untuk Hidup Sehat Pasien Diabetes, Benarkah Lebih Sehat

Beragam Pengganti Gula untuk Hidup Sehat Pasien Diabetes, Benarkah Lebih Sehat

Apakah pasien diabetes melitus hanya boleh makan menu makan sehat dan menghindari makanan manis? Gula seringkali dianggap sebagai penyebab diabetes.

Banyak pasien yang kemudian memilih pemanis buatan atau gula aren untuk konsumsi harian. Namun, mana yang lebih sehat dan aman untuk menggantikan gula kristal putih?

Konsumsi Gula Harian untuk Pasien Diabetes

Sebenarnya, semua orang perlu membatasi asupan gula harian. Gula yang dimaksud yaitu semua jenis pemanis berupa karbohidrat sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Gula pasir sendiri termasuk sukrosa.

Menurut Diabetes UK, asupan gula per hari untuk pengidap diabetes yang dianjurkan adalah kurang dari 7 sendok makan atau sekitar 30 gram.

Asupan gula ini bukan hanya dalam pemanis, tetapi juga seluruh makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Sebagai perbandingan, dalam satu bungkus biskuit cokelat mengandung sekitar satu sendok gula.

Ini bisa kamu terapkan baik untuk pasien diabetes atau orang yang sehat.

Pemanis Buatan Pengganti Gula untuk Diabetes

hidup sehat

Sumber foto: Google

Pemanis buatan telah melewati serangkaian proses dengan manipulasi kimia sehingga kadar kalorinya sangat rendah, atau bahkan nol kalori.

Hal inilah yang membuat banyak orang percaya bahwa pemanis buatan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Namun, berbeda jenis produk pemanis buatan, beda pula efeknya bagi metabolisme. Nah, berikut ini beberapa pemanis buatan yang banyak beredar di pasaran untuk menggantikan gula bagi pengidap diabetes.

  • Sukralosa
  • Pemanis buatan satu ini rasanya hingga 600 kali lebih manis dibandingkan gula biasa. Namun, kandungan sukralosa sebagai pemanis biasanya kadar kemanisannya sudah disesuaikan.

    Jika kemanisannya sama dengan gula alami, tentu kandungan pemanis buatan satu ini jauh lebih sedikit, sehingga kalorinya pun lebih rendah.

  • Sakarin
  • Sudah dipasarkan sejak satu abad lalu, sakarin menjadi pelopor pemanis buatan. Rasanya sendiri 300-500 kali lebih manis dibanding gula alami.

    Banyak riset terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi sakarin dapat menyebabkan efek samping, yakni kelebihan berat badan.

    Namun Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia masih memperbolehkan penggunanya asalkan dalam batas yang wajar.

  • Stevia
  • Stevia merupakan alternatif baru sebagai pengganti gula untuk diabetes. Pemanis buatan satu ini terbuat dari ekstrak bahan alami, yaitu tanaman stevia yang dapat tumbuh di negara-negara tropis dan subtropis.

    Tidak kalah dari gula aren, bahan satu ini juga populer digunakan sehingga tidak heran kalau kamu bisa sangat mudah menemukan pemanis dari stevia.

    Diklaim bebas kalori, pemanis stevia disebut dapat membantu mengontrol berat badan. Jadi tidak heran kalau sekarang banyak camilan sehat yang memilihnya sebagai bahan pemanis.

  • Aspartam
  • Kandungan kalori dalam aspartam sangat rendah dan rasanya 200 kali lebih manis dibandingkan gula biasa. Namun, BPOM merekomendasikan agar pengidap diabetes tidak mengonsumsi secara berlebihan.

    Sebaiknya, batasi konsumsi pemanis buatan, yakni 50 miligram per kilogram berat badan. Artinya, kamu berat badan kamu 50 kilogram, jumlah yang boleh dikonsumsi per hari yaitu tidak lebih dari 2.500 miligram atau 2,5 gram aspartam.

  • Asesulfam kalium
  • Asesulfam kalium atau asesulfam-k adalah salah satu jenis pemanis buatan untuk diabetes yang sering ditemui dalam produk makanan maupun minuman kemasan.

    Menurut BPOM, asesulfam-k sebaiknya tidak dikonsumsi lebih dari 15 miligram per kilogram berat badan. Jadi, kalau berat badan kamu 50 kilogram, jumlah yang boleh dikonsumsi yaitu sekitar 750 miligram per hari.

    Itulah daftar pemanis buatan pengganti gula untuk diabetes. Selain menjaga asupan gula, pasien diabetes juga wajib menjalani pola hidup sehat. Bukan hanya mengonsumsi menu makan sehat, olahraga secara rutin juga penting dilakukan.

    Ingin mengganti asupan gula di rumah dengan yang lebih sehat? Di Healthy Choice tersedia beberapa jenis pemanis yang lebih sehat dan aman untuk hidup sehat, salah satunya gula aren. Yuk langsung beli di sini.

     

    Baca juga: Ada Takarannya, Ini Jenis Beras yang Bantu Cegah Gula Darah untuk Hidup Sehat

    Baca juga: 10 Pola Hidup Sehat Cegah Gula Berlebihan dengan Metode Sugar Detox


    Older Post Newer Post

    Leave a comment

    Please note, comments must be approved before they are published